Saturday, March 5, 2022

Manajemen Dalam Kehidupan Sehari-hari

 Oleh: Rafi Akmal Suryatama (@B39-Rafi)



Abstrak

Manajemen merupakan hal yang tidak bisa kita hindari dalam dunia kerja, maupun kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan modern yang serba cepat ini, kita haruslah bisa me-manage banyak hal agar semuanya berjalan sesuai harapan, tentu saja manajemen tidak jauh dari perencanaan dan strategi untuk mencapai tujuan. Dengan itu manajemen dalam kehidupan sehari-hari berarti kita harus mengarahkan dan mengatur diri kita sendiri untuk me-manage segala halnya agar lebih efektif dan efisien juga produktif.

Kata Kunci: Manajemen, Kehidupan Seharai-hari, Tujuan.

Pendahuluan

Tak hanya dalam organisasi, ilmu manajemen juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan modern yang serba cepat ini, kita haruslah bisa me-manage banyak hal agar semuanya berjalan sesuai harapan, tentu saja manajemen tidak jauh dari perencanaan dan strategi untuk mencapai tujuan. Secara definisi manajemen adalah sebuah seni mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan utama sebuah organisasi atau bisnis melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan, dan pengawasan sumber daya dengan cara yang efektif dan efisien.

Dengan itu manajemen dalam kehidupan sehari-hari berarti kita harus mengarahkan dan mengatur diri kita sendiri untuk me-manage segala halnya agar lebih efektif dan efisien juga produktif.

Rumusan Masalah:

1.       Apa itu Manajemen?

2.       Apas saja yang perlu di Manage dalam kehidupan Sehari-hari?

3.       Apa Fungsi Manajemen?

Pembahasan

Manajemen

Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien

kegiatan manajemen atau proses manajemen sering juga disebut sebagai fungsi manajemen yang meliputi kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan yang menggunakan sumber daya tertentu untuk mencapai tujuan organisasi tertentu dengan efisien dan efektif. Siapa yang melakukan kegiatan tersebut? Manajer yang melakukan kegiatan tersebut. Dengan demikian, manajer bisa didefinisikan sebagai orang yang melakukan kegiatan manajemen atau kegiatan proses manajemen. Kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian disebut sebagai proses manajemen yang akan dibicarakan pada bagian berikutnya.

 

 

 

 

Fungsi Manajemen

1.       Planning

Planning merupakan aktifitas menyusun rencana untuk mencapai suatu tujuan, planning dapat berupa rencana utama dan rencana alternatif. Contoh planning dalam keluarga seperti menentukan kemana dan kapan keluarga akan berlibur dan menentukan tempat liburan alternatif lain atau dalam keuangan seperti menentukan apa yang akan dibeli bulan ini dan apa yang akan dibeli bulan depan dengan menyesuaikan prioritas kita.

2.       Organizing

Organizing berarti mengatur sumber daya manusia dan sumber daya fisik lainnya, organizing dalam kehidupan sehari-hari dapat berupa bagi tugas didalam lingkungan keluarga yang menciptakan peran dan fungsi masing-masing dari setiap anggota keluarga. Organizing akan selalu ada dilingkungan kita berada, baik lingkungan pendidikan, pekerjaan, masyarakat, dsb.

3.       Directing

Fungsi pengarahan seperti namanya berguna untuk mengarahkan orang lain dalam suatu lingkungan organisasi, pengarahan ini dapat berupa pembimbingan, pemberian motivasi, pemberian tugas, dan menjelaskan kebijakan yang sudah ditetapkan demi untuk mencapai tujuan. Directing dalam kehidupan sehari-hari kita dapat berupa memberikan dorongan bagi orang-orang disekitar kita dalam melakukan suatu hal untuk mencapai tujuan bersama.

4.       Controlling

Controlling dapat berupa kegiatan menilai pekerjaan yang dilakukan orang lain seperti bawahan atau rekanan yang menentukan apakah kinerjanya sudah baik dan sesuai dengan kebijakan yang telah dibuat. Fungsi ini dalam kehidupan sehari-hari mahasiswa contohnya yaitu, menilai dan mengevaluasi apakah tugas yang dikerjakan teman sekelompok kita sudah sesuai dengan soal yang dikerjakan demi untuk mendapatkan nilai yang bagus

 

Manajemen yang Bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari

 

1.       Manajemen waktu

Seringkali kita terlena oleh hal-hal yang tidak produktif, bukan berarti kita tidak boleh bersantai, akan tetapi pekerjaan ataupun kewajiban kita haruslah menjadi prioritas utama. Contoh yang dapat diterapkan yaitu tidak menghabiskan banyak waktu untuk tidur, kurangi bersantai, kurangi waktu hiburan, dan perbanyak self-improvement.

2.       Manajemen Uang

Uang yang didapat baik dari gaji ataupun pemberian tentu saja akan jadi penyesalan jika langsung habis secara sia-sia, untuk itulah kita harus bisa me-manage keuangan kita sendiri, dengan itu kita bisa menentukan mana barang yang kita inginkan dan mana barang yang kita butuhkan. Tak hanya dari sisi pembelian, dari sisi menabung dan investasi juga harus disisihkan untuk kebutuhan jangka panjang, itu semua dapat dibagi persenan dari pendapatan untuk setiap pengeluaran dan saving yang kita lakukan.

3.       Manajemen Pikiran dan Perasaan

Pikiran negatif dan overthinking, perasaan negatif yang terlalu banyak menyelimuti hati. Itu akan berpengaruh terhadap produktifitas kita, Bagaimana kita dapat fokus melakukan suatu hal jika dipenuhi oleh pikiran tentang masalah-masalah lainnya? , Bagaimana kita dapat mood untuk mengerjakan suatu hal jika kita merasa lelah secara emosional?.

Itulah pentingnya manajemen pikiran dan perasaan, dengan pikiran dan perasaan yang di-manage dengan baik, kita pasti akan lebih semangat dan bergairah dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

4.       Manajemen Keluarga

Dalam berumah tangga, suami dan istri haruslah kompak dalam me-manage segala urusan keluarganya. Seperti manajemen SDM didalam kantor, pria dalam rumah tangga juga harus bisa me-manage SDM didalam rumah, yang berarti bisa me-manage istri dan anaknya agar bisa membangun keluarga yang bahagia dan harmonis. Contoh yang dapat dilakukan yaitu membatasi hiburan anak tetapi tidak melarangnya, mewajibkan kumpul keluarga saat makan malam, mengatur istri dan anak agar mau beribadah, sesekali mengadakan waktu kumpul keluarga dan lain sebagainya.

 

KESIMPULAN

Berdasarkan poin-poin yang telah dibahas tadi, penulis dapat menyimpulkan bahwa ternyata cukup banyak ilmu manajemen yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin kita juga baru menyadari bahwa selama ini poin-poin yang sudah dibahas diatas sudah kita lakukan dan hanya butuh penyempurnaan dalam praktiknya. Manajemen sederhananya dalam praktik sehari-hari perlu dibarengi niat kesungguhan dari pelakunya. Sehingga kegiatan apapun yang kita rencanakan dapat tercapai sesuai rencana dan dapat mencapai hasil yang maksimal. Maka dari itu jangan ragu untuk mulai menerapkan kegiatan manajemen sedari dini dalam kehidupan sehari-hari. Karena tidak ada ruginya praktik manajemen yang benar dalam kehidupan sehari-hari jika kita bisa mendisiplinkan diri kita sedari dini. Juga terutama untuk yang ingin menjadi manajer nantinya, haruslah dimulai dari hal-hal kecil seperti ini.

DAFTAR PUSTAKA

Fauzan, Farhan. 2021. "Peran Ilmu Manajemen Dalam Kehidupan Sehari-hari", https://farhanfauzan21.medium.com/peran-ilmu-manajemen-dalam-kehidupan-sehari-hari-bf62c122e13e, diakses pada 5 Maret 2022 pukul 22.56

Hanafi, Mamduh. "Konsep Dasar dan Perkembangan Teori Manajemen"


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.