Oleh: Rafi Akmal Suryatama (@B39-Rafi)
Abstrak
Manajemen merupakan hal yang tidak bisa kita hindari dalam
dunia kerja, maupun kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan modern yang serba
cepat ini, kita haruslah bisa me-manage banyak hal agar semuanya berjalan
sesuai harapan, tentu saja manajemen tidak jauh dari perencanaan dan strategi
untuk mencapai tujuan. Dengan itu manajemen dalam kehidupan sehari-hari berarti
kita harus mengarahkan dan mengatur diri kita sendiri untuk me-manage segala
halnya agar lebih efektif dan efisien juga produktif.
Kata Kunci: Manajemen, Kehidupan Seharai-hari, Tujuan.
Pendahuluan
Tak hanya dalam organisasi, ilmu manajemen juga dapat diterapkan
dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan modern yang serba cepat ini, kita
haruslah bisa me-manage banyak hal agar semuanya berjalan sesuai harapan, tentu
saja manajemen tidak jauh dari perencanaan dan strategi untuk mencapai tujuan. Secara
definisi manajemen adalah sebuah seni mengarahkan orang lain untuk mencapai
tujuan utama sebuah organisasi atau bisnis melalui proses perencanaan,
pengorganisasian, pengelolaan, dan pengawasan sumber daya dengan cara yang
efektif dan efisien.
Dengan itu manajemen dalam kehidupan sehari-hari berarti
kita harus mengarahkan dan mengatur diri kita sendiri untuk me-manage segala
halnya agar lebih efektif dan efisien juga produktif.
Rumusan Masalah:
1.
Apa itu Manajemen?
2.
Apas saja yang perlu di Manage dalam kehidupan Sehari-hari?
3.
Apa Fungsi Manajemen?
Pembahasan
Manajemen
Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasi,
mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi secara
efektif dan efisien
kegiatan manajemen atau proses manajemen sering juga disebut
sebagai fungsi manajemen yang meliputi kegiatan merencanakan,
mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan yang menggunakan
sumber daya tertentu untuk mencapai tujuan organisasi tertentu dengan efisien
dan efektif. Siapa yang melakukan kegiatan tersebut? Manajer yang melakukan
kegiatan tersebut. Dengan demikian, manajer bisa didefinisikan sebagai orang
yang melakukan kegiatan manajemen atau kegiatan proses manajemen. Kegiatan
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian disebut sebagai
proses manajemen yang akan dibicarakan pada bagian berikutnya.
Fungsi Manajemen
1.
Planning
Planning merupakan aktifitas menyusun rencana untuk mencapai suatu
tujuan, planning dapat berupa rencana utama dan rencana alternatif. Contoh
planning dalam keluarga seperti menentukan kemana dan kapan keluarga akan
berlibur dan menentukan tempat liburan alternatif lain atau dalam keuangan
seperti menentukan apa yang akan dibeli bulan ini dan apa yang akan dibeli
bulan depan dengan menyesuaikan prioritas kita.
2.
Organizing
Organizing berarti mengatur sumber daya manusia dan sumber daya fisik
lainnya, organizing dalam kehidupan sehari-hari dapat berupa bagi tugas didalam
lingkungan keluarga yang menciptakan peran dan fungsi masing-masing dari setiap
anggota keluarga. Organizing akan selalu ada dilingkungan kita berada, baik
lingkungan pendidikan, pekerjaan, masyarakat, dsb.
3.
Directing
Fungsi pengarahan seperti namanya berguna untuk mengarahkan orang lain
dalam suatu lingkungan organisasi, pengarahan ini dapat berupa pembimbingan,
pemberian motivasi, pemberian tugas, dan menjelaskan kebijakan yang sudah
ditetapkan demi untuk mencapai tujuan. Directing dalam kehidupan sehari-hari
kita dapat berupa memberikan dorongan bagi orang-orang disekitar kita dalam
melakukan suatu hal untuk mencapai tujuan bersama.
4.
Controlling
Controlling dapat berupa kegiatan menilai pekerjaan yang dilakukan orang
lain seperti bawahan atau rekanan yang menentukan apakah kinerjanya sudah baik
dan sesuai dengan kebijakan yang telah dibuat. Fungsi ini dalam kehidupan
sehari-hari mahasiswa contohnya yaitu, menilai dan mengevaluasi apakah tugas
yang dikerjakan teman sekelompok kita sudah sesuai dengan soal yang dikerjakan
demi untuk mendapatkan nilai yang bagus
Manajemen yang Bisa kita terapkan dalam
kehidupan sehari-hari
1.
Manajemen waktu
Seringkali kita terlena oleh hal-hal yang tidak produktif, bukan berarti
kita tidak boleh bersantai, akan tetapi pekerjaan ataupun kewajiban kita
haruslah menjadi prioritas utama. Contoh yang dapat diterapkan yaitu tidak
menghabiskan banyak waktu untuk tidur, kurangi bersantai, kurangi waktu
hiburan, dan perbanyak self-improvement.
2.
Manajemen Uang
Uang yang didapat baik dari gaji ataupun pemberian tentu saja akan jadi
penyesalan jika langsung habis secara sia-sia, untuk itulah kita harus bisa
me-manage keuangan kita sendiri, dengan itu kita bisa menentukan mana barang
yang kita inginkan dan mana barang yang kita butuhkan. Tak hanya dari sisi
pembelian, dari sisi menabung dan investasi juga harus disisihkan untuk
kebutuhan jangka panjang, itu semua dapat dibagi persenan dari pendapatan untuk
setiap pengeluaran dan saving yang kita lakukan.
3.
Manajemen Pikiran dan Perasaan
Pikiran negatif dan overthinking,
perasaan negatif yang terlalu banyak menyelimuti hati. Itu akan berpengaruh
terhadap produktifitas kita, Bagaimana kita dapat fokus melakukan suatu hal
jika dipenuhi oleh pikiran tentang masalah-masalah lainnya? , Bagaimana kita
dapat mood untuk mengerjakan suatu hal jika kita merasa lelah secara
emosional?.
Itulah pentingnya manajemen pikiran dan perasaan, dengan pikiran dan
perasaan yang di-manage dengan baik, kita pasti akan lebih semangat dan
bergairah dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
4.
Manajemen Keluarga
Dalam berumah tangga, suami dan istri haruslah kompak dalam me-manage
segala urusan keluarganya. Seperti manajemen SDM didalam kantor, pria dalam
rumah tangga juga harus bisa me-manage SDM didalam rumah, yang berarti bisa
me-manage istri dan anaknya agar bisa membangun keluarga yang bahagia dan
harmonis. Contoh yang dapat dilakukan yaitu membatasi hiburan anak tetapi tidak
melarangnya, mewajibkan kumpul keluarga saat makan malam, mengatur istri dan
anak agar mau beribadah, sesekali mengadakan waktu kumpul keluarga dan lain
sebagainya.
KESIMPULAN
Berdasarkan
poin-poin yang telah dibahas tadi, penulis dapat menyimpulkan bahwa ternyata
cukup banyak ilmu manajemen yang dapat kita terapkan dalam kehidupan
sehari-hari. Mungkin kita juga baru menyadari bahwa selama ini poin-poin yang
sudah dibahas diatas sudah kita lakukan dan hanya butuh penyempurnaan dalam
praktiknya. Manajemen sederhananya dalam praktik sehari-hari perlu dibarengi
niat kesungguhan dari pelakunya. Sehingga kegiatan apapun yang kita rencanakan
dapat tercapai sesuai rencana dan dapat mencapai hasil yang maksimal. Maka dari
itu jangan ragu untuk mulai menerapkan kegiatan manajemen sedari dini dalam kehidupan
sehari-hari. Karena tidak ada ruginya praktik manajemen yang benar dalam
kehidupan sehari-hari jika kita bisa mendisiplinkan diri kita sedari dini. Juga
terutama untuk yang ingin menjadi manajer nantinya, haruslah dimulai dari
hal-hal kecil seperti ini.
DAFTAR PUSTAKA
Fauzan, Farhan. 2021. "Peran Ilmu Manajemen Dalam Kehidupan Sehari-hari", https://farhanfauzan21.medium.com/peran-ilmu-manajemen-dalam-kehidupan-sehari-hari-bf62c122e13e, diakses pada 5 Maret 2022 pukul 22.56
Hanafi, Mamduh. "Konsep Dasar dan Perkembangan Teori Manajemen"
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.