Saturday, March 5, 2022

Memahami Dasar-Dasar Manajemen Dalam Sebuah Organisasi


Oleh : Shazfa Zakirah Yasmeenah (@B25-Shazfa)

 

Abstrak :

Manajemen merupakan suatu proses merancang dan menjaga lingkungan kerja dimana setiap  individu bekerja sama dalam satu kelompok untuk mencapai suatu tujuan secara efektif dan efisien. manajemen dipakai untuk pimpinan dan kepemimpinan, yaitu orang-orang yang melakukan kegiatan memimpin yang disebut juga sebagai “manajer”. Fungsi manajemen meliputi Planinng, Organizing, Staffing, Leading, Controlling. 4 keahlian untuk bisa menjalankan fungsi manajement yaitu Technical Skill, Huham Skill, Conceptual Skill, Sign Skill  Tujuan dari manajer sendiri yaitu untuk meningkatkan productivity, effectiveness dan efficiency.

Kata Kunci : Manajemen, Fungsi Manajemen, Hirarki Organisasi

 

Pendahuluan

Manajemen merupakan suatu proses merancang dan menjaga lingkungan kerja dimana setiap  individu bekerja sama dalam satu kelompok untuk mencapai suatu tujuan secara efektif dan efisien. Manajemen dalam sebuah organisasi sangat dipengaruhi oleh kinerja, dimana kinerja manajemen manjadi elemen utama dalam menetukan keberhasilan organisasi. Untuk mencapai tujuan.

Manajemen sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu “management” dengan kata kerja to manage yang secara umum berarti mengurusi. Dalam arti khusus manajemen dipakai untuk pimpinan dan kepemimpinan, yaitu orang-orang yang melakukan kegiatan memimpin yang disebut juga sebagai “manajer”.

Selain itu dalam manajemen juga memperhatikan prinsip-prinsip pembagian kerja dalam suatu organisasi. Dengan pembagian kerja juga akan memudahkan dalam meningkatkan keterampilan masing-masing tenaga kerja yang terpsesialisasi. Menurut Pophal (2008:8) pembagian kerja adalah rekaman tertulis mengenai tanggung jawab dari pekerjaan tertentu. Menunjukan kualifikasi yang dibutuhkan untuk jabaran tersebut menguraikan bagaimana pekerjaan tersebut berhubungan dengan bagian lain dalam perusahaan.


Rumusan Masalah

1.      Apa saja fungsi manajemen?

2.      Bagaimana skill manajerial dan hirarki organisasi?

3.      Apa tujuan dari manajemen?

 

Pembahasan

A.    Fungsi Manajemen

Menurut Weihrich & Koonz (1994) ada 5 fungsi dalam manajemen:

a.       Planning meliputi menentukan misi dan tujuan serta strategi tindakan untuk mencapainya. Hal ini memerlukan tindakan pengambilan keputusan tentang rencana-rencana masa depan organisasi dari berbagai alternative.

b.      Organizing meliputi struktur organisasi, otoritas, budaya organisasi

c.       Staffing meliputi manajemen sumberdaya manusia, strategi karir, penilaian kinerja, dan menajemen perubahan

d.      Leading meliputi motivasi, kepemimpinan, komunikasi

e.       Controlling meliputi kegiatan pengukuran dan tindakan perbaikan untuk memastikan semua aktifitas sesuai dengan rencana organisasi. Kegiatan Controlling secara umum adalah pengukuran sebuah pencapaian organisasi seperti : budget expense, laporan inspeksi produk, labor lost, dll.

 

B.     Skill Manajerial dan Hirarki Organisasi

Untuk dapat menjalankan fungsi manajemen secara umum maka diperlukan keahlian-keahlian secara spesifik untuk menunjang keefektifan seorang manager dalam menjalankan fungsinya. Robert L. Katz (1955) mengemukakan bahwa setidaknya ada 4 keahlian untuk bisa menjalankan fungsi manajement, yaitu :

1.        Technical Skill

Adalah keahlian untuk pengetahuan dan penguasaan proses, prosedur, dan metode untuk menjalankan setiap aktifitas organisasi.

2.        Human Skill

Adalah kemampuan untuk bisa bekerja dengan orang lain dan membentuk kerjasama antar individu dalam organisasi yang menjadikan semua anggota organisasi merasa nyaman dan terbuka dalam menyampaikan pendapatnya.

3.        Conceptual Skill

Adalah kemampuan untuk bisa melihat “big picture” untuk mengenali dan mengidentifikasi faktor faktor penting dalam setiap elemen organisasi dalam setiap kondisi serta dapat melihat hubungan antar faktor-faktor elemen tersebut.

4.        Design Skill

Adalah kemampuan untuk bisa menyelesaikan setiap masalah yang berdampak menghasilkan  keuntungan pada suatu organisasi atau perusahaan. Tuntutannya sebagai seorang manager harus mampu memberikan solusi dari setiap permasalahan yang timbul dalam organisasi dan tidak hanya sebagai “Problem watcher”. Supaya tidak gagal, setiap Manager harus mempunyai keahlian untuk memberikan praktikal solution.

C.    Tujuan Manajemen

Salah satu cara lain untuk melihat tujuan dari manajer adalah untuk meningkatkan productivity, effectiveness dan efficiency.

·         Productivity adalah ratio antara output-input dalam satu satuan waktu dengan mempertimbangkan segi kualitas hasil outputnya. Dengan kata lain untuk meningkatkan productivity bisa dengan:

1.      Meningkatkan output dengan input yang sama,

2.      Mengurangi input dengan level output yang sama

3.      Mengurangi input dan meningkatkan output.

·         Effectiveness adalah Pencapaian sebuah organisai/perusahaan sesuai dengan tujuan yang sudah di tetapkan sebelumnya. Artinya bahwa bila contoh sebuah perusahaan mobil di dirikan untuk membuat dan menjual mobil , maka jikalau mobil yang terbuat dan terjual sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan maka bisa dikatakan bahwa perusahaan itu efektif

·         Efficiency adalah Pencapaian tujuan organisasi dengan menggunakan minimum sumberdaya yang ada. Sebagai contoh perusahaan mobil  sudah menetapkan untuk memproduksi mobil sesuai pesanan pelanggan membutuhkan tenaga kerja sebanyak 100 orang per hari, tetapi aktualnya untuk memproduksi mobil tersebut hanya membutuhkan orang 90 orang per hari maka perusahaan mobil tersebut dikatakan efisien.

 

Kesimpulan

Manajemen merupakan bagian terpenting dari keseluruhan kegiatan organisasi. Fungsi manajemen meliputi Planning, Organizing, Staffing, Leading, Controlling. Tujuan dari manajer sendiri yaitu untuk meningkatkan productivity, effectiveness dan efficiency.

 

Daftar Pustaka

1.      Weihrich, H., Koontz, H. (2011). Management: A Global and Entrepreneurial  Perspective. 13th edition. McGraw Hill

2.      Katz,R.L. (1955). Skills of an effective administrator. Harvard Business Review. pp 33-42.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.