Oleh : Shazfa Zakirah Yasmeenah
(@B25-Shazfa)
Abstrak :
Manajemen merupakan suatu proses merancang dan menjaga lingkungan kerja dimana setiap individu bekerja sama dalam satu kelompok untuk mencapai suatu tujuan secara efektif dan efisien. manajemen dipakai untuk pimpinan dan kepemimpinan, yaitu orang-orang yang melakukan kegiatan memimpin yang disebut juga sebagai “manajer”. Fungsi manajemen meliputi Planinng, Organizing, Staffing, Leading, Controlling. 4 keahlian untuk bisa menjalankan fungsi manajement yaitu Technical Skill, Huham Skill, Conceptual Skill, Sign Skill Tujuan dari manajer sendiri yaitu untuk meningkatkan productivity, effectiveness dan efficiency.
Kata Kunci : Manajemen, Fungsi
Manajemen, Hirarki Organisasi
Pendahuluan
Manajemen merupakan
suatu proses merancang dan menjaga lingkungan kerja dimana setiap individu bekerja sama dalam satu kelompok untuk
mencapai suatu tujuan secara efektif dan efisien. Manajemen dalam sebuah
organisasi sangat dipengaruhi oleh kinerja, dimana kinerja manajemen manjadi
elemen utama dalam menetukan keberhasilan organisasi. Untuk mencapai tujuan.
Manajemen sendiri berasal
dari bahasa Inggris yaitu “management” dengan kata kerja to manage yang secara
umum berarti mengurusi. Dalam arti khusus manajemen dipakai untuk pimpinan dan
kepemimpinan, yaitu orang-orang yang melakukan kegiatan memimpin yang disebut
juga sebagai “manajer”.
Selain itu dalam manajemen juga memperhatikan
prinsip-prinsip pembagian kerja dalam suatu organisasi. Dengan pembagian kerja
juga akan memudahkan dalam meningkatkan keterampilan
masing-masing tenaga
kerja yang terpsesialisasi. Menurut Pophal (2008:8) pembagian kerja
adalah rekaman tertulis
mengenai tanggung jawab dari pekerjaan tertentu. Menunjukan
kualifikasi yang
dibutuhkan untuk jabaran tersebut menguraikan bagaimana pekerjaan
tersebut berhubungan
dengan bagian lain dalam perusahaan.
Rumusan
Masalah
1. Apa
saja fungsi manajemen?
2. Bagaimana
skill manajerial dan hirarki organisasi?
3. Apa
tujuan dari manajemen?
Pembahasan
A.
Fungsi
Manajemen
Menurut
Weihrich & Koonz (1994) ada 5 fungsi dalam manajemen:
a.
Planning
meliputi menentukan misi dan tujuan serta strategi tindakan untuk
mencapainya. Hal ini memerlukan tindakan pengambilan keputusan tentang rencana-rencana masa depan
organisasi dari berbagai alternative.
b.
Organizing
meliputi struktur organisasi, otoritas, budaya organisasi
c.
Staffing
meliputi manajemen sumberdaya manusia, strategi karir, penilaian kinerja, dan
menajemen perubahan
d.
Leading
meliputi motivasi, kepemimpinan, komunikasi
e.
Controlling
meliputi kegiatan pengukuran
dan tindakan perbaikan untuk memastikan semua aktifitas sesuai dengan rencana
organisasi. Kegiatan Controlling secara umum adalah pengukuran sebuah pencapaian
organisasi seperti : budget expense, laporan inspeksi produk, labor lost, dll.
B.
Skill
Manajerial dan Hirarki Organisasi
Untuk dapat menjalankan fungsi
manajemen secara umum maka diperlukan keahlian-keahlian secara spesifik untuk
menunjang keefektifan seorang manager dalam menjalankan fungsinya. Robert L.
Katz (1955) mengemukakan bahwa setidaknya ada 4 keahlian untuk bisa menjalankan
fungsi manajement, yaitu :
1.
Technical Skill
Adalah
keahlian untuk pengetahuan dan penguasaan proses, prosedur, dan metode untuk
menjalankan setiap aktifitas organisasi.
2.
Human Skill
Adalah
kemampuan untuk bisa bekerja dengan orang lain dan membentuk kerjasama antar
individu dalam organisasi yang menjadikan semua anggota organisasi merasa
nyaman dan terbuka dalam menyampaikan pendapatnya.
3.
Conceptual Skill
Adalah
kemampuan untuk bisa melihat “big picture” untuk mengenali dan mengidentifikasi
faktor faktor penting dalam setiap elemen organisasi dalam setiap kondisi serta
dapat melihat hubungan antar faktor-faktor elemen tersebut.
4.
Design Skill
Adalah
kemampuan untuk bisa menyelesaikan setiap masalah yang berdampak
menghasilkan keuntungan pada suatu
organisasi atau perusahaan. Tuntutannya sebagai seorang manager harus mampu
memberikan solusi dari setiap permasalahan yang timbul dalam organisasi dan
tidak hanya sebagai “Problem watcher”. Supaya tidak gagal, setiap Manager harus
mempunyai keahlian untuk memberikan praktikal solution.
C.
Tujuan
Manajemen
Salah satu cara lain untuk melihat
tujuan dari manajer adalah untuk meningkatkan productivity, effectiveness dan
efficiency.
·
Productivity
adalah ratio antara output-input dalam satu satuan waktu dengan
mempertimbangkan segi kualitas hasil outputnya. Dengan kata lain untuk
meningkatkan productivity bisa dengan:
1. Meningkatkan
output dengan input yang sama,
2. Mengurangi
input dengan level output yang sama
3. Mengurangi
input dan meningkatkan output.
·
Effectiveness
adalah
Pencapaian sebuah organisai/perusahaan sesuai dengan tujuan yang sudah di
tetapkan sebelumnya. Artinya bahwa bila contoh sebuah perusahaan mobil di
dirikan untuk membuat dan menjual mobil , maka jikalau mobil yang terbuat dan
terjual sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan maka bisa dikatakan bahwa
perusahaan itu efektif
·
Efficiency
adalah
Pencapaian tujuan organisasi dengan menggunakan minimum sumberdaya yang ada.
Sebagai contoh perusahaan mobil sudah
menetapkan untuk memproduksi mobil sesuai pesanan pelanggan membutuhkan tenaga
kerja sebanyak 100 orang per hari, tetapi aktualnya untuk memproduksi mobil tersebut
hanya membutuhkan orang 90 orang per hari maka perusahaan mobil tersebut
dikatakan efisien.
Kesimpulan
Manajemen merupakan bagian terpenting dari keseluruhan kegiatan organisasi. Fungsi
manajemen meliputi Planning, Organizing,
Staffing, Leading, Controlling. Tujuan dari manajer
sendiri yaitu untuk meningkatkan productivity, effectiveness dan efficiency.
Daftar
Pustaka
1. Weihrich, H., Koontz, H. (2011). Management: A Global and Entrepreneurial Perspective. 13th edition. McGraw Hill
2. Katz,R.L. (1955). Skills of an effective administrator. Harvard Business Review. pp 33-42.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.