ABSTRAK
Pengertian manajemen secara dasar adalah suatu seni didalam sebuah proses dan ilmu pengorganisasian contoh di antaranya adalah seperti pergerakan, pengendalian, pengawasan, pengorganisasian, serta perencanaan. Pengertian manajemen didasari sebagai suatu seni karena seni itu sendiri memiliki beberapa fungsi, di antaranya untuk mewujudkan tujuan yang nyata dengan cara memberikan manfaat, sedangkan pengertian manajemen sebagai suatu ilmu dikarenakan ilmu mempunyai fungsi untuk menerangkan serta menjelaskan secara rinci dan mudah dimengerti tentang berbagai macam fenomena atau kejadian sehingga kajian tersebut dapat memberikan penjelasan yang benar-benar kongkrit dan jelas. Perusahaan sebagai salah satu bentuk organisasi pada umumnya memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai dalam usaha untuk memenuhi kepentingan para anggotanya. Keberhasilan dalam mencapai tujuan perusahaan merupakan prestasi manajemen. Penilaian prestasi atau kinerja suatu perusahaan diukur karena dapat dipakai sebagai dasar pengambilan keputusan baik pihak internal maupun eksternal. Hal ini sangat penting agar sumber daya digunakan secara optimal dalam menghadapi perubahan lingkungan dan strategi untuk memperbaiki dan memaksimalkan kinerja perusahaan dengan cara restrukturisasi.
Kata kunci: Sistem Pengendalian Manajemen, pembelajaran organisasi, dan kinerja
PENDAHULUAN
Dalam percakapan sehari-hari betapa sering kita mendengar ungkapan salah urus yang populer dengan istilah mismanagement. Seolah-olah kata ini sudah penjadi penjelas utama setiap kegagalan dalam berbagai bidang. Memang ada benarnya juga, “salah urus” atau mismanagement itu menjadi penyebab berbagai kegagalan, kebangkrutan atau tidak tercapainya tujuan. Meski demikian, hal tersebut menunjukkan, betapa pentingnya manajemen dalam setiap kegiatan manusia. Bagaimana mengelola atau me-manage sesuatu menjadi perkara penting dalam kehidupan sekarang ini. Kemampuan manajerial menjadi kompetensi penting yang mutlak dikuasai semua orang karena dipandang sebagai salah satu kunci keberhasilan dalam kehidupan. Ada banyak hal yang perlu kita kelola dengan baik seperti sumber daya, waktu, uang, belajar dan seterusnya. Dengan kemampuan manajerial tersebut orang menjadi lebih tertib dan fokus pada tujuan dalam kehidupannya.
Saat ini lingkungan bisnis berkembang secara cepat. Persaingan yang terjadi diantara para pelaku bisnis juga semakin ketat. Menurut Hansen & Mowen (2007) Persaingan bisnis yang semakin meningkat tersebut menuntut perusahaan untuk memanfaatkan kemampuan yang ada semaksimal mungkin agar dapat unggul dari pesaingnya. Oleh karena itu, perusahaan memerlukan manajemen yang baik untuk melihat dan menggunakan peluang, mengidentifikasi masalah, dan menyeleksi, serta mengimplementasikan proses adaptasi dengan tepat. Keempat fungsi manajerial itu antara lain: perencanaan, pengorganisasian dan pengarahan, pengendalian, dan pengambilan keputusan. Kemudian fungsi manajerial pengendalian yang diperlukan ketika perusahaan sedang tumbuh adalah penggolongan perusahaan ke dalam wilayah-wilayah tanggung jawab, yang dikenal sebagai pusat pertanggungjawaban. Pusat pertanggungjawaban (responsibility center) merupakan suatu segmen bisnis yang manajernya bertanggungjawab terhadap pengaturan kegiatan-kegiatan tertentu. Manajemen puncak akan menugaskan manajer di bawahnya untuk menangani setiap wilayah tanggung jawab tersebut.
RUMUSAN MASALAH
1. Apa pengertian proses manajemen?
2. Apa Fungsi proses manajemen dalam organisasi perusahaan?
3. Apakah di dalam proses manajemen organisasi perusahaan diperlukan perencanaan?
PEMBAHASAN
Pengertian Proses Manajemen
Proses manajemen adalah daur beberapa gugusan kegiatan dasar yang berhubungan secara integral, yang dilaksanakan di dalam manajemen secara umum, yaitu proses perencanaan, proses pengorganisasian, proses pelaksanaan dan proses pengendalian, dalam rangka mencapai sesuatu tujuan secara ekonomis.
Menurut Henry Fayol Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengoordinasian, dan pengawasan atau kontrol terhadap sumber daya yang ada agar mencapai tujuan secara efektif dan efisien yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.
Fungsi Manajemen Sebagai Proses Organisasi
Proses adalah cara sistematik yang sudah ditetapkan dalam melakukan kegiatan:
1. Planning (merencanakan) adalah proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai tujuan. Rencana juga merupakan pedoman untuk:
• Organisasi memperoleh & menggunakan sumber daya yg diperlukan untuk mencapai tujuan.
• Anggota organisasi melaksanakan aktivitasnya konsisten dengan tujuan dan prosedur yang sudah ditetapkan
• Memonitor dan mengukur kemajuan untuk mencapai tujuan, sehingga untuk mencapai tujuan, sehingga tindakan korektif dapat diambil bila kemajuan tidak dihasilkan
2. Organizing (mengorganisasi) adalah proses memperkerjakan dua orang/lebih untuk bekerjasama dgn cara terstruktur guna mencapai sasaran spesifik atau beberapa sasaran
3. Leading (memimpin) adalah proses mengarahkan dan mempengaruhi aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan dari anggota kelompok atau seluruh organisasi
4. Controlling (pengendalian) adalah proses untuk memastikan bahwa aktivitas sebenarnya sesuai dgn aktivitas yang direncanakan. Fungsi pengendalian melibatkan beberapa elemen :
• Menetapkan standar prestasi kerja
• Mengukur prestasi saat ini
• Membandingkan prestasi ini dengan standar yang telah ditetapkan
• Mengambil tindakan korektif bila ada deviasi yang dideteksi
Proses Manajemen Organisasi Perusahaan diperlukan Perencanaan
Arti Perencanaan Keseluruhan proses pemikiran dan penentuan secara matang dari hal-hal yang dikerjakan di masa yang akan datang, dalam rangka pencapaian tujuan.
Perlunya Perencanaan Di Dalam Organisasi:
1. Tanpa rencana manajer tidak dapat mengetahui bagaimana mengorganisasikan orang dan sumber daya secara efektif. Mereka mungkin bahkan tidak mempunyai ide yang jelas mengenai apa yang perlu mereka organisasikan.
2. Tanpa rencana, manajer dan bawahannya hanya mempunyai peluang kecil untuk mencapai sasaran atau mengetahui kapan dan dimana mereka keluar dari jalur.
KESIMPULAN
Manajemen organisasi adalah suatu
proses perencanaan dan pengorganisasian serta pengendalian terhadap sumber daya
sebuah organisasi dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan
efisien. Tujuan setiap
organisasi tentunya bisa berbeda dan bermacam-macam, tergantung dari organisasi
itu sendiri. Dengan adanya manajemen organisasi dalam perusahaan, diharapkan
dapat membentuk kinerja karyawan yang lebih efektif terutama dalam hal
koordinasi antar departemen atau divisi. Sebagai catatan, manajemen organisasi
yang akan dimaksud di sini berkaitan
dengan pengelolaan sumber
daya di dalam
bisnis atau perusahaan.
Sehingga manajemen organisasi
lebih dikaitkan dengan seni
untuk mengelola sumber daya manusia
disuatu perusahaan, dalam hal ini adalah karyawan. Ada tiga alasan utama
diperlukannya manajemen dalam organisasi, yaitu:
1.
Untuk mencapai tujuan, manajemen dibutuhkan
untuk menapai tujuan organisasi,
2.
Untuk
menjaga keseimbangan di
antara tujuan-tujuan, sasaran-sasaran dan
kegiatan yang saling bertentangan
dari pihak-pihak yang berkepentingan dalam organisasi , dan
3.
Untuk mencapai efisiensi dan efektifitas, yaitu
upaya pencapaian tujuan dengan metode yang benar dan hasil yang baik.
DAFTAR PUSTAKA
Ridwan, M., Widiastiwi, Y., Zaidiah, A., Purabaya, R. H., Isnainiyah, I. N., Ardilla, Y., ... & Rahayu, T. (2021). Sistem informasi manajemen.
Modul 1, 2 dan 3 penunjang Perkuliahan Organisasi dan Menejemen Perusahaan. Universitas Mercu Buana. Jakarta.
Tri, Faozan. 2021. Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli, Fungsi, dan Tujuannya.
Riadi, B. (2013). Manajemen organisasi.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.