Friday, March 4, 2022

     MANAJEMEN ORGANISASI DI PERUSAHAAN

 

Mochamad Yudha Eka Putra ( @B11-Yudha )

Teknik Industri

Universitas Mercu Buana Jakarta

 

 

ABSTRAK

 Manajemen perusahaan secara hukum diwajibkan untuk membuat dan memelihara sistem pengendalian yang memadai (Hall, 2007:180). Sistem pengendalian membantu perusahaan atau organisasi untuk mengurangi eksposur-eksposur yang terjadi selama masa operasional perusahaan (Bodnar dan Hopwood, 2000:206). Secara etimologi, manajemen (bahasa Inggris) berasal dari kata to manage, dalam Websters New cooleglate Dictionary, kata manage dijelaskan berasal dari bahasa Itali Managlo dari kata Managlare yang selanjutnya kata ini berasal dari bahasa Latin Manus yang berarti tangan (Hand). Manajemen suatu perusahaan adalah nyawa dari suatu perusahaan. Manajemen yang menentukan pertumbuhan atau kebangkrutan suatu perusahaan. Dengan adanya suatu pengelolaan dan manajemen yang baik maka suatu perusahaan akan mampu bertahan dari segala tekanan, kendala, dan rintangan yang ada. Bahkan akan berkembang menjadi lebih besar dan lebih baik lagi.

 

Keywords : Manajemen, Organisasi

 

 


 

PENDAHULUAN

 

       Manajemen perusahaan secara hukum diwajibkan untuk membuat dan memelihara sistem pengendalian yang memadai (Hall, 2007:180). Sistem pengendalian membantu perusahaan atau organisasi untuk mengurangi eksposur-eksposur yang terjadi selama masa operasional perusahaan (Bodnar dan Hopwood, 2000:206). Pernyataan dari Komisi Sekuritas dan perdagangan mengenai pentingnya sistem pengendalian internal yaitu tentang pembuatan dan pemeliharaan sistem pengendalian internal adalah kewajiban yang penting bagi pihak manajemen. Tanggung jawab penyediaan informasi pihak manajemen merupakan aspek yang mendasar untuk memberikan jaminan yang wajar bagi pemegang saham sebagai bukti bahwa perusahaan dikendalikan dengan baik. Selain itu, pihak manajemen memiliki tanggung jawab terhadap pemegang saham serta calon investor dengan melengkapi informasi keuangan yang andal secara tepat waktu.

    Salah satu peranan penting dari manajemen adalah membentuk kebudayaan organisasi. Gaya(style) manajemen adalah cara khas (distincitive manager) seorang manajer berperilaku yang dibatasi oleh kebudayaan organisasi dan dituntun oleh filsafat pibadinya. Kemudian timbul pertanyaan apa itu manajemen dan organisasi itu.

 

PEMBAHASAN

 

·        Pengertian Manajemen

 Secara etimologi, manajemen (bahasa Inggris) berasal dari kata to manage, dalam Websters New cooleglate Dictionary, kata manage dijelaskan berasal dari bahasa Itali Managlo dari kata Managlare yang selanjutnya kata ini berasal dari bahasa Latin Manus yang berarti tangan (Hand). Kata manage dalam kamus tersebut diberi arti: membimbing dan mengawasi, memperlakukan dengan seksama, mengurus perniagaan atau urusan-urusan, mencapai urusan tertentu.

     Sedangkan secara terminologi, ada beberapa definisi mengenai manajemen, diantaranya yang dikemukakan oleh George R. Terry, manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan organisasi atau maksud yang nyata.

     Manajemen suatu perusahaan adalah nyawa dari suatu perusahaan. Manajemen yang menentukan pertumbuhan atau kebangkrutan suatu perusahaan. Dengan adanya suatu pengelolaan dan manajemen yang baik maka suatu perusahaan akan mampu bertahan dari segala tekanan, kendala, dan rintangan yang ada. Bahkan akan berkembang menjadi lebih besar dan lebih baik lagi.

       Dalam mengelola perusahaan maka ada prinsip dan standarisasi dimana hal-hal tersebut akan sangat membantu perkembangan perusahaan bila diterapkan dengan baik. Prisip dan standar ini bukanlah nilai mutlak dalam kesuksesan suatu perusahaan. Tidak selamanya suatu perusahaan yang telah melakukan segala sesuatunya dengan baik akan sukses.

 

·        Peran Manajemen Dalam Perusahaan

    Berdasarkan pengertian manajemen yang telah dijabarkan di atas, maka dapat ditarik pemahaman bahwa peran manajemen pada perusahaan sangatlah penting, yaitu untuk memastikan segala sesuatu yang berkaitan dengan pencapaian tujuan dapat berhasil dilakukan.

 

1.      Merencanakan

anpa rencana, lantas apa yang hendak dijalankan? Maka dari itu, langkah paling utama dalam manajemen perusahaan adalah melakukan perencanaan. Hal ini penting dalam menentukan tujuan akhir, arah, serta kiblat perusahaan. Rencana ini pun tidak hanya satu, ada yang disebut rencana tahunan, rencana jangka panjang, rencana menengah, dan rencana jangka pendek.

 

2.      Menempatkan

roses penempatan tugas juga menjadi bagian penting dari manajemen perusahaan. Dengan rencana yang begitu besar, seorang manajer harus piawai membagi dan menempatkan masing-masing pekerja ke dalam tiap-tiap tugas bersangkutan. Hal ini krusial, sebab bila salah tangan, tujuan perusahaan bisa gagal tercapai.

 

3.      Mengarahkan

etelah menempatkan masing-masing tugas pada anggota-anggota yang tepat, pengarahan dilakukan untuk manajemen perusahaan lebih terarah. Dalam mengarahkan, manajer harus detail dan presisi agar bisa dipahami dengan jelas oleh para pekerja perusahaan. Hal inilah yang nantinya akan menjadi titik dimulainya misi-misi perusahaan.

 

4.      Mengawasi

Setelah perencanaan, penempatan, dan pengarahan diberikan, manajer harus piawai dalam mengawasi atau melakukan pengawasan terhadap masing-masing bagian pekerja. Pengawasan yang terjadwal dan terarah akan menjadikan misi-misi yang ‘mogok’ atau ‘salah arah’ kembali ke jalur yang tepat.

 

·        Peran Organisasi Dalam Manajemen

 

   Pengorganisasian bertujuan untuk membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Selain itu, mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas.

Proses organisasi yang baik ditempuh sebagai berikut:

1. Membagi pekerjaan yang akan dilakukan, menetapkan tugas-tugas, dan tanggung jawab.
2. Membentuk susunan jabatan da peranan dengan pemberian nama.
3. Membentuk sistem-sistem kekuasaan dan status formal
4. Membentuk suatu struktur organisasi untuk melakukan komunikasi-komunikasi internal.

      Jadi peranan manajemen dalam organisasi yaitu mengatur struktur organisasi manajemen sesuai kehendak yang perusahaan inginkan, membantu manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang-orang yang dibutuhkan dalam perusahaan tersebut, akan mendapatkan pengambilan keputusan yang cepat dalam perusahaan, organisasi akan tersusun dengan baik. Manajemen yang baik haruslah berperan sesuai dengan situasi dan kondisi pada perusahaan atau organisasi. 

 

 

KESIMPULAN

 

ada beberapa definisi mengenai manajemen, diantaranya yang dikemukakan oleh George R. Terry, manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan organisasi atau maksud yang nyata. Manajemen suatu perusahaan adalah nyawa dari suatu perusahaan. Manajemen yang menentukan pertumbuhan atau kebangkrutan suatu perusahaan. Berdasarkan pengertian manajemen yang telah dijabarkan di atas, maka dapat ditarik pemahaman bahwa peran manajemen pada perusahaan sangatlah penting, yaitu untuk memastikan segala sesuatu yang berkaitan dengan pencapaian tujuan dapat berhasil dilakukan.

 

       Pengorganisasian bertujuan untuk membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Selain itu, mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas.

 

    

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://vini.stiemj.ac.id/wp-content/uploads/makalah-Manajemen-Organisasi-converted.pdf#

 

http://nugrohobw.blogspot.com/2015/05/peran-organisasi-dalam-manajemen.html

 

http://eprints.umm.ac.id/20641/2/b2.pdf

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.