MANAJEMEN ORGANISASI DI PERUSAHAAN
Mochamad
Yudha Eka Putra ( @B11-Yudha )
Teknik
Industri
Universitas
Mercu Buana Jakarta
ABSTRAK
Manajemen perusahaan secara hukum diwajibkan
untuk membuat dan memelihara sistem pengendalian yang memadai (Hall, 2007:180).
Sistem pengendalian membantu perusahaan atau organisasi untuk mengurangi
eksposur-eksposur yang terjadi selama masa operasional perusahaan (Bodnar dan
Hopwood, 2000:206). Secara etimologi, manajemen (bahasa Inggris) berasal dari
kata to manage, dalam Websters New cooleglate Dictionary, kata manage
dijelaskan berasal dari bahasa Itali Managlo dari kata Managlare yang
selanjutnya kata ini berasal dari bahasa Latin Manus yang berarti tangan
(Hand). Manajemen suatu perusahaan adalah nyawa dari suatu perusahaan.
Manajemen yang menentukan pertumbuhan atau kebangkrutan suatu perusahaan.
Dengan adanya suatu pengelolaan dan manajemen yang baik maka suatu perusahaan
akan mampu bertahan dari segala tekanan, kendala, dan rintangan yang ada.
Bahkan akan berkembang menjadi lebih besar dan lebih baik lagi.
Keywords
: Manajemen, Organisasi
PENDAHULUAN
Manajemen perusahaan secara hukum
diwajibkan untuk membuat dan memelihara sistem pengendalian yang memadai (Hall,
2007:180). Sistem pengendalian membantu perusahaan atau organisasi untuk
mengurangi eksposur-eksposur yang terjadi selama masa operasional perusahaan
(Bodnar dan Hopwood, 2000:206). Pernyataan dari Komisi Sekuritas dan
perdagangan mengenai pentingnya sistem pengendalian internal yaitu tentang
pembuatan dan pemeliharaan sistem pengendalian internal adalah kewajiban yang
penting bagi pihak manajemen. Tanggung jawab penyediaan informasi pihak
manajemen merupakan aspek yang mendasar untuk memberikan jaminan yang wajar
bagi pemegang saham sebagai bukti bahwa perusahaan dikendalikan dengan baik.
Selain itu, pihak manajemen memiliki tanggung jawab terhadap pemegang saham
serta calon investor dengan melengkapi informasi keuangan yang andal secara
tepat waktu.
Salah satu peranan penting dari manajemen
adalah membentuk kebudayaan organisasi. Gaya(style) manajemen adalah cara khas
(distincitive manager) seorang manajer berperilaku yang dibatasi oleh
kebudayaan organisasi dan dituntun oleh filsafat pibadinya. Kemudian timbul
pertanyaan apa itu manajemen dan organisasi itu.
PEMBAHASAN
·
Pengertian Manajemen
Secara etimologi, manajemen (bahasa Inggris)
berasal dari kata to manage, dalam Websters New cooleglate Dictionary, kata
manage dijelaskan berasal dari bahasa Itali Managlo dari kata Managlare yang
selanjutnya kata ini berasal dari bahasa Latin Manus yang berarti tangan
(Hand). Kata manage dalam kamus tersebut diberi arti: membimbing dan mengawasi,
memperlakukan dengan seksama, mengurus perniagaan atau urusan-urusan, mencapai
urusan tertentu.
Sedangkan secara terminologi, ada beberapa
definisi mengenai manajemen, diantaranya yang dikemukakan oleh George R. Terry,
manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan
atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan organisasi atau maksud
yang nyata.
Manajemen
suatu perusahaan adalah nyawa dari suatu perusahaan. Manajemen yang menentukan
pertumbuhan atau kebangkrutan suatu perusahaan.
Dengan adanya suatu pengelolaan dan manajemen yang baik maka suatu perusahaan
akan mampu bertahan dari segala tekanan, kendala, dan rintangan yang ada.
Bahkan akan berkembang menjadi lebih besar dan lebih baik lagi.
Dalam mengelola perusahaan maka ada
prinsip dan standarisasi dimana hal-hal tersebut akan sangat membantu
perkembangan perusahaan bila diterapkan dengan baik. Prisip dan standar ini
bukanlah nilai mutlak dalam kesuksesan suatu perusahaan. Tidak selamanya suatu
perusahaan yang telah melakukan segala sesuatunya dengan baik akan sukses.
·
Peran Manajemen Dalam Perusahaan
1. Merencanakan
anpa
rencana, lantas apa yang hendak dijalankan? Maka dari itu, langkah paling utama
dalam manajemen perusahaan adalah melakukan perencanaan. Hal ini penting dalam
menentukan tujuan akhir, arah, serta kiblat perusahaan. Rencana ini pun tidak
hanya satu, ada yang disebut rencana tahunan, rencana jangka panjang, rencana
menengah, dan rencana jangka pendek.
2. Menempatkan
roses
penempatan tugas juga menjadi bagian penting dari manajemen perusahaan. Dengan
rencana yang begitu besar, seorang manajer harus piawai membagi dan menempatkan
masing-masing pekerja ke dalam tiap-tiap tugas bersangkutan. Hal ini krusial,
sebab bila salah tangan, tujuan perusahaan bisa gagal tercapai.
3. Mengarahkan
etelah
menempatkan masing-masing tugas pada anggota-anggota yang tepat, pengarahan
dilakukan untuk manajemen perusahaan lebih terarah. Dalam mengarahkan, manajer
harus detail dan presisi agar bisa dipahami dengan jelas oleh para pekerja
perusahaan. Hal inilah yang nantinya akan menjadi titik dimulainya misi-misi
perusahaan.
4. Mengawasi
Setelah
perencanaan, penempatan, dan pengarahan diberikan, manajer harus piawai dalam
mengawasi atau melakukan pengawasan terhadap masing-masing bagian pekerja.
Pengawasan yang terjadwal dan terarah akan menjadikan misi-misi yang ‘mogok’
atau ‘salah arah’ kembali ke jalur yang tepat.
·
Peran Organisasi Dalam Manajemen
Pengorganisasian bertujuan untuk membagi suatu kegiatan besar menjadi
kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Selain itu, mempermudah manajer dalam
melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan
tugas-tugas.
Proses organisasi yang baik ditempuh sebagai berikut:
1.
Membagi pekerjaan yang akan dilakukan, menetapkan tugas-tugas, dan tanggung
jawab.
2. Membentuk susunan jabatan da peranan dengan pemberian nama.
3. Membentuk sistem-sistem kekuasaan dan status formal
4. Membentuk suatu struktur organisasi untuk melakukan
komunikasi-komunikasi internal.
Jadi peranan manajemen dalam organisasi
yaitu mengatur struktur organisasi manajemen sesuai kehendak yang perusahaan
inginkan, membantu manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan
orang-orang yang dibutuhkan dalam perusahaan tersebut, akan mendapatkan
pengambilan keputusan yang cepat dalam perusahaan, organisasi akan tersusun
dengan baik. Manajemen yang baik haruslah berperan sesuai dengan situasi dan
kondisi pada perusahaan atau organisasi.
KESIMPULAN
ada
beberapa definisi mengenai manajemen, diantaranya yang dikemukakan oleh George
R. Terry, manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan
bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan organisasi
atau maksud yang nyata. Manajemen suatu perusahaan adalah nyawa dari suatu
perusahaan. Manajemen yang menentukan pertumbuhan atau kebangkrutan suatu
perusahaan. Berdasarkan pengertian manajemen yang telah dijabarkan di atas,
maka dapat ditarik pemahaman bahwa peran manajemen pada perusahaan sangatlah
penting, yaitu untuk memastikan segala sesuatu yang berkaitan dengan pencapaian
tujuan dapat berhasil dilakukan.
Pengorganisasian
bertujuan untuk membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang
lebih kecil. Selain itu, mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan
menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas.
DAFTAR
PUSTAKA
http://vini.stiemj.ac.id/wp-content/uploads/makalah-Manajemen-Organisasi-converted.pdf#
http://nugrohobw.blogspot.com/2015/05/peran-organisasi-dalam-manajemen.html
http://eprints.umm.ac.id/20641/2/b2.pdf
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.