Wednesday, March 16, 2022

Manajemen dan Perencanaan Strategi untuk Pengelolaan Organisasi yang Efektif dan Efisien


Manajemen

·         Definisi Manajemen

Upaya perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai saran secara efisien dan efektif.

·         Pentingnya Manajemen :

1.      Mempermudah pekerjaan-pekerjaan yang sulit dilakukan dengan cara pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaannya.

2.      Meningkatkan daya guna dan hasil guna semua potensi yang dimiliki oleh sebuah organisasi.

3.      Menghindari terjadinya pemborosan karena dalam prosesnya akan mengoptimalkan man, money, method, material, machines dan market secara optimal.

·         Sistem Manajemen

1.      Manajemen Bapak (Paternalistic Management)
Dimana setiap usaha dan aktivitas bawahan selalu mengikuti jejak pemimpin

2.      Manajemen Tertutup (Closed Management)
Dimana sistem manajemen ini pemimpin tidak memberitahukan keadaan organisasi kepada bawahan dan pengambilan keputusan tidak melibatkan bawahannya

3.      Manajemen Terbuka (Open Management)
Dimana sistem manajemen ini pemimpin banyak memberitahukan keadaan organisasi kepada bawahan dan selalu meminta pendapat bawahannya dalam pengambilan keputusan. Namun, keputusan tetap dipegang oleh pemimpin.

4.      Manajemen Demokrasi (Democratic Management)
Dimana sistem manajemen ini dalam pengambilan keputusan, bawahan berpartisipasi dalam memberikan saran dan pemikirannya, serta ikut menetapkan keputusan berdasarkan suara terbanyak.

·         Manajemen terkait 2 hal yaitu efektifitas dan efisiensi.

Ø  Efektif berarti “Doing The Right Thing” yang bermakna melakukan kegiatan-kegiatan secara tepat dan menjalakan strategi yang paling cocok untuk menghasilkan sesuatu sehingga tercapainya tujuan yang diharapkan.

Ø  Efisiensi Berarti “Doing The Thing Right” yang menunjukkan proses untuk produktif itu diselesaikan dengan menggunakan sumber daya secara tepat dengan waktu yang sesingkat mungkin.

·         Perbedaan Efektifitas dan Efisiensi

Ø  Efektifitas
Lebih berfokus terhadap tujuan, pemilihan cara yang tepat dan berkaitan dengan waktu

Ø  Efisiensi
Lebih berfokus terhadap cara, pemilihan cara yang hemat dan berkaitan dengan biaya.

 

Hubungan Manajemen dan Organisasi

Organisasi merupakan wadah atau tempat manajemen melakukan kegiatan artinya manajemen yang mengatur berjalannya kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.

 

Organisasi

·         Definisi Organisasi

Organisasi adalah institusi atau wadah tempat orang berinteraksi dan bekerjasama sebagai suatu unit terkoordinasi terdiri setidaknya dua orang atau lebih yang berfungsi mencapai suatu sasaran atau serangkaian sasaran.

·         Unsur-unsur Pembentuk Organisasi

Ø  Terdiri dari sekelompok orang, dua orang atau lebih.

Ø  Memiliki tujuan yang jelas atau adanya visi

Ø  Adanya kerja sama

Ø  Punya peraturan atau undang-undang

Ø  Punya tempat atau secretariat

Ø  Punya modal baik SDM/SDA maupun Uang

·         12 Asas Organisasi

1.      Organisasi harus memiliki tujuan yang jelas agar organisasi dapat terarah

2.      Skala hirarki atau adanya tingkat kepemimpinan untuk mempermudah pembagian wewewnang dan tanggung jawab

3.      Kesatuan perintah

4.      Pelimpahan wewenang

5.      Pertanggungjawaban

6.      Pembagian pekerjaan sesuai dengan keahlian masing-masing anggota organisasi

7.      Jenjang/rentang kendali

8.      Fungsional

9.      Pemisahan

10.  Keseimbangan

11.  Fleksibilias

12.  Kepemimpinan dimana pemimpin bertanggungjawab atas kemajuan maupun kemunduran sebuah organisasi

 

Strategi

·         Definisi Strategi

Ø  Secara Bahasa
Strategi berasal dari bahasa Yunani “Stratogos” artinya ilmu para jendral untuk memenangkan pertempuran dengan sumber daya terbatas.

Ø  Secara Istilah
Strategi merupakan suatu pendekatan yang semua berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan serta eksekusi dalam aktivitas yang memiliki kurun waktu tertentu.

·         Hubungan Perencanaan Strategi dan Manajemen Strategi

Ø  Perencanaan Strategi
Merupakan kegiatan yang menentukan tujuan dan mempertimbangkan lingkungan internal dan eksternal untuk merancang. Mengimplementasikan, menganalisis dan menyesuaikan strategi untuk mendapatkan keunggulan kompetitif

Ø  Manajemen Strategi
Merupakan seni dan ilmu penyusunan, penerapan dan pengevaluasian keputusan-keputusan yang berfokus pada proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran.

·         Tujuan Manajemen Strategi

Berdasarkan buku Manajemen Strategi (2021) karya Mukhlis Catio dan kawan kawan, manajmen strategi memiliki empat tujuan :

1.      Menjaga kepentingan banyak pihak

2.      Memberi arah untuk mencapai tujuan

3.      Mengantisipasi perubahan

4.      Mencapai efektivitas dan efisiensi

·         Fungsi Manajemen Strategi

1.      Membantu membuat keputusan terbaik

2.      Meningkatkan kemampuan untuk mengatasi masalah

3.      Meningkatkan keuntungan atau profit perusahaan

4.      Meningkatkan efektivitas dan efisiensi setiap kegiatan operasional perusahaan.

·         Manfaat Manajemen Strategi

1.      Memberikan arah jangka panjang yang akan dituju

2.      Membantu organisasi beradaptasi terhadap perubahan perubahan yang terjadi

3.      Membut suatu organisasi menjadi lebih efektif

4.      Keterlibatan anggota organisasi dalam pembuatan strategi akan lebih memotivasi pada tahap pelaksanaan

5.      Mengidentifikasi keunggulan komparatif suatu organisasi dalam lingkungan yang semakin berisiko

·         Tahap Manajemen Strategi

1.      Tahap Perumusan Strategi

Mencangkup visi & misi, peluang, ancaman serta mengidentifikasi dan menentukan kekuatan maupun kelemahan suatu perusahaan.

2.      Tahap Implementasi

Perusahaan akan mengimplementasikan strategi sebelumnya serta memotivasi pegawai, alokasi sumber daya, usaha pemasaran dll.

3.      Tahap Evaluasi Strategi

Perusahaan melakukan proses evaluasi strategi yang telah diimplementasikan sebelumnya.

 

Analisis Swot

·         Definisi Analisis SWOT

            Analisis SWOT merupakan metode analisis perencanaan strategis yang digunakan untuk memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan baik lingkungan eksternal dan internal untuk suatu tujuan tertentu.

·         Model Analisis SWOT

1.      Model Kuantitatif
Didasarkan pada penilaian yang menggunakan angka, untuk menilai seberapa bagus komponen yang telah dirumuskan.

2.      Model Kualitatif
Penilaiannya tidak di dasarkan oleh angka dan sub komponen SWOT berdiri bebas serta tidak memiliki hubungn satu sama lain.

 

Kepemimpinan

·         Definisi Kepemimpinan
           
Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang pemimpin untuk mengendalikan, memimpin, memperngaruhi pikiran, perasaan atau tingkah laku orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya

·         Sistem Kepemimpinan
           
Sistem kepemimpinan terdiri dari struktur dan mekanisme pengambilan keputusan; pemilihan dan pengembangan terhadap pemimpin dan manager; dan penguatan tata nilai, arahan, dan harapan kinerja.

·         Sistem Kepemimpinan yang Efektif

1.      Respek terhadap kemampuan dan kebutuhan anggota serta stakeholder lainnya

2.      Membangun loyalitas dan teamwork berdasarkan tata nilai organisas dan pencapaian tujuan

3.      Memberikan keyakinan dan mendukung inisiatif serta pengambilan risiko yang tepat

4.      Penyusunan struktur organisasi sesuai tujuan dan fungsi.

·         Tipe Kepemimpinan

1.      Kepemimpinan Karismatik
Kepemimpinan ini mampu mengubah arah pandang karyawannya sehingga menjadi pribadi yang lebih baik.

2.      Kepemimpinan Otoriter
Kepemimpinan ini menjadikan pemimpin sebagai pemegang kekuasaan tertinggi yang membuat keputusan peraturan prosedur dan semua rencana berdasarkan pemikiran pribadi.

3.      Kepemimpinan Demokratis
Kepemimpinan ini melibatkan banyak karyawan dalam mengambil keputusan

4.      Kepemimpinan Transformasional
Kepemimpinan ini berkaitan dengan perubahan-perubahan baik dalam diri pemimpin maupun anggotanya.

5.      Kepemimpinan Visioner
Kepemimpinan ini berfokus kepada wawasan masa depan sehingga sangat berhubungan dengan inovasi.

 

Referensi :

MANAJEMEN UNTUK PENGELOLAAN ORGANISASI YANG LEBIH EFEKTIF DAN EFISIEN (#OMPI01B)
https://youtu.be/SBCSmTPbJ30

PERENCANAAN STRATEGI MANAJEMEN STRATEGI DAN KEPEMIMPINAN (#OMPI02B)
https://youtu.be/DDU8QNXwW_o


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.