Friday, October 14, 2016

MANAJEMEN KARIR





A. PENGERTIAN
Manajemen Karir adalah proses untuk membuat karyawan dapat memahami dan mengembangkan dengan lebih baik keahlian dan minat karir mereka dan untuk memanfaatkan keahlian da minat ini dengan cara yang paling efektif.Manajemen karir individu sebagai manajemen karir yang dilakukan secara individu dengan tujuan menetapkan perencanaan da perkembangan karirnya selanjutnya
Manajemen karir adalah proses dimana organisasi mencoba untuk menyesuaikan minat karir individual dan kemampuan organisasi untuk merekrut karyawan (Gutteridge, 1976)
 B. TUJUAN KARIR
Tujuan atau sasaran karir adalah “posisi atau jabatan tertentu yang dapat dicapai oleh seorang pegawai bila yang bersangkutan memenuhi semua persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan jabatan tersebut.” Tujuan atau sasaran karir tidak otomatis tercapai bila seorang pegawai memenuhi syarat yang harus dipenuhi karena untuk menduduki suatu karir tertentu, kadang- kadang harus memenuhi syarat- syarat yang seringkali di luar kekuasaannya yaitu ada tidaknya lowongan jabatan yang dituju, ada tidaknya keputusan dan referensi dari pimpinan, dan ada tidaknya kandidat lain yang sama kualitasnya, semua itu dapat membatasi kemajuan karir seorang pegawai.
 C. PROSES MANAJEMEN KARIR
TAHAP 1 : Career Exploration
Didasarkan pada tingkat exploration behavior dikembangkan oleh vocational psychologist. Exploraion behavior mental atau fisik aktifitas seseorang. Dalam hal ini diperlukan diperlukan informasi mengenai individu tersebut dalam lingkungan. Informasi digunakan untuk pengembangkan individu dan accupational concept.
TAHAP 2 : Development of Career Goal
Menurut goal setting theory, tujuan aka mempengaruhi perilaku melalui direct attentions, stimulating effort, serta facilitating the development strategies (Loke dan Lartham) kemampuan dan keahlian lewat pengalaman kerja. Jadi kemajuan karir diperoleh dalam pengabdian
TAHAP 3 : Political System
Terutama pada perusahaan yang quasimatrix, seperti perusahaan telekomunikasi, akuntansi dan projek-projek kompleks yang ada dalam organisasi. Oleh James Rosenbaum disebut sebagai metode allokasi turnamen.yakni bersaing untuk memperebutkan kesempatan
D. PERENCANAAN KARIR
Perencanaan karir adalah suatu proses yang digunakan seseorang untuk memilih tujuan karir dan jalur karir untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Sebagai suatu proses yang bertujuan untuk meD. nyesuaikan tujuan karir da kemampuan untuk mengisinya secara sistematis.
Langkah-langkah perencanaan karir
  1. menilai diri sendiri
  2. Menetapkan tujuan karir
  3. menyiapkan rencana-rencana kegiatan untuk mencapai tujuan karir
  4. melaksanakan rencana-rencana
 E. MANFAAT PERENCANAAN KARIR
  1. Pengembangan karier memberikan petunjuk tentang siapa diantara para pekerja yang wajar dan pantas untuk dipromosikan di masa depan dan dengan demikian suplai intenal melalui karyawan dari dalam perusahaan dapat lebih tejamun. Berarti organisasi tidak selalu harus mencari tenaga kerja dari luar organisasi untuk mengisi lowongan yang terjadi karena berbagai hal seperti adanya pekerja yang berhenti, diberhentikan memasuki usia pensiun atau meninggal dunia.
  2. Perhatian yang lebih besar dari bagian kepegawaian terhadap pengembangan karier para anggota organisasi meumbuhkan loyalitas yang lebih tinggi dan komitmen organisasional yang lebih besar di kalangan pegawai. Sika demikian pada umumnya mengakibatkan keinginan pindah ke organisasi berusaha memelihara kepentingan dan memuaskan kebutuhan para anggotanya.
  3. Telah umum dimaklumi bahwa dalam diri setiap orang masih terdapat kemampuan yang belum digunakan secara optimal sehingga perlu dikembangkan agar berubah sifatnya dari optimal sehingga perlu dikembangkan agar berubah sifatnya dari potensi menjadi kekuatan nyata. Dengan adanya sasaran karier yang jelas para pegawai terdorong untuk mengembangkan potensi tersebut untuk kemudian dibuktikan dalam pelaksanaan pekerjaan dengan lebih efektif dan produktif dibarengi oleh perilaku positif sehingga organisasi semakin mapu mencapai berbagai tujuan dan sasarannya, dan para pegawai pun mencapai tingkat kepuasan yang lebih tinggi
  4. Perencanaan karier mendorong para pekerja untuk bertumbuh dan berkembang, tidak hanya secara mental intelektual, akan tetapi juga dalam arti profesional.
 F. PEDOMAN DALAM MANAJEMEN KARIR
  • Hindarkan Kejutan Realitias
  • Berikan pekerjaan awal yang menantang
  • Berikan tinjauan pekerjaan yang realistis dalam perekrutan
  • bersikap menuntut
  • adakan rotasi pekerjaan da pelacakan pekerjaan
  • tingkatka penilaian prestasi yag berorientasi pada karir
  • dorongan aktifitas perencanaan karir
DAFTAR PUSTAKA
Mahdi, Aip dan Risma Jayanti.2011. Manajemen karir dalam : http://www.slideshare.net/RismaJayanti/manajemen-karir-makalah-psikologi-sumber-daya-manusia-risma-aip-umb. Diakses pada 10 Oktober 2016.
NN. 2010. Manajemen karier dalam : https://initugasku.wordpress.com/2010/03/19/manajemen-karier/. Diakses pada 10 Oktober 2016.
Ayu, Irrine. 2015. Manajemen Karir dalam : https://irrineayu.wordpress.com/2015/04/17/manajemen-karir-pengertian-tujuan-manfaat-proses-dan-perencanaan-karir/ . Diakses pada 10 Oktober 2016.

9 comments:

  1. @A17-Sri
    Apakah manajemen karir dalam perusahaan anda sudah memberikan uotput yang baik

    ReplyDelete
  2. Ni Made Chindy Talia S. @K08
    Review: artikel ini sudah cukup menjelaskan pengertian manajemen karir, dilihat dari tahapan proses manajemen karir, seseorang dapat mencapai tujuan karirnya apabila melihat potensi diri, pengalaman dari pekerjaannya, dan bagaimana diri bisa menempati posisinya untuk bersaing dalam suatu tempat sehingga bisa mencapai lebih tinggi dari sebelumnya.

    ReplyDelete
  3. @K14-ADITYA

    Mungkin saya akan menambahkan sedikit dari artiket di atas

    Sistem manajemen karir berhubungan langsung dengan pengelolaan suatu proses berkesinambungan dari suatu aktivitas pekerjaan yang harus dijalankan sepanjang hidup seseorang.

    Dalam hal ini, mungkin masih banyak yang belum paham bagaimana seharusnya sistem manajemen karir itu dijalankan di sebuah perusahaan. Dalam hal ini sistem manajemen karir meliputi beberapa proses tahapan yang saling berkaitan antar-satu dengan yang lain.

    Contoh :
    - Manajemen karir individu
    - Manajemen karir Organisasi

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Muhammad zainudin 41616110001
    Artikel yang sangat jelas dan padat.artikel yang sedikit akan lebih dapat diserap dan si pembaca akan mudah memahaminya.

    ReplyDelete
  6. Bonifasius Bayu PS (41616110035)

    Menurut saya perencanaan karir sangat bermanfaat karena dapat memberikan petunjuk siapa saja yang pantas untuk dipromosikan dalam perusahaan, menumbuhkan loyalitas yang lebih tinggi bagi pegawai, mengoptimalkan kemampuan pegawai, dan mendorong para pekerja untuk bertumbuh dan berkembang, tidak hanya secara mental intelektual, akan tetapi juga dalam arti profesional.

    ReplyDelete
  7. Abdulah Dwi Sayogi (41616110060)

    review : Penulisan artikel dan minmap sudah bagus, isi juga sangat menarik dimana perencanaan karir sangat di perlukan bagi orang yang mau berkarir tetapi masih kurang percaya diri dang membutuhkan bimbingan.

    ReplyDelete
  8. Erika Aulia - 43217110115

    Artikel yang dilengkapi mindmap akan jauh lebih menarik. Isi dari artikel juga sudah to the point. Dari artikel diatas sudah sangat bisa dipahami teori mengenai manajamen karir.

    Dalam hal ini manajemen karier adalah suatu proses dimana organisasi mencoba menyesuaikan minat karir individu dan kemampuan organisasi untuk merekrut karyawan.

    ReplyDelete
  9. Angela Merici Rianawati-41117110127
    Artikel ini sangat jelas dan padat dan dapat diserap dengan baik.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.