Friday, October 14, 2016

MANAJEMEN KARIR


Manajemen karir adalah proses dimana organisasi mencoba untuk menyesuaikan minat karir individual dan kemampuan organisasi untuk merekrut karyawan (Gutteridge, 1976). Sedangkan menurut Greenhouse 1987, manajemen karir adalah proses dimana individu mengumpulkan informasi mengenai nilai, minat, kelebihan dan kekurangan skill (carrer exploration), mengidentifikasikan tujuan karir dan penggunaan strategi karir dengan tujuan karir tersebut akan tercapai. Hal ini dilakukan dengan membantu karyawan dalam perencanaan karir.

Tujuan manajemen karir
1.      Membantu pegawai menyadari kemampuan potensinya. Pengembangan karir membantu menyadarkan pegawai akan kemampuannya untuk menduduki suatu jabatan tertentu sesuai dengan potensi dan keahliannya.

2.      Memperkuat hubungan antara Pegawai dan Perusahaan Pengembangan karier akan memperkuat hubungan dan sikap pegawai terhadap perusahaannya.

3.      Membuktikan Tanggung Jawab Sosial Pengembangan karier suatu cara menciptakan iklim kerja yang positif dan pegawai-pegawai lebih bermental sehat.

4.      Mengurangi Keusangan Profesi dan Manajerial Pengembangan karier dapat menghindarkan dari keusangan dan kebosanan profesi dan manajerial.

5.      Menggiatkan Analisis dari Keseluruhan Pegawai Perencanaan karir dimaksudkan mengintegrasikan perencanaan kerja dan kepegawaian

6.      Menggiatkan Pemikiran (Pandangan) Jarak Waktu yang Panjang Pengembangan karier berhubungan dengan jarak waktu yang panjang. Hal ini karena penempatan suatu posisi jabatan memerlukan persyaratan dan kualifikasi yang sesuai porsinya.


Langkah-langkah perencanaan karir
1.      menilai diri sendiri
2.      Menetapkan tujuan karir
3.      menyiapkan rencana-rencana kegiatan untuk mencapai tujuan karir
4.      melaksanakan rencana-rencana



DAFTAR PUSTAKA

9 comments:

  1. Salam sukses saudari Like..

    Terimakasih untuk informasi yang telah disampaikan, Saya akan mecoba mengomentari artikel yang anda buat, Biasanya artikel yang anda buat systematis dan cukup bagus, namun pada kali ini saya melihat beberapa kekurangan dari artikel yang anda buat, dari segi teknik penulisan artikel masi belum sistematis sesuai dengan apa yang dosen bersangkutan instruksikan, yakni untuk isi dari artikel setidak nya meliputi :
    1. Pendahuluan
    2. Rumusan Masalah
    3. Teori/Pembahasan
    4. Kesimpulan
    5. Daftar Pustaka
    ketika saya melihat artikel yang anda buat, terlihat point-point dari artikel yang dibuat tidak sistematis, kemudian dari daftar pustaka sendiri itu masi kurang, karena disyaratkan minimal 5 daftar pustaka bahkan kalau bisa didasarkan pada jurnal-jurnal yang setidak nya di publish kan maksimal 5 tahun yang lalu, nah untuk artikel ini hanya ada tiga saja untuk daftar pustakanya, kemudian artikel yang dibuatpun tidak dilampirkan mind maps, sedangkan untuk pelajaran ini biasanya diwajibkan dicantumkan mindmap nya. Untuk informasi artikel itu sendiri masi sedikit diharapkan untuk lebih menambah artikel lagi ya cantik..
    Demikian komentar dan masukan dari saya, tidak ada maksud untuk menjatuhkan ataupun mengolok-olok artikel yang anda buat.
    Salam susses selalu.

    Regards
    Ramlan

    ReplyDelete
  2. @A01-ISLAMIA
    Tanggapan : Menurut saya setelah membaca artikel diatas belum mengikuti sistematis pembuatan akan tetapi informasi yang diberikan sudah cukup baik.
    Saran : sebaiknya mengikuti sistematis pembuatan

    ReplyDelete
  3. @K14-ADITYA

    Menanggapi artikel yang sudah dibuat di atas ,menurut saya artikel di atas belum sistematis karena tidak tercantumnya abstrack, pendahuluan, rumusan masalah, dan juga kesimpulan dari artikel tersebut .

    Saran : agar tulisan artikel dapat dipahami oleh pembaca ,disarankan untuk mengikuti tahap-tahap atau unsur-unsur dari sebuah artikel, agar si pembaca dapat dengan mudah memahami dan mengikuti artikel anda .

    Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Nana Supriyatna-41115120005

    Manajemen karir adalah proses dimana organisasi mencoba untuk menyesuaikan minat karir individual dan kemampuan organisasi untuk merekrut karyawan (Gutteridge, 1976). Sedangkan menurut Greenhouse 1987, manajemen karir adalah proses dimana individu mengumpulkan informasi mengenai nilai, minat, kelebihan dan kekurangan skill (carrer exploration), mengidentifikasikan tujuan karir dan penggunaan strategi karir dengan tujuan karir tersebut akan tercapai.

    Artikel yang bermanfaat.
    terima kasih

    ReplyDelete
  5. Hasthi Dasto Fibrianto / 41616110019

    Artikel yang kurang manarik, tidak ada mind map

    ReplyDelete
  6. Khairul Nil Hakim Sitorus (41616110037)

    Menurut saya artikel diatas sudah mencoba untuk menjelaskan tentang bagaimana pentingnya Manajemen karier dan cukup jelas,akan tetapi artikel diatas dalam penulisannya belum mengandung unsur-unsur dalam pembuatan sebuah artikel dan Mind map juga tidak ada,Mind map salah satu unsur penting dalam sebuah artikel karena menambah daya tarik untuk orang membaca artikel yang kita buat.

    terima kasih

    ReplyDelete
  7. 43217110041 Nur Vira Audina
    menurut saya penjelasan untuk artikel ini sudah sangat jelas menjelaskan pentingnya manajemen karir hanya saja tidak ada unsur Mind map nya.

    ReplyDelete
  8. Ardian Adi Saputro / 41216110055

    Menurut saya artikel ini sangat membantu , jelas dan mudah dipahami, sehingga pembaca bisa lebih mengerti tujuan dari manajemen karir ini.

    ReplyDelete
  9. Rico Pratama - 41516110183


    Menurut saya artikel ini sangat jelas dan mudah dipahami oleh pembaca, tetapi sangat disayangkan belum mengandung usnur - usur dalam pembuatan artikel.

    ReplyDelete