Friday, October 7, 2016

Desain Pekerjaan di PT QS




Pengertian

Menurut Sunarto dan Sahedhy Noor (2003) Desain pekerjaan adalah proses penentuan tugas-tugas yang akan dilaksanakan, metode yang digunakan untuk melaksanakan tugas-tugas yang akan dilaksanakan , metode yang digunakan untuk melaksankan tugas-tugas ini dan bagaimana pekerjaan tersebut berkaitan dengan pekerjaan lainnya didalam organisasi.
Menurut Mondy ( 2008 hal 121) Desain pekerjaan adalah proses menentukan tugas-tugas spesifik untuk dikerjakan, metode-metode yang dipakai dalam melanjutkan tugas-tugas tersebut, dan cara pekerjaan yang bersangkutan berhubungan dengan lain dalam organisasi.
Menurut Handoko (2001 : 193) Desain pekerjaan merupakan variasi dari berbagai macam pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan. Semakin tinggi variasi pekerjaan  yang dilakukan maka prestasi kerja yang dihasilkan oleh karyawan .

A Unsur –Unsur Organisasi
Unsur organisasi  mempunyai kaitan erat dengan desain pekerjaan yang efisien. Untuk mencapai output maksimum dari pekerjaan-pekerjaan karyawan. Dengan adanya efisiensi di dalam pelaksanaan kerja akan menentukan spesialisasi  yang merupakan kunci dalam desain pekerjaan. Karyawan yang melakukan pekerjaan secara kontinyu menyebabkan dia menjadi terspesialisasi, yang selanjutnya dapat memperolah output lebih tinggi.

Tiga unsur desain pekerjaan organisasi yaitu :
1 Pendekatan mekanik, berupaya mengidentifikasikan setiap tugas dalam suatu pekerjaan guna meminimumkan waktu dan tenaga. Hasil pengumpulan identifikasi tugas akan menentukan spesialisasi. Pendekatan ini lebih menekankan pada factor efisiensi, waktu, tenaga, biaya dan latihan.
2 Aliran kerja ini dipengaruhi oleh sifat komoditi yang dihasilkan oleh suatu organisasi atau perusahaan guna menentukan urutan dan keseimbangan pekerjaan.
3 Praktek-praktek kerja, yaitu cara pelaksanaan pekerjaan yang ditetapkan, ini bisa berdasarkan kebiasaan yang berlaku dalam perusahaan ,perjanjian , kesepakatan bersama.

B Unsur –Unsur Lingkungan
Faktor lingkungan yang mempengaruhi desain pekerjaan adalah tersedianya tenaga kerja yang potensial, yang mempunyai kemampuan dan kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan pengharapan-pengharapan social, yaitu dengan tersedianya lapangan kerja serta memperoleh kompetensi dan jaminan hidup yang layak.

C Unsur-Unsur Perilaku
1 Otonomi, bertanggung jawab atas apa yang dilakukan , disini bawahan diberi wewenang untuk mengambil keputusan atas pekerjaan yang dilakukan.
2 Variasi pemerkayaan  pekerjaan  yang dimaksudkan untuk menghilangkan kejenuhan atas pekerjaan-pekerjaan yang rutin, sehingga kesalahan-kesalahan dapat diminimalkan.
3 Identitas tugas, untuk mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas dan pekerjaan, maka pekerjaan harus diidentifikasikan, sehingga kontribusinya  terlihat yang selanjutnya akan menimbulkan kepuasan.
4 Umpan balik, diharapkan pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan mempunyai umpan balik atas pelaksanaan pekerjaan yang baik, sehingga akan memotovasi pelaksanaan pekerjaan selanjutnya.

Daftar Pustaka
Handoko, Hani. 2001. Manajemen Personalia. BPFE Yogyakarta.
Mangaratua, Herison. 2004. Pengaruh Desain Pekerjaan Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi Pada PT Rifansi Dwi Putra Duri. Dalam http : repository.unri.ac.id diakses pada tanggal 6 sepetember 2016 pukul 14.00 WIB.
Mondy, Wayne R. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Erlagga. Jakarta.
Sunarto, Sahedhy Noor. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarya : Penerbit BPFE.







1 comment:

  1. @A17-Sri
    Setelah saya membaca artikel anda :
    Desain pekerjaan adalah proses penentuan tugas-tugas yang akan dilaksanakan, metode yang digunakan untuk melaksanakan tugas-tugas yang akan dilaksanakan , metode yang digunakan untuk melaksankan tugas-tugas ini dan bagaimana pekerjaan tersebut berkaitan dengan pekerjaan lainnya didalam organisasi.Desai pekerjaan dipengaruhi oleh unsur - unsur seperti unsur organisai, lingkungan dan perilaku.
    Dari ketiga unsur diatas menurut saya unsur lingkungan yang paling kritikal karena Faktor lingkungan yang mempengaruhi desain pekerjaan adalah tersedianya tenaga kerja yang potensial, yang mempunyai kemampuan dan kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan pengharapan-pengharapan social, yaitu dengan tersedianya lapangan kerja serta memperoleh kompetensi dan jaminan hidup yang layak sedangkan untuk mendapatkan hidup layak itu relatif & tergantung dari kebutuhan tiap individu.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.