Friday, October 14, 2016

ANALISIS PEKERJAAN







Definisi
Analisis pekerjaan adalah suatu analisis sistematis atas pekerjaan dalam suatu organisasi.

Tujuan
Analisis pekerjaan dapat dipakai untuk berbagai tujuan, baik sektor publik maupun sektor swasta. Analisis pekerjaan bertujuan mengetahui hal-hal seperti berikut:
1.  Deskripsi pekerjaan (job description)
Berisi informasi pengidentifikasian pekerjaan, riwayat pekerjaan, kewajiban-kewajiban pekerjaan, dan pertanggungjawaban, spesifikasi pekerjaan atau informasi mengenai standar-standar pekerjaan.
2.  Spesifikasi pekerjaan (job specifiacation)
Penyusunan pekerjaan-pekerjaan ke dalam kelompok-kelompok atau jenis-jenis berdasarkan rencana sistematika tertentu
3.  Job evaluation
Suatu prosedur pengklasifikasian pekerjaan berdasarkan kegunaan masing-masing di dalam organisasi dan dalam pasar tenaga kerja luar yang terkait
4.  Job design instructuring
Meliputi usaha-usaha untuk mengalokasi dan merekstrulisasikan kegiatan-kegiatan pekerjaan ke dalam berbagai kelompok
5.  Personal requirement/specifications
Berupa penyusunan persyaratan-persyaratan atau spesifikasi-spesifikasi tertentu bagi suatu pekerjaan, seperti pengetahuan, keterampilan, ketangkasan, sifat-sifat dan ciri-ciri yang diperlukan bagi keberhasilan pelaksanaan suatu pekerjaan.
6.  Performance appraisal
Untuk mempengaruhi para pekerja melalui keputusan-keputusan administrasi, seperti promosi, pemberhentian sementara (lay off), pemindahan, kenaikan gaji, memberi informasi kepada para pekerja tentang kemampuan-kemampuan dan kekurangan-kekurangan yang berkaitan dengan pekerjaannya masing-masing
7.  Worker mobility
Dinamika masuk-keluarnya seseorang dalam posisi-posisi, pekerjaan-pekerjaan, dan okupasi-okupasi tertentu
8.  Efficiency
Mencakup penggabungan proses kerja yang optimal dan rancangan keamanan dari peralatan dan fasilitas fisik lainnya dengan referensi tertentu pada kegiatan-kegiatan kerja, termasuk prosedur-prosedur kerja, susunan kerja dan standar-standar kerja.
9.  Safety
Lebih kepada identifikasi dan peniadaan perilaku-perilaku kerja yang tidak aman, kondisi-kondisi lingkungan
10.    Human resource planning
Meliputi kegiatan-kegiatan antisipasif dan reaktif melalui suatu organisasi untuk memastikan organisasi tersebut memiliki dan akan terus memiliki jumlah dan macam orang pada tempat yang tepat, waktu yang tepat.
11.    Legal/quasi legal requirement
Aturan-aturan dan ketentuan-ketentuan lainnya yang berkaitan dengan organisasi.

Informasi yang dapat diperoleh dari analisis pekerjaan sebagai berikut:
1. Aktivitas pekerjaan. Mengumpulkan segala informasi yang berkenaan dengan pekerjaan yang meliputi bagaimana, mengapa dan kapan pekerja melakukan setiap aktivitasnya.
2. Perilaku manusia. Mengumpulkan segala informasi yang berkenaan dengan tuntutan pekerjaan yang berkaitan dengan perilaku manusia mesin, perangkat, peralatan dan bantuan pekerjaan.
3. Mengumpulkan segala informasi yang berkenaan dengan perangkat yang dipergunakan, bahan-bahan yang diproses, pengetahuan yang dipakai atau diterapkan, dan pelayanan yang akan diberikan.
4. Standar prestasi. Mengumpulkan segala informasi yang berkenaan dengan standar prestasi pekerjaan dan menggunakan informasi tersebut untuk menilai karyawan.
5. Konteks pekerjaan. Mengumpulkan segala informasi yang berkenaan dengan persyaratan untuk melakukan pekerjaan seperti pengetahuan, keterampilan yang berhubungan dengan pekerjaan.

Pelaksanaan analisis pekerjaan
Pengumpulan informasi dalam menganalisis pekerjaan dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti:
1.  Membuat kuesioner
2.  Interview
3.  Mengadakan observasi
4.  Panel of expert, dan
5.  Employee logs


DAFTAR PUSTAKA
·    Ayu, Irrine. 2015. Analisis pekerjaan: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Tahapan, Jenis dan Metode. Dalam: https://irrineayu.wordpress.com/2015/04/17/analisis-pekerjaan-pengertian-tujuan-manfaat-tahapan-jenis-dan-metode/
·    Desseler, Gary. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Indeks.
·    Griffin, Ricky W. 2004. Manajemen: Jilid 1. Erlangga
·    Hariandja, Marihot Tua Efendi. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengadaan, Pengembangan, Pengkompesasian, dan Peningkatan Produktivitas Pegawai. Grasindo
·    Rozalena, Agustin dan Dewi, Sri Komala. 2016. Panduan Praktis Menyusun Pengembangan Karier dan Pelatihan Karyawan. Penebar Swadaya Grup.

 

1 comment:

  1. @A01-ISLAMIA
    Setellah membaca artikel ini saya menjadi lebih mengetahui apa itu analisis pekerjaan.Dimana analisis pekerjaan adalah suatu analisis sistematis atas pekerjaan dalam suatu organisasi. Yang memiliki tujuan dalam deskripsi pekerjaan, spesifikasi pekerjaan,Job evaluation, Personal requirement/specifications dll.dari analisis pekerjaan kita dapat mengetahui aktivitas pekerjaan, perilaku manusia. Sebaiknya penjelasan tentang analisis pekerjaannya lebih diperjelas lagi.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.