Friday, October 14, 2016

Analisis Jabatan di PT QS




Pendahuluan
Analisis jabatan memiliki peranan yang sangat penting dalam menejemen sumber daya manusia yaitu meningkatkan kinerja organisasi baik dari segi produktivitas, pelayanan maupun kualitas untuk mencapai tujuan utama organisasi. Dari hasil analisis jabatan tersebut maka organisasi akan mampu menentukan karateristik seperti apa yang harus dimiliki calon pegawai sebelum menduduki sebuah jabatan, outputnya berupa spesifikasi jabatan dan deskripsi pekerjaan
Analisis Jabatan
Definisi atau pengertian menurut para ahli mengenai Analisis jabatan,
Menurut Sirait (2006, h.46) adalah proses untuk memperoleh informasi serinci mungkin mengenai fakta-fakta yang terjadi, yang diperlukan guna menyelesaikan tugas-tugas yang ada dalam suatu jabatan. Menurut Gibson, Ivancevich, dan Donelly, (1993, h.38) analisis jabatan adalah proses pengambilan keputusan yang menerjemahkan faktor tugas, manusia, dan teknologi menjadi sebuah desain pekerjaan.
Menurut Tua (2007) mendefinisikan analisis jabatan adalah usaha untuk mencari tahu tentang jabatan atau pekerjaan yang berkaitan dengan tugas yang dilakukan jabatan tersebut. Data yang dikumpulkan dalam analisis jabatan ini, menurut Tua merupakan data yang secara lebih rinci yang meliputi tugas, tanggungjawab, kemampuan kerja, dan standar kerja yang dilaksanakan. Tugas ini mengacu pada aktivitas yang dilaksaknakan dalam suatu jabatan. Tanggung jawab merupakan output dari pekerjaan yang harus diselesaikan dalam sebuah pekerjaan. Kemampuan yang dibutuhkan mengacu kepada keahlian yang dibutuhkan. Sedangkan standar kerja mengacu pada strandar kerja yang dipakai untuk mengevaluasi kinerja.
Manfaat Analisis Jabatan
 Analisis jabatan merupakan proses pengumpulan fakta atau informasi mengenai seluk-beluk suatu pekerjaan. Menurut Sedarmayanti (2007, h.151), Manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya proses analisis jabatan, antara lain :
a) Penarikan, seleksi dan penempatan pegawai;
b) Sebagai petunjuk dasar dalam menyusun program latihan dan pengembangan;
c) Menilai kinerja/ pelaksanaan kerja;
d) Memperbaiki cara bekerja pegawai;
e) Merencanakan organisasi agar memenuhi syarat/ memperbaiki struktur organisasi sesuai beban dan fungsi jabatan;
 f) Merencanakan dan melaksanakan promosi serta transfer pegawai;
g) Bimbingan dan penyuluhan pegawai

Metode Analisis Jabatan

Terdapat empat jenis metode analisis Jabatan:

1 Wawancara

Diskusi Dengan 1 (satu) orang atau lebih pegawai yang menangani suatu jabatan tertentu.

2 Observasi

Pengamatan terhadap kegiatan pegawai yang menangani suatu jabatan.

3 Kuesioner

Meminta para pemegang jabatan mengisi kuesioner

4 Memeriksa Log-Book

 

Pemilihan metode analisis jabatan bergantung pada factor-faktor berikut :

a Jenis Jabatan

b Akses analisis untuk masuk ke tempat pemegang jabatan

c Persiapan yang dapat dilakukan

d Penerimaan terhadap analis

 

Analisis Jabatan yang baik membantu manajemen untuk mengatasi berbagai ketidaksempurnaan tersebut ( manfaat analisis jabatan secara lengkap dapat dipelajari dari siklus MSDM).

 

Komitmen Pimpinan

Perumusan analisis jabatan perlu mendapat dukungan pimpinan organisasi, dan dukungan tersebut perlu disampaikan secara terbuka kepada semua pihak dalam organisasi.

 

Kesehatan dan Keselamatan

Sebagian Perusahaan mempersiapkan program kesehatan dan keselamatan kerja. Kegiatan ini pun mengacu pada analisis pekerjaan yang antara lain mengidentifikasi factor risiko pada pekerjaan, termasuk menyediakan peralatan keselamatan kerja untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja

 

Rekrutmen dan Seleksi

Analisis Pekerjaan menyediakan informasi tentang deskripsi dan spesifikasi pekerjaan serta karakteristik SDM yang dibutuhkan menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dengan demikian dapat membantu manajemen dalam proses rekrutmen dan seleksi.

 

Evaluasi Jabatan

Evaluasi jabatan adalah suatu proses yang sistematis dan teratur dalam menentukan nilai suatu jabatan, relative terhadap jabatan-jabatan lain yang ada.

Tujuan utama dari proses ini adalah untuk menetukan tingkat upah yang tepat dan adil di antara jabatan –jabatan yang ada.

 

Kesimpulan

Analisis jabatan adalah suatu kegiatan yang sangat berguna untuk berbagai keperluan perancang organisasi dan perancangan jabatan (Job Design) adalah suatu keharusan dan harus dilakukan sejak awal. Untuk organisasi yang masih baru dan strukturnya masih berkembang terus lebih baik menekankan pada perancang jabatan (Job Design) dan membuat Uraian Jabatan yang fleksibel sehingga bisa disesuaikan terus. Organisasi yang sudah mapan hendaknya melaksanakan Analisis Jabatan. Tetapi mengingat perubahan-perubahan yang terjadi dengan cepat, maka analisis jabatan harus diulangi paling lambat setiap 3 tahun sekali untuk mencek apakah informasi yang diperoleh masih benar. Semua Personel Manager harus menguasai Teknik Analisis Jabatan dan Perancangan Jabatan (Job Design) karena kegiatan ini merupakan basis kegiatan-kegiatan lain di bidang manajemen sumber daya manusia.

Daftar Pustaka
Gibson, J.L., J.M. Ivancevich,., & J.H. Donnelly (1993) Organizations, Behavior, Structure, Processes. Dialih bahasakan oleh Djoerban Wahid. Jakarta: Erlangga.
Manik, Ester. 2013. Analisis Jabatan . Dalam :file:///C:/Users/sari/Downloads/88-184-1-SM.pdf diakses pada tanggal 14 Oktober 2016. 13.00 WIB.
Pujangkoro, Sugih Arto. 2004. Analisis Jabatan. Dalam : http://www.perpustakaan.kemenkeu.go.id/FOLDERDOKUMEN/industri-sugih2.pdf diakses pada tanggal 13 Oktober 2016 pukul 12.15 WIB.
Sedarmayanti (2007) Manajemen Sumber Daya Manusia (Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil). Refika aditama. Bandung.
Sirait T.J. (2006) Memahami Aspek-Aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Grasindo, Jakarta.
Tua, Marihot EH. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Grasindo. Jakarta.








1 comment:

  1. @A19-RAMLAN
    Salam sukses saudari Sari Malam

    Terkait artikel yang anda buat apakah hal ini suda di terapkan di tempat kerja anda sendiri?
    dan apakah menurut anda manfaat nya cukup besar terhadap perusahaan?
    serta apakah metode analisa kerja yang anda uraikan pada artikel ini sudah efektif, jika tidak apakah ada alternatif lain yang lebih bags?

    Regards :
    Ramlan

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.