Oleh : Saiful Bahri (41616110068)
Latar Belakang
Suatu perusahaan akan
meningkat produktivitas kerja bila adanya kerja sama dan hubungan baik antara
pimpinan dan karyawannya. Karena dengan meningkatkan produktivitas karyawan
otomatis akan meningkatkan produktivitas perusahaan. Produktivitas disamakan
dengan hasil kerja dari seseorang karyawan, hasil produktivitas yang dicapai
oleh seorang karyawan haruslah dapat memberikan kontribusi yang penting bagi
perusahaan yang dilihat dari segi kualitas dan kuantitas yang dirasakan oleh perusahaan
dan sangat besar manfaatnya bagi kepentingan perusahaan di masa sekarang dan
yang akan datang. Perusahaan memiliki tujuan dan sasaran perusahaan untuk dapat
memperoleh laba maksimal yang ingin dicapainya. Sumber daya manusia memegang
peranan paling penting dan potensial bagi keberhasilan suatu perusahaan
mengingat sumber daya manusia merupakan penentu kegiatan perusahaan baik
perencanaan, pengorganisasian, serta pengambilan keputusan. Seiring
berkembangnya ilmu dan pengetahuan yang makin maju maka perusahaan dituntut
untuk lebih dapat menjadikan karyawannya lebih terampil dan terlatih dalam
mengerjakan tugasnya. Oleh karena itu perusahaan berinisiatif untuk mengadakan program pelatihan dan pengembangan bagi karyawan, karena pelatihan
dan pengembangan membuat mereka lebih percaya diri sehingga menimbulkan rasa
puas dalam bekerja dan lebih dihargai, serta mampu berusaha untuk meningkatkan
produktivitas kerja karyawan bagian penjualan (1).
Definisi Pelatihan dan Pengembangan
Menurut Mariot Tua Efendi H
latihan dan pengembangan dapat didefinisikan sebagai usaha yang terencana dari
organisasi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan pegawai.
Selanjutnya mariot Tua menambahkan pelatihan dan pengembangan merupakan dua
konsep yang sama, yaitu untuk meningkatkan pengetahuan,
keterampilan dan kemampuan (2). Tetapi, dilihat dari
tujuannya, umumnya kedua konsep tersebut dapat dibedakan. Pelatihan lebih
ditekankan pada peningkatan kemampuan untuk malakukan pekerjaan yang spesifik
pada saat ini, dan pengembangan lebih ditekankan pada peningkatan pengetahuan
untuk melakukan pekerjaan pada masa yang akan datang (3).
Tujuan Pelatihan
Memutakhirkan
keahlian seorang individu sejalan dengan perubahan teknologi.
Melalui
pelatihan, pelatih (trainer) memastikan bahwa setiap individu dapat secara
efektif menggunakan teknologi-teknologi baru.
Mengurangi
waktu belajar seorang individu baru untuk menjadi kompeten dalam pekerjaan.
Membantu
memecahkan persoalan operasional.
Mengorientasikan
setiap individu terhadap organisasi
Tujuan
Pengembangan
Meningkatkan produktivitas.
Meningkatkan mutu tenaga kerja
Meningkatkan ketepatan dalam perencanaan
SDM
Meningkatkan semangat kerja: Suatu
rangkaian reaksi positif dapat dihasilkan dari program pelatihan perusahaan
yang direncanakan dengan baik.
Menarik dan menahan tenaga kerja yang
baik
Menjaga kesehatan dan keselamatan kerja
Penentuan Kebutuhan Pelatihan dan pengembangan
Menunjang pertumbuhan pribadi (personal
growht
Adalah lebih sulit untuk menilai kebutuhan-kebutuhan pelatihan bagi para
pekerja yang ada daripada mengorientasikan para pegawai yang baru. Dari satu
segi kedua-duanya sama. Tujuan penentuan kebutuhan pelatihan ini adalah untuk
mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang relevan guna mengetahui dan
atau/menentukan apakah perlu atau tidaknya pelatihan dalam organisasi tersebut.
Dalam tahapan ini terdapat
tiga macam kebutuhan akan pelatihan yaitu:
- General treatment need, yaitu penilaian kebutuhan pelatihan bagi semua pegawai dalam suatu klasifikasi pekerjaan tanpa memperhatikan data mengenai kinerja dari seseorang pegawai tertentu.
- Oversable performance discrepancies, yaitu jenis penilaian kebutuhan pelatihan yang didasarkan pada hasil pengamatan terhadap berbagai permasalahan, wawancara, daftar pertanyaan, dan evaluasi/penilaian kinerja, dan dengan cara meminta para pekerja untuk mengawasi sendiri hasil kerjanya sendiri.
- Future human resources neeeds, yaitu jenis keperluan pelatihan ini tidak berkaitan dengan ketidak sesuaian kinerja, tetapi Iebih berkaitan dengan sumberdaya manusia untuk waktu yang akan datang.
Syarat - Syarat Pelatih Dalam Pengembangan
Seorang pelatih atau instruktur hendaknya memiliki syarat- syarat tertentu
agar supaya bisa berhasil dalam melakukan pengembangan terhadap karyawan,
diantaranya yaitu:
- Teaching Skills , seorang pelatih harus mempunyai kecakapan intuk mendidik atau mengajarkan, membimbingkan, memberi petunjuk, dan mentransfer pengetahuannyakepada peserta pengembangan. Ia harus dapat memberikan semangat, membina dan mengembaangkan agar peserta mampu untuk bekerja mandiri serta dapat menumbuhkan kepercayaan pada dirinya
- Comunications skills, seorang pelatih harus mempunyai kecakapan komunikasi baik lisan, maupun tulisan secara efektif. Jadi suaranya jelas, tulisannya baik, dan kata-katanya mudah dipahami peserta pengembangan
- Personality autholity, seorang pelatih harus memiliki kewibawaan terhadap peserta pengembangan. Ia harus berperilaku baik, sifat, dan kepribadiannya disenangi, kemampuan dan kecakapannya diakui
- Social skills, seorang pelatih harus mempunyai kemahiran dalam bidang sosial agar terjamin kepercayaan dan kesetiaan dari para peserta pengembanga. Ia harus suka menolong, obyektif, dan senang jika anak didiknya maju serta dapat menghargai pendapat orang lain
- Technical competent, seorang pelatih harus berkemampuan teknis, kecakapan teoritis, dan tangkas dalam mengambil suatu keputussan
- Stabilitas esmosi, seorang pelatih tidak boleh berprasangkajelek terhadap anak didiknya, tidak boleh cepar marah, mempunyai sifat kepapakan, keterbukaan, tidak pendendam, serta memberi nilai yang objektif
Evaluasi Efektifitas Pelatihan dan Pengembangan
Program pelatihan dan pengembangan bisa dievaluasi berdasarkan informasi
yang bisa diperoleh pada lima tingkatan:
- Reactions: Ukuran mengenai reaksi ini didesain untuk mengetahui opini dari para peserta pada beberapa alasan utama, seperti: untuk mengetahui sejauh mana para peserta merasa puas dengan program untuk maksud diadakannya bebrapa revisi atas program pelatihan, untuk menjamin agar para peserta yang lain bersikap represif untuk mengikuti program pelatihan.
- Learning: Informasi yang ingin diperoleh melalui jenis evaluasi ini adalah mengetahi seberapa jauh para peserta menguasai konsep-konsep, pengetahuan, keterampilan-keterampilan yang diberikan selama pelatihan.
- Behaviors: Perilaku dari para peserta, sebelum dan sesudah pelatihan, dapat dibandingkan guna mengetahui tingkat pengaruh pelatihan terhadap perubahan performansi mereka. Langkah ini penting karena sasaran dari pelatihan adalah untuk mengubah perilaku atau performansi para peseerta pelatihan setelah diadakan program pelatihan.
- Organizational result: tujuan dari pengumpulan informasi pada level ini adalah untuk menguji dampak pelatihan terhadap kelompok kerja atau organisasi secara keseluruhan. mengenai program pelatihan. Usaha untuk mendapatkan opini para peserta tentang pelatihan ini, terutama didasarkan
- Cost effectivity: ini dimaksudkan untuk mengetahui besarnya biaya yang dihabiskan bagi program pelatihan, dan apakah besarnya biaya untuk pelatihan tersebut terhitung kecil atau besar dibandingkan biaya yang timbul dari permasalah yang dialami oleh organisasi.
Kendala - Kendala Pelatihan dan Pengembangan
Kendala pengembangan (development) yang
dilaksanakan selalu ada dan kita harus berusaha membanahi pengaruh
kendala-kendala tersebut. Kendala- kendala pengembangan akan menghambat
lancarnya pelaksanaan latihan dan pendidikan sehingga sasaran yang tercapai
kurang memuaskan. Kendala- kendala pengembangan berkaitan dengan peserta,
pelatih atau anstruktur, fasilitas pengembangan, kurikulum, dan dana
pengembangan.
Peserta pengembangan dan latihan mempunyai latar belakang yang tidak
sama, atau heteroge, seperti pendidikan dasarnya, pengalaman kerjanya, dan
usianya. Hal ini akan menyulitkan dan menghambat kelancaran pelaksanaan latihan
dan pendidikan karena daya tangkap, persepsi, dan daya nalar mereka terhadap
pelajaran yang diberikan berbeda
Pelatih atau instruktur yang ahli dan cakap mentransfer pengetahuannyakepada
para peserta latihan dan pendidikan sulit didapat. Akibatnya sasaran yang
diinginkan tidak tercapai. Misalnya, ada pelatih yang ahli dan pintar tetapi
tidak dapat mengajar dan berkomunikasi secara efektif atau teaching skill– nya tidak efektif, jadi dia hanya
pintar serta ahli untuk dirinya sendiri
Fasilitas pengembangan dan prasarana yang dibutuhkan untuk latihan dan
pendidikan sangat kurang atau tidak baik. Misalnya buku- buku atau alat-alat
dan mesin- mesin, yang akan digunakan untuk praktek kurang atau tidak ada. Hal
ini akan menyulitkan dan menghambat lancarnya pengembangan dan pelatihan
bersangkutan, untuk menetapkan kirikulum dan waktu mengajarkannya yang tepat
sangat sulit
Dana pengembangan, dana yang tersedia untuk pengembangan sangat terbata,
sehingga seringdilakukan secara terpaksa, bahkan pelatih maupun sarananya
kurang memenuhi persyaratan yang dibutuhkan
Kurikulum yang ditetapkan dan diajarkan kurang serasi atau menyimpang serta
tidak sistematis untuk mendukung sasaran yang diinginan oleh pekerjaanatau
jabatan peserta
Kesimpulan
Proses tahapan
pengembangan dan pelatihan yang diterapkan perlu diukur apakah baik atau tidak.
Pengembangan dan pelatihan dapat dikatakan baik jika mencapai sasaran sesuai
yang diinginkan, yaitu dapat meningkatkan kualitas karyawan dalam mengerjakan
pekerjaanya. Dengan pengukuran ini kita dapan menarik kesimpulan apa perlu
diganti atau hanya perlu disempurnakan saja. Indikator – indikator pengembangan
dan pelatihan SDM yang diterapkan antara lain, sebagaimana berikut:
Prestasi kerja
karyawan, apabila prestasi kerja atau
produktifitas kerja karyawan setelah mengikuti pengembangan dan pelatihan, baik
kualitas maupun kuantitas kerjanya meningkat maka berarti pengembangan dan
pelatihan yang dilakukan cukup baik, tetapi jika prestasi kerjanya tetap, maka
pengembangan dan pelatihan yanag dilakukan kurang baik dan perlu adanya
perbaikan
Kedisiplinan karyawan,
jika kedisiplinan karyawan setelah mengikuti pengembangan dan pelatihan semakin
baik, maka pengembangan dan pelatihan yang dilakukan tersebut sudah baik, akan
tetapi jika kedisiplinan tidak meningkat berarti pengembangan dan pelatihan
yang dilakukan kurang baik
Absensi karyawan,
kalau absensi karyawan setelah mengikuti pengembangan dan pelatihan meningkat
maka pengembangan dan pelatihan yang dilakukan tersebut sudah baik.
Tingkat kerusakan
produksi, alat mesin, setelah karyawan mengikuti
pengembangan dan pelatihan berkurang maka pengembangan dan pelatihan yang
dilakukan tersebut sudah baik, sebaliknya jika tetap maka maka pengembangan dan
pelatihan kurang baik
Tingkat kecelakaan
karyawan harus berkurang setelah mereka
mengikuti program pengembangan dan pelatihan, jika tidak berkurang berarti
pengembangan dan pelatihan yang dilakukan perlu disempurnakan lagi.
Pemborosan bahan
baku, tenaga, dan waktu, berkurang atau efisiensi
semakin baik maka pengembangan dan pelatihan yang dilakukan sudah baik,
sebaliknya jika tetap berarti pengembangan dan pelatihan yang dilakukan itu
kurang baik.
Tingkat kerjasama
karyawan harus semakin serasi, harmonis, dan baik
setelah mereka mengikuti pengembangan dan pelatihan, jika tidak ada perbaiakan
kerjassama maka pengembangan dan pelatihan yang dilakukan itu kurang baik.
Tingkat upah insentif
karyawan meningkat setelah mengikuti pengembangan
maka pengembangan dan pelatihan yang dilakukan itu baik, sebaliknya jika tetap
maka pengembangan dan pelatihan itu kurang baik.
Prakarsa karyawan
harus meningkat setelah mengikuti pengembangan dan
pelatihan, jika tidak meningkat atau tetap berarti pengembangan dan pelatihan
kurang baik. Dalam hal ini karyawan diharapkan dapat bekerja mandiri serta bisa
mengembangkan kreatifitasnya
Kepemimpinan atau
keputusan- keputussan yang ditetapkan oleh manajer setelah dia mengikuti
pengembangan dan pelatihan harus semakin baik, kerjasama semakin serasi,
sasaran yang dicapai semakin besar, ketegangan- ketegangan berkurang serta
kepuasan kerja karyawan meningkat , kalau hal di atas tercapai maka pengembangan
dan pelatihan yang dilakukan baik, sebaliknya jika hal diatas tidak tercapai
berarti pengembangan dan pelatihan yang dilakukan kurang baik
Daftar Pustaka
- http://download.portalgaruda.org/article.php?article=108396&val=1021&title=PENGARUH%20PELATIHAN%20DAN%20PENGEMBANGAN%20KARYAWAN%20TERHADAP%20PRODUKTIVITAS%20KERJA%20KARYAWAN%20(Studi%20Pada%20PT.%20Air%20Manado)
- Mariot Tua Efendi H, Manajemen Sumber Daya Manusa:pengadaan, pengembangan, pengkompensasian, dan peningkatan produktivitas pegawai, (Jakarta: Grasindo Widiasarana Indonesia, 2005)
- Nailasuhada-m.blogspot.com/…/pelatihan-dan-pengembangan-sumberdayamanusia, diakses 30 September 2016
@A18 - NOVENA KARINA PUTRI
ReplyDeleteSecara keseluruhann artikel isi materinya sudah lengkap namun seharusnya daftar pustaka untuk point 2 masih salah. Seharusnya penulisan sesuai dengan peraturan EYD. dan untuk daftar pustaka point 1 lebih baik ditulis tanggal aksesnya ..