Friday, March 18, 2016

Pengertian Rekrutmen dan Seleksi



Pendahuluan

            Memilih calon karyawan tidaklah mudah, apalagi mencari calon karyawan yang berpengalaman dan memiliki harga atau gaji yang yang tidak terlalu tinggi, naka perusahaan – perusahaan biasanya melakukan proses rekrutmen yang berbeda.
Dari sini ( proses rekrutmen dan seleksi ) dapat memilih calon karyawan yan benar – benar berpotensi. Agar mengetahui calon karyawan yang berpotensi biasanya perusahaan pada waktu memilih di taruhkan catatan pada lowongan kerja “mengutamakan orang berpengalaman”, dari situ perusahaan dapat mengurangi pembengkakan dana untuk training.
Pengertian Rekrutmen dan dan seleksi
            Rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari calon kandidat untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di perusahaan atau organisasi.
            Seleksi adalah suatu proses menemukan tenaga kerja yang tepat dari sekian banyak kandidat calon yang ada.
Perbedaan Rekrutmen dan Seleksi
            Rekrutmen dilakukan sebelum seleksi, dan biasanya rekrutmen dilakukan dengan memilih surat lamaran yang datang dari calon – calon pelamar, dengan melihat kelengkapan administrasinya.
            Seleksi dilakukan setelah rekrutmen berhasil, biasanya dilakukan dengan cara wawancara atau tes yang lainnya. Setelah itu berlanjut ke tahap berikutnya dengan cara training atau dapat langsung bekerja jika calon tersebut sudah berpengalaman di bidangnya.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.