Friday, March 18, 2016

Definisi dan Teknik Rekrutmen


Definisi Rekrutmen
Rekrutmen adalah serangkaian proses dalam penerimaan anggota baru dalam suatu organisasi atau perusahaan. Keberadaan rekrutmen diharapkan agar perusahaan memperoleh tenaga kerja yang berkualitas. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelangsungan dari suatu perusahaan.
Menurut Dunnette (1998:401), teori rekrutmen terdiri dari tiga hal yaitu, process variable, independent variable, dan dependent variable. Ketiga variabel ini akan saling berhubungan dan mempengaruhi dari proses rekrutmen .Process variable adalah suatu mekanisme dalam psikologi atau mekanisme lingkungan yang dianggap sebagai hal yang menentukan hasil dari bermacam-macam metode rekrutmen. Independent variable adalah suatu gambaran umum tentang praktik rekrutmen. Dependent variables adalah variabel atau faktor yang ada di dalam hasil proses rekrutmen.

Teknik Rekrutmen

Di dalam rekrutmen calon tenaga kerja dalam suatu perusahaan sendiri memang membutuhkan beberapa teknik yang harus diperhatikan, lalu apa saja teknik tersebut? Berikut ini adalah dua teknik rekrutmen yang perlu diperhatikan:
1. Teknik sentralisasi
Teknik ini merupakan sebuah teknik untuk rekrutmen yang mana dikelola oleh satu bagian dalam suatu perusahaan yang didasarkan dari departemen itu sendiri. Biasanya dilihat dari segi managementnya, namun bagi beberapa perusahaan teknik ini dinilai kurang begitu efektif. Hal tersebut karena memiliki beberapa kendala seperti tidak memiliki kontrol dan juga kendali dari rekrut ini. Dengan demikian mungkin saja nantinya tidak sesuai dengan kebutuhan dari pada separtemen atau bagian tersebut.
2. Teknik desentralisasi
Teknik ini merupakan teknik dalam merekrut calon tenaga kerja yang mana pengelolaannya diserahkan kepada masing – masing dari departemen yang membutuhkan tenaga kerja. Teknik ini sendiri memiliki tujuan untuk bisa mendapatkan calon tenaga kerja yang professional dan sesuai dengan standar bagian masing – masing.
Untuk beberapa perusahaan beranggapan bahwa teknik ini cukup efektif untuk dilakukan hal tersebut karena nantinya setiap bagian yang membutuhkan tenaga kerja akan dapat menilai setiap pelamar kerja tersebut dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari suatu departemen tersebut. Namun teknik ini juga memiliki beberapa kendala seperti pihak dari pusat tidak memiliki kontrol dari teknik ini sehingga pihak pusat tidak tahu menahu mengenai pelamar kerja tersebut.

Sumber:

Dunnette, M.D. & Hough, L.M. (Eds.). (1998). Handbook of Industrial and Organizational Psychology : Vol. 2. (2nd ed.). Mumbai: Jaico Publishing House.

Diakses pada Hari Jum’at, 18 Maret 2016 pada pukul 10:00 WIB

Anonym. Strategi Ampuh untuk Melakukan Rekrutmen Karyawan yang Kompetenhttp://ilmumanajemensdm.com/strategi-ampuh-untuk-melakukan-rekrutmen-karyawan-yang-kompeten/
Diakses pada Hari Jum’at, 18 Maret 2016 pada pukul 11:48 WIB



1 comment:

  1. Ayo Cobain Sensasi Bermain Promo Freechip Tanpa Deposit... Join Disini Sekarang Kumpulan Berbagai Macam Permainan Taruhan Online Terbaik, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.










    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.