Thursday, March 17, 2016

Rekrutmen

Pengertian Rekrutmen
Setelah  suatu  perusahaan  mempunyai  gambaran  tentang  hasil  analisis  pekerjaan dan  rancang  pekerjaan  yang  sesuai  dengan  kebutuhan  dan  tujuan  perusahaan, maka tugas departemen SDM adalah mengisi jabatan dengan SDM yang cocok dan berkualitas  untuk  pekerjaan  itu.  Pengisian  jabatan-jabatan  dengan  SDM  yang mempunyai  pengetahuan  dan  keahlian  serta  sikap  mental  yang  sesuai  dengan persyaratan yang ditentukan termasuk salah satu kunci keberhasilan usaha. Dengan SDM  yang  dapat  menjalankan  berbagai  fungsinya  akan  menghasilkan  kinerja perusahaan  yang  memberikan  manfaat  bagi  perusahaan,  masyarakat  dan  para karyawan  itu  sendiri.  Salah  satu  fungsi  MSDM  yang  khusus  mendapatkan  calon- calon karyawan untuk kemudian diseleksi mana yang paling baik dan paling sesuai dengan  persyaratan  yang  diperlukan  salah  satunya  melalui  recruitment.  Semuanya ini menjadi tugas dan tanggung jawab utama dari departemen SDM. 

Tujuan Rekrutmen
Rekrutmen adalah serangkaian kegiatan yang dimulai ketika sebuah perusahaan atau  organisasi  memerlukan  tenaga  kerja  dan  membuka  lowongan  sampai mendapatkan  calon  karyawan  yang  diinginkan/kualified  sesuai  dengan  jabatan atau lowongan yang ada. Dengan demikian, tujuan rekrutmen adalah menerima pelamar  sebanyak-banyaknya  sesuai  dengan  kualifikasi  kebutuhan  perusahaan dari  berbagai  sumber,  sehingga  memungkinkan  akan  terjaring  calon  karyawan dengan kualitas tertinggi dari yang terbaik.
 
Proses dan Sumber Rekrutmen
Rekrutmen dapat juga dengan strategi (Mathis and Jackson: 2003). Selain itu, perlu diselaraskan rencana kegiatan yang diinginkan dan juga kebutuhan khusus  yang  ditentukan  oleh  para  perusahaan,  maka  berdasarkan  analisis  pekerjaan dan  permintaan  para  manajer  yang  membutuhkan  itulah  para  rekruter  akan mengidentifikasi  lowongan  pekerjaan.  Setelah  lowongan  tersebut  teridentifikasi  maka rekruter  mempelajari  persyaratan  dengan  mereview  info  analisis  pekerjaan  yang khususnya  deskripsi/uraian  pekerjaan  dan  spesifikasi  tugas.  Dalam proses ini para rekruter akan menggunakan beberapa metode untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Dari sumber internal perusahaan, yakni SDM yang ditarik adalah berasal dari perusahaan/lembagaa  itu  sendiri.  Dengan  cara  ini  perusahaan  mencari  karyawan yang  ada  di  dalam  lingkungan  sendiri  untuk  ditempatkan  pada  posisi  tertentu. 

DAFTAR PUSTAKA
Tb. Sjafri Mangkuprawira., Dr., Ir., Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik, Ghalia Indonesia, 2003.
Achmad S. Rukky, Meningkatkan SDM yang berkualitas, 2003.
Simamora, Henry., Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, Penerbitan, STIE YKPN, 1995.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.