a. Manajemen
kinerja
Manajemen kinerja adalah sekumpulan cara yang digunakan oleh para
manajer guna menjamin bahwa aktivitas dan hasil kerja pegawai sesuai dengan
tujuan perusahaan atau organisasi pada umumnya.
Manajemen kinerja meliputi rangkaian proses perencanaan kinerja,
pengelolaan kinerja, penilaian kinerja dan penghargaan kinerja.
Penilaian kinerja dapat dilakukan oleh siapapun seperti supervisor menilai
bawahan secara realisits dan adil, karyawan menilai atasan, karyawan yang
saling menilai antar karyawan, dan juga karyawan dapat menilai dirinya sendiri
sebagai alat pengembangan diri.
Tujuan sistem manajemen kinerja antara lain sebagai berikut.
- Tujuan strategik. Dalam hal ini manajemen kinerja harus menghubungkan aktivitas karyawan dengan tujuan-tujuan organisasi. Untuk mencapai tujuan strategik ini, sistem yang haruslah fleksibel.
- Tujuan administratif. Dalam hal ini organisasi menggunakan informasi manajemen kinerja dalam banyak keputusan-keputusan administrasi seperti administrasi upah (kenaikan upah), promosi, pengakhiran kepemilikan, pemutusan kerja, dan pengakuan kinerja individu dan tujuan pengembangan.
- Mengembangkan karyawan yang berkinerja efektif dalam pekerjaannya. Ketika karyawan tidak berkinerja sebagaimana seharusnya, manajemen kinerja berusaha untuk meningkatkan kinerja mereka.
Adapaun tujuan pelaksanaan manajemen bagi manajer dan pegawai, antara lain sebagai berikut.
- Manajer
1) Mengurangi keterlibatan dalam semua hal
2) Menghemat waktu
3) Adanya ketentuan pendapat dan mengurangi kesalahpahaman diantara pegawai
- Pegawai
1) Membantu
para pegawai mengerti apa yang menjadi tanggung jawabnya
2) Mengembangkan
keahlian dan kemampuan baru
3) Memperoleh
pengalaman yang lebih baik mengenai pekerjaan dan tanggung jawab kerja mereka
4 kegiatan utama pada manajemen kinerja, antara lain sebagai berikut.
- Tujuan strategik => menghubungkan aktivitas karyawan dengan tujuan-tujuan organisasi
- Pengelolaan kinerja => kegiatan yang dilakukan untuk memastikan bahwa rencana dapat terlaksana dengan baik dan lancar seperti kegiatan pembinaan, konseling dan lainnya
- Penilaian kinerja => secara formal dilakukan untuk menilai seberapa jauh kesesuaian pelaksanaan kinerja yang telah disepakati
- Penghargaan kinerja => kegiatan memberikan penghargaan atas kinerja yang telah dicapai karyawan.
b. Penilaian
Kinerja
Menurut Riadi
(2020), Penilaian kinerja merupakan (performance appraisal) adalah suatu proses atau
kegiatan yang dilakukan oleh perorangan atau kelompok dalam sebuah perusahaan
untuk mengevaluasi dan mengomunikasikan bagaimana karyawan melakukan pekerjaan
dengan cara membandingkan hasil pekerjaannya dengan seperangkat standar yang
telah dibuat dalam suatu periode tertentu yang digunakan sebagai dasar
pertimbangan suatu kegiatan.
Riadi (2020) juga
menambahkan bahwa penilaian kinerja merupakan metode mengevaluasi dan
menghargai kinerja yang paling umum digunakan. Penilaian kinerja dilakukan untuk
memberi tahu karyawan apa yang diharapkan pengawas untuk membangun pemahaman
yang lebih baik satu sama lain. Penilaian kinerja menitik beratkan pada
penilaian sebagai suatu proses pengukuran sejauh mana kerja dari orang atau
sekelompok orang dapat bermanfaat untuk mencapai tujuan yang ada.
Adapun kriteria yang dilakukan dalam proses penilaian kinerja karyawan antara lain sebagai berikut.
- Hasil kerja individu. Jika hasil kerja adalah aspek kerja yang diutamakan pada jabatan, maka hasil kerja individu dapat dijadikan kriteria penilaian.
- Perilaku. Perilaku merupakan faktor penentu efektivitas kerja karyawan
- Traits. Karakteristik individu yang sering tampil dan menggambarkan tingkah laku individu.
Daftar Pustaka
Hidayat, Atep Afia dan Nur Qalby Nabila H. 2022. Manajemen Kinerja,
Untuk Unjuk Kerja Pegawai Dan Performa Perusahaan Yang Lebih Baik. Jakarta :
Kang Atep Afia Channel Youtube. Dalam https://youtu.be/M0XbK3CXoKM
Hidayat, Atep Afia dan Shazfa Zakirah Y. 2022. Penilaian Kinerja, Keputusan Penggajian dan Pengembangan Karir Karyawan. Jakarta : Kang Atep Afia Channel Youtube. Dalam https://youtu.be/he3_zsi3WlY
Riadi, Muchlisin. 2020. Penilaian Kinerja (Pengertian, Tujuan, Kriteria dan Metode). Manajemen. Dalam https://www.kajianpustaka.com/2020/03/penilaian-kinerja-pengertian-tujuan-kriteria-dan-metode.html
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.