Monday, May 8, 2023

Kuis 7 : Manajemen Kinerja Sebagai Penilaian Kinerja Bagi Karyawan

 

a.      Manajemen kinerja

Manajemen kinerja adalah sekumpulan cara yang digunakan oleh para manajer guna menjamin bahwa aktivitas dan hasil kerja pegawai sesuai dengan tujuan perusahaan atau organisasi pada umumnya.

Manajemen kinerja meliputi rangkaian proses perencanaan kinerja, pengelolaan kinerja, penilaian kinerja dan penghargaan kinerja.

Penilaian kinerja dapat dilakukan oleh siapapun seperti supervisor menilai bawahan secara realisits dan adil, karyawan menilai atasan, karyawan yang saling menilai antar karyawan, dan juga karyawan dapat menilai dirinya sendiri sebagai alat pengembangan diri.

 

Tujuan sistem manajemen kinerja antara lain sebagai berikut.

  1. Tujuan strategik. Dalam hal ini manajemen kinerja harus menghubungkan aktivitas karyawan dengan tujuan-tujuan organisasi. Untuk mencapai tujuan strategik ini, sistem yang haruslah fleksibel.
  2. Tujuan administratif. Dalam hal ini organisasi menggunakan informasi manajemen kinerja dalam banyak keputusan-keputusan administrasi seperti administrasi upah (kenaikan upah), promosi, pengakhiran kepemilikan, pemutusan kerja, dan pengakuan kinerja individu dan tujuan pengembangan.
  3. Mengembangkan karyawan yang berkinerja efektif dalam pekerjaannya. Ketika karyawan tidak berkinerja sebagaimana seharusnya, manajemen kinerja berusaha untuk meningkatkan kinerja mereka.

 

Adapaun tujuan pelaksanaan manajemen bagi manajer dan pegawai, antara lain sebagai berikut.

  • Manajer

1)      Mengurangi keterlibatan dalam semua hal

2)      Menghemat waktu

3)      Adanya ketentuan pendapat dan mengurangi kesalahpahaman diantara pegawai

  • Pegawai 

1)      Membantu para pegawai mengerti apa yang menjadi tanggung jawabnya

2)      Mengembangkan keahlian dan kemampuan baru

3)   Memperoleh pengalaman yang lebih baik mengenai pekerjaan dan tanggung jawab kerja  mereka

 

4 kegiatan utama pada manajemen kinerja, antara lain sebagai berikut.

  1. Tujuan strategik => menghubungkan aktivitas karyawan dengan tujuan-tujuan organisasi
  2. Pengelolaan kinerja => kegiatan yang dilakukan untuk memastikan bahwa rencana dapat terlaksana dengan baik dan lancar seperti kegiatan pembinaan, konseling dan lainnya
  3. Penilaian kinerja => secara formal dilakukan untuk menilai seberapa jauh kesesuaian pelaksanaan kinerja yang telah disepakati
  4. Penghargaan kinerja => kegiatan memberikan penghargaan atas kinerja yang telah dicapai karyawan.

 

b.      Penilaian Kinerja

Menurut Riadi (2020), Penilaian kinerja merupakan (performance appraisal) adalah suatu proses atau kegiatan yang dilakukan oleh perorangan atau kelompok dalam sebuah perusahaan untuk mengevaluasi dan mengomunikasikan bagaimana karyawan melakukan pekerjaan dengan cara membandingkan hasil pekerjaannya dengan seperangkat standar yang telah dibuat dalam suatu periode tertentu yang digunakan sebagai dasar pertimbangan suatu kegiatan.

Riadi (2020) juga menambahkan bahwa penilaian kinerja merupakan metode mengevaluasi dan menghargai kinerja yang paling umum digunakan. Penilaian kinerja dilakukan untuk memberi tahu karyawan apa yang diharapkan pengawas untuk membangun pemahaman yang lebih baik satu sama lain. Penilaian kinerja menitik beratkan pada penilaian sebagai suatu proses pengukuran sejauh mana kerja dari orang atau sekelompok orang dapat bermanfaat untuk mencapai tujuan yang ada.

Adapun kriteria yang dilakukan dalam proses penilaian kinerja karyawan antara lain sebagai berikut.

  • Hasil kerja individu. Jika hasil kerja adalah aspek kerja yang diutamakan pada jabatan, maka hasil kerja individu dapat dijadikan kriteria penilaian.
  • Perilaku. Perilaku merupakan faktor penentu efektivitas kerja karyawan
  • Traits. Karakteristik individu yang sering tampil dan menggambarkan tingkah laku individu.   

 

Daftar Pustaka

Hidayat, Atep Afia dan Nur Qalby Nabila H. 2022. Manajemen Kinerja, Untuk Unjuk Kerja Pegawai Dan Performa Perusahaan Yang Lebih Baik. Jakarta : Kang Atep Afia Channel Youtube. Dalam https://youtu.be/M0XbK3CXoKM

Hidayat, Atep Afia dan Shazfa Zakirah Y. 2022. Penilaian Kinerja, Keputusan Penggajian dan Pengembangan Karir Karyawan. Jakarta : Kang Atep Afia Channel Youtube. Dalam https://youtu.be/he3_zsi3WlY

Riadi, Muchlisin. 2020. Penilaian Kinerja (Pengertian, Tujuan, Kriteria dan Metode). Manajemen. Dalam https://www.kajianpustaka.com/2020/03/penilaian-kinerja-pengertian-tujuan-kriteria-dan-metode.html

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.