Wednesday, May 10, 2023

Kuis 8 : Budaya Organisasi Sebagai Dasar Perkembangan Suatu Organisasi

    


    Budaya organisasi dapat didefinisikan sebagai perangkat sistem nilai-nilai (values), keyakinan-keyakinan, asumsi-asumsi atau norma-norma yang telah lama berlaku, disepakati, dan diikuti oleh para anggota suatu organisasi sebagai pedoman perilaku dan pemecahan masalah-masalah organisasinya.

    Adapun fungsi dan tujuan budaya organisasi, diantaranya:

  1. Budaya memiliki peran sebagai pembeda antar satu organisasi dengan organisasi yang lain
  2. Budaya organisasi memberikan identitas bagi anggota organisasi
  3. Budaya organisasi mampu mempermudah munculnya komitmen organisasi bagi para anggotanya
  4. Meningkatkan kemantapan sistem sosial sebagai perekat yang membantu mempersatukan komponen organisasi.
  5. Sebagai mekanisme pembuat makna dan kendali yang memandu dan membentuk sikap serta perilaku para anggotanya.
    Adapun peran dan kontribusi pemimpin dalam membangun budaya organisasi, terdapat 4 fase, diantaranya:

  1. Fase Pendirian => Pemimpin sebagai penggerak organisasi
  2. Fase Pembentukan => Pemimpin sebagai pencipta budaya
  3. Fase Pemeliharaan => Pemimpin sebagai pemelihara budaya
  4. Fase Perubahan => Pemimpin sebagai agen perubahan 
    Manfaat budaya organisasi bagi para anggota dan organisasi keseluruhan, diantaranya:

  1. Membatasi peran yang membedakan antara organisasi yang satu dengan yang lain
  2. Menimbulkan rasa memiliki identitas bagi para anggota organisasi
  3. Mementingkan tujuan bersama daripada mengutamakan kepentingan individu
  4. Menjaga stabilitas organisasi  

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.