Monday, May 8, 2023

KUIZ 7: MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DALAM SEBUAH ORGANISASI ATAU PERUSAHAAN

 Oleh: Waskito Sandy Utomo (@AA09-waskito)


Abstrak

Artikel ini dibuat untuk mengetahui bagaimana cara kita dalam meningkatkan kinerja dalam perusahaan. Dimana kinerja merupakan hasil atau tingkat keberhasilan seseorang secara keseluruhan selama periode tertentu di dalam melaksanakan tugas dibandingkan dengan berbagai kemungkinan, seperti standar hasil kerja, target atau sasaran atau kriteria yang telah ditentukan terlebih dahulu dan telah disepakati bersama. Adapun informasi yang saya dapatkan dari internet tentang kinerja ini. Salah satunya video dari channel KANG ATEP AFIA, dalam video menjelaskan tentang manajemen kinerja dan manajemen sumber daya manusia.

Keywords: artikel,kinerja,hasil kerja

Abstract

This article was created to find out how we can improve performance in the company. Where performance is the result or level of success of a person as a whole during a certain period in carrying out tasks compared to various possibilities, such as work standards, targets or goals or criteria that have been determined in advance and have been mutually agreed upon. As for the information I got from the internet about this performance. One of them is a video from the KANG ATEP AFIA channel, in the video explaining performance management and human resource management.

Keywords: articles,performance,work results

 

Pendahuluan

Latar Belakang

            Berkembangnya sebuah organisasi tidak terlepas oleh adanya sebuah kinerja, sebuah keseharusan bagi setiap karyawan untuk mencapai kinerja yang baik agar tujuan utama dari perusahaan dapat tercapai, hal ini tentu tidak lepas dari kualitas dan kapasitas karyawan dalam melakukan sebuah pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawabnya.

Permasalahan

1.     Apa itu kinerja?

2.     Bagaimana cara meningkatkan kinerja karyawan?

3.     Mengapa berkurangnya kinerja karyawan?

Tujuan

1.     Mengetahui apa itu kinerja.

2.     Tahu cara meningkatkan kinerja karyawan.

3.     Mengetahui penyebab berkurangnya kinerja karyawan.

 

Solusi dan Pembahasan

A.    Kinerja

            Menurut Riniwati (2016) kinerja adalah proses tingkah laku orang dalam melakukan pekerjaan yang menghasilkan sebuah pemikiran atau produk dalam mencapai tujuan yang dia kerjakan. Oleh karena itu guna memenuhi kepentingan tujuan yang ingin dicapai baik oleh perusahaan maupun karyawan maka perlu adanya penilaian kinerja, dalam penilaian kerja terdapat komponen yang harus dipenuhi. Untuk mencapai kinerja, sumber daya manusia menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam mempengaruhi proses berjalannya sebuah organisasi.

            Sedangkan menurut Kasmir (2016) Kinerja adalah hasil kerja dan perilaku kerja yang telah dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas dan tanggung jawab yang diberikan dalam suatu periode tertentu.

            Dalam sebuah organisasi atuapun perusahaan di dalamnya terdapat yang namanya manajemen kinerja. Menurut Wibowo (2017) Manajemen kinerja merupakan gaya manajemen yang dasarnya adalah komunikasi terbuka antara manajer dan karyawan yang menyangkut penetapan tujuan, memberikan umpan balik baik dari manajer kepada karyawan maupun sebaliknya.

            Sedangkan dalam video KANG ATEP AFIA mengatakan manajemen kinerja adalah sekumpulan cara yang digunakan oleh para manajer guna menjamin bahwa aktivitas dan hasil kerja pegawai sesuai dengan tujuan perusahaan atau organisasi pada umumnya.

B.    Meningkatkan Kinerja Karyawan

            Dalam artikel yang dibuat oleh Adi Mulyadi dan Ranthy Pancasasti mengatakan Kinerja karyawan adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarakan atas kecakapan, pengalaman, dan kesungguhan serta waktu. Kinerja adalah mengenai kegiatan pekerjaan dan juga output yang dihasilkan dari aktivitas pekerjaan tersebut. Indikator-indikator bisa dipergunakan mengukur tingkat pencapaian kinerja karyawan sebagai berikut:

1.     Kualitas kerja

2.     Kuantitas kerja

3.     Ketepatan waktu

4.     Efektivitas

5.     Kemandirian

            Agar tercapainya suatu tujuan dari perusahaan maka perusaahan tersebut juga akan meningkatkan kinerja para karyawannya tersebut agar memudahkan perusahaan dalam mencapai tujuan. Berikut cara meningkatkan kinerja karyawan:

1.     Motivasi

Memberikan motivasi merupakan Langkah awal dalam meningkatkan kinerja. Ketika motivasi kerja para karyawan sudah meningkat, maka secara otomatis dapat membuat semangat dan rasa optimis dalam diri untuk dapat bekerja lebih giat, keras dan menghasilkan sesuatu untuk perusahaan juga muncul.

2.     Reward

Reward atau bonus merupakan hadiah dalam bentuk uang yang diberikan kepada pekerja setelah dia mencapai hasil melebihi target yang ditentukan secara terus menerus. Oleh karena itu, untuk dapat meningkatkan performa dan kinerja seorang karyawan, maka pemberian bonus atau reward seperti ini jangan sampai dilupakan.

3.     Kedekatan secara profesional atau personal

Dalam hal ini bukan berarti kedekatan antara pekerja dan atasan yang berbeda jenis kelamin, melainkan kedekatan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan dalam satu perusahaan.Dengan terjalinnya rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang erat dalam satu perusahaan, maka secara otomatis hal tersebut dapat mendorong munculnya semangat untuk bekerja lebih baik dan giat.

4.     Training

Dengan pemberian training ini, maka diharapkan dapat dapat menumbuhkan sisi motivasi kerja dan keterampilan para karyawan yang nantinya dapat diaplikasikan saat dia kembali bekerja di perusahaan.

5.     Pendidikan

Dipercaya atau tidak, kinerja seseorang juga dipengaruhi oleh tingkat pendidikan yang dimiliki. Oleh karena itu, jika menginginkan kinerja baik dari para pekerja, maka faktor pendidikan juga harus diperhatikan.

6.     Fasilitas dan Prasarana

Fasilitis dan sarana prasarana yang dimiliki suatu perusahaan juga berpengaruh terhadap kinerja para karyawan. Maka perhatikan hal yang simple, seperti pemberian fasilitas dan prasarana yang layak kepada karyawan, sebelum menuntut kinerja dan hasil yang baik dari mereka.

7.     Suasana Kerja

Satu hal sepele lainnya yang mempengaruhi kinerja adalah suasana kerja, memberikan suasana kerja yang baik tempat kerja yang sangat enak, nyaman, tenang dan kondusif akan memberikan hasil yang baik.

8.     Bebas Kreatif

Dengan kreativitas yang dapat dilakukan dengan bebas, maka seseorang akan lebih mudah mencurahkan apa yang dia inginkan sesuai job desk yang ditekuni selama ini.

            Memang tidak semua dari ke-8 poin tersebut dapat Anda aplikasikan dalam ruang lingkup pekerjaan di perusahaan, namun setidaknya ada beberapa yang dapat digunakan untuk dapat meningkatkan kinerja dan performa para karyawan.

C.    Berkurangnya Kinerja Karyawan

          Banyaknya pekerjaan yang diberikan perusahaan yang menuntut karyawan terus menerus bekerja dan bertaut di gedung perkantoran akan menjadi pemicu stres kerja. Dalam artikel Tia Afrianty dan teman-temannya stres kerja merupakan faktor yang dapat menyebabkan karyawan tertekan dan merasa kondisi tidak nyaman, tertekan dalam bekerja. Karyawan membutuhkan sejumlah tekanan untuk menjadi yang lebih baik. Namun, masalah muncul ketika sumber tekanan menjadi terlalu sering tanpa waktu untuk pulih, atau ketika hanya satu sumber tekanan terlalu besar dan tidak bisa untuk mengatasi.

          Menurut Robbins (2013:595) berpendapat stres sebagai suatu kondisi dinamik yang didalamnya seorang individu dikonfrontasikan dengan suatu peluang (opportunity) kendala (contrains) atau tuntutan (demand) yang dikaitkan dengan apa yang diinginkannya dan yang dihasilkan dipersepsikan sebagai tidak penting dan tidak pasti.

      Stres Kerja antara lain disebabkan oleh adanya tugas dan sasaran yang tidak jelas, adanya wewenang yang tidak jelas dalam pekerjaan, pekerjaan yang berlebihan, tuntutan perusahaan yang diberikan tidak sesuai kemampuan karyawan, tidak ada dukungan dari rekan kerja. Hubungan Stres dengan kinerja dapat mengakibatkan dampak positif dan negatif terhadap karyawan. Pada saat tingkat stres yang dialami karyawan rendah dan tidak ada stressor sama sekali, karyawan akan cenderung berkerja pada tingkat prestasi yang akan dicapai. Stres dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi atau dorongan seseorang untuk meningkatkan kinerja. Ketika stres mengalami peningkatan sampai tingkat yang tinggi, kinerja akan semakin menurun.

 

Kesimpulan dan Saran

         kinerja adalah proses tingkah laku orang dalam melakukan pekerjaan yang menghasilkan sebuah pemikiran atau produk dalam mencapai tujuan yang dia kerjakan. Manajemen kinerja merupakan gaya manajemen yang dasarnya adalah komunikasi terbuka antara manajer dan karyawan yang menyangkut penetapan tujuan, memberikan umpan balik baik dari manajer kepada karyawan maupun sebaliknya.

         Agar tercapainya suatu tujuan dari perusahaan maka perusaahan tersebut juga akan meningkatkan kinerja para karyawannya tersebut agar memudahkan perusahaan dalam mencapai tujuan. stres kerja merupakan faktor yang dapat menyebabkan karyawan tertekan dan merasa kondisi tidak nyaman, tertekan dalam bekerja.

        Saran saya sebagai penulis, jika kita atasan dalam sebuah perusahaan atau organisasi perhatikanlah para karyawan yang berkerja, jangan sampai mereka kehilangan motivasi kerja. Berilah meraka bonus atau pengehargaan agar mereka menjadi lebih terpacu dalam bekerja. Dan sebagai karyawan bekerjalah sebaik mungkin agar kita dapat menerima reward yang baik pula.

 

Daftar Pustaka

Afrianty Tia Purnamasari, Hamidah Nayati Utami, Mohammad Iqbal. 2015. Pengaruh Faktor Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Plasa Telkom Group Malang). Jakarta: Universitas Brawijaya. Dalam http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=285521&val=6468&title=PENGARUH%20FAKTOR%20STRES%20KERJA%20TERHADAP%20KINERJA%20KARYAWAN%20Studi%20Pada%20Karyawan%20Plasa%20Telkom%20Group%20Malang (Di akses pada 07 Mei 2023).

Atep Kang Afia. 2022. Manajemen Kinerja, Untuk Unjuk Kerja Pegawai dan Performa Perusahaan yang Lebih Baik (#OMPI-MSDM008). Jakarta: Universitas Mercu Buana. Dalam https://youtu.be/M0XbK3CXoKM (Di Tonton Pada 07 Mei 2023).

Lastri Puji T. Sihombing, Maria Ulfa Batoebara. 2019. Strategi Peningkatan Kinerja Karyawan dalam Pencapaian Tujuan Perusahaandi CV Multi Baja Medan. Medan: Universitas Dharmawangsa. Dalam http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/article/download/1241/1039 (Di akses pada 07 Mei 2023).

Mulyadi Adi, Ranthy Pancasasti. 2022. Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan Melalui Motivasi. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dalam https://ijc.ilearning.co/index.php/TMJ/article/download/1754/609 (Di akses pada 07 Mei 2023).

Rivaldo Yandra. 2022. Monograf Peningkatan Kinerja Karyawan. Purbalinnga: EUREKA MEDIA AKSARA. Dalam https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/410788-monograf-peningkatan-kinerja-karyawan-55c282de.pdf (Di akses pada 07 Mei 2023)



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.