Thursday, May 25, 2023

Kuis 10 : Jiwa Kepemimpinan Dalam Berorganisasi

 Oleh : Nanda Putri Utami (41621010015)

Abstrak

Artikel ini membahas tentang pentingnya jiwa kepemimpinan dalam suatu organisasi. Artikel ini menjelaskan tentang pengertian kepemimpinan menurut para ahli, unsur-unsur terkait kepemimpinan, fungsi- fungsi kepemimpinan dan jenis keputusan seorang pemimpin. Dengan membaca artikel ini, diharapkan pembaca dapat memahami arti kepemimpinan secara garis besarnya dan mengerti bahwa kepemimpinan sangat penting dalam suatu organisasi untuk dapat mencapai tujuan bersama

Kata kunci: kepemimpinan, unsur kepemimpinan

 

Abstact

This article discusses the importance of leadership in an organization. This article explains the definition of leadership according to experts, elements related to leadership, leadership functions and types of decisions of a leader. By reading this article, it is hoped that readers can understand the meaning of leadership in general and understand that leadership is very important in an organization to achieve common goals.

Keywords: leadership, elements of leadership

 

Pendahuluan

Dalam membangun suatu organisasi harus memiliki seorang pemimpin yang dapat menjalankan organisasinya untuk mencapai tujuan yang disepakati bersama. Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat operasional atau teknis, kemampuan untuk bekerjasama dengan para bawahan dan membangun tim kerja dengan pendekatan kemanusiaan dan kemampuan untuk menyusun konsep atau berpikir dan mengungkapkan pikirannya. Bila dalam mengelola suatu organisasi tidak ada pemimpin, makan akan terjadi kekacauan dan keracunan dalam pembagian tugas-tugas yang mengakibatkan kebangkrutan.

Peran seorang pemimpin pada organisasi sangat penting dikarenakan adanya pimpinan dapat menjadi salah satu ujung tombak dari kesuksesan pada organisasi. Tanpa adanya seorang pemimpin dalam organisasi tidak akan dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya sebab tidak ada yang memimpin dan mengarahkan organisasi tersebut. Sehingga keahlian seseorang sangat diperlukan dalam memimpin suatu organisasi, namun apabila keahlian seseorang tidak dapat memenuhi kategori untuk menjadi pemimpin maka orang tersebut harus dapat mengembangkan dirinya agar mampu berlatih dan belajar untuk menjadi pemimpin.

 

Rumusan masalah

Adapun rumusan masalah yang diambil dari uraian pendahuluan di atas, antara lain:

  1. Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan?
  2. Apa penyebab dari lahirnya kepemimpinan?
  3. Unsur-unsur apa saja dalam kepemimpinan?
  4. Apa fungsi-fungsi dari kepemimpinan?  

 

Tujuan

Berdasarkan rumusan masalah diatas, adapun tujuan pada penulisan ini, antara lain:

  1. Untuk mengetahui pengertian dari kepemimpinan secara umum
  2. Untuk mengetahui penyebab lahirnya jiwa kepemimpinan
  3. Untuk mengetahui unsur apa saja dalam sebuah kepemimpinan
  4. Untuk mengetahui fungsi pada kepemimpinan


Pembahasan

A. Pengertian Kepemimpinan

Adapun pengertian kepemimpinan menurut para ahli yang dikutip pada tulisannya oleh Abdi (2021), sebagai berikut. 

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian kepemimpinan adalah perihal pemimpin atau cara memimpin. Secara harfiah, kepemimpinan berasal dari kata dasar “pimpin” yang memiliki arti mengarahkan, membina, mengatur, menuntun, menunjukkan, atau memengaruhi. 
  • Sementara itu, Civitas akademika di Amerika Serikat menyebutkan pengertian kepemimpinan sebagai sebuah proses pengaruh sosial yang di dalamnya seseorang dapat melibatkan bantuan dan dukungan selainnya dalam usaha mencapai suatu tugas bersama. 
  • William G. Scott (1962). Pengertian kepemimpinan adalah proses memengaruhi kegiatan yang diselenggarakan dalam kelompok, dalam upaya mereka untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. 
  • Weschler dan Massarik (1961). Pengertian kepemimpinan adalah pengaruh antar pribadi, yang dijalankan dalam situasi tertentu, dan diarahkan melalui proses komunikasi, untuk mencapai tujuan tertentu. 
  • Rauch dan Behling (1984). Pengertian kepemimpinan adalah proses memengaruhi aktivitas kelompok yang terorganisir terhadap pencapaian tujuan. 
  •  P. Pigors (1935). Pengertian kepemimpinan adalah proses mendorong dan mendorong melalui interaksi yang berhasil dari perbedaan individu, pengendalian kekuatan seseorang dalam mengejar tujuan bersama. 
  • F. A. Nigro (1965). Pengertian kepemimpinan adalah cara khusus untuk memengaruhi aktivitas orang lain. 
  • Ordway Tead (1929). Pengertian kepemimpinan adalah temperamen merger yang membuat seseorang mungkin dapat mendorong beberapa orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan. 
  • Hemhill dan Coon (1995). Pengertian kepemimpinan adalah sikap individu yang memimpin berbagai kegiatan kelompok terhadap tujuan yang akan dicapai bersama-sama.


B. Lahirnya Kepemimpinan

Menurut Hafulyon (2012), penyebab lahirnya kepemimpinan sangat beragam, seperti membentuk diri sendiri yang disebut “self made man” yaitu kepemimpinan yang muncul karena kemampuan pada saat-saat yang penting atau situasi tertentu, dipilih oleh pengikut-pengikutnya, ditunjuk dari atas atau diangkat.

Terdapat tiga teori penyebab terjadinya lahirnya kepemimpinan, antara lain sebagai berikut.

  • Teori Genetis (heredity theory), Disebut “Leader are born not made”, seseorang menjadi pemimpin karena dilahirkan dengan bakat-bakat kepemimpinan, Secara filosofis pandangan ini tergolong pada pandangan fatalis atau determinatis. 

  • Teori Sosial, ini teori ekstrim inti ajarannya, “Leader are made and not born”. Jadi berlawanan dengan terori genetis, bahwa setiap orang bisa jadi pemimpin bila diberikan pendidikan dan pengalaman yang cukup. 

  • Teori Ekologis, sebagai reaksi kedua hal itu bahwa: seseorang hanya berhasil menjadi pemimpin yang baik bila ia pada waktu kelahirannya memiliki bakat-bakat kepemimpinan, bakat-bakat itu kemudian dikembangkan melalui pendidikan yang teratur dan pengalaman-pengalaman, yang memungkinkan untuk mengembangkan lebih lanjut bakat-bakat yang dimilikinya


C. Unsur-unsur Kepemimpinan

Menurut Ariyani (2021) kepemimpinan memiliki beberapa unsur, antara lain sebagai berikut. 

  • Adanya seseorang yang memimpin, yang disebut pemimpin (leader). 

  • Adanya orang yang dipimpin. 

  • Adanya kegiatan mengorganisir atau menggerakkan orang lain yang dilakukan dengan mempengaruhi, memotivasi, dan mengarahkan perasaan, pikiran dan tingkah laku. 

  • Ada tujuan yang hendak dicapai, baik yang dirumuskan secara sistematis maupun yang bersifat seketika. 

  • Berlangsung berupa proses didalam kelompok atau organisasi, baik besar dengan banyak maupun kecil dengan sedikit orang yang dipimpin.


D. Fungsi-fungsi Kepemimpinan

Adapun fungsi-fungsi kepemimpinan, antara lain sebagai berikut.

  • Fungsi Instruktif = Memberikan instruksi/perintah kepada anggota lainnya. Seorang pemimpin harus paham bagaimana memberi perintah tanpa membuat anggotanya merasa diperintah dan merasa tertekan sehingga dapat menjalankannya perintah dengan baik.   

  • Fungsi Konsultif = Berkomunikasi dua arah. Seorang pemimpin harus memiliki komunikasi antara pemimpin dan anggota lainnya sehingga proses pekerjaan dapat berjalan dengan baik. 

  • Fungsi Partisipasi = Melibatkan anggota dalam proses pengambilan keputusan. Seorang pemimpin tidak boleh mengambil keputusan sendiri tanpa mengajak serta para anggotanya. 

  • Fungsi Pengendalian = Seorang pemimpin harus membimbing, mengarahkan, mengkoordinasikan dan mengawasi para anggotanya bagaimana jalannya pelaksaan dari suatu tugas/perintah.    

 

Kesimpulan

Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat operasional atau teknis, kemampuan untuk bekerjasama dengan para bawahan dan membangun tim kerja dengan pendekatan kemanusiaan dan kemampuan untuk menyusun konsep atau berpikir dan mengungkapkan pikirannya. Tanpa adanya seorang pemimpin dalam organisasi tidak akan dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya sebab tidak ada yang memimpin dan mengarahkan organisasi tersebut. Penyebab lahirnya kepemimpinan sangat beragam, seperti membentuk diri sendiri yang disebut “self made man” yaitu kepemimpinan yang muncul karena kemampuan pada saat-saat yang penting atau situasi tertentu, dipilih oleh pengikut-pengikutnya, ditunjuk dari atas atau diangkat. Adapun fungsi dari kepemimpinan yaitu memberikan perintah kepada anggota, berkomunikasi dua arah, selalu melibatkan anggota dalam mengambil keputusan, dan seorang pemimpin harus bisa  membimbing, mengarahkan, mengkoordinasikan dan mengawasi para anggotanya untuk mencapai tujuan bersama.

 

Daftar Pustaka

Ariyani, Rika. 2021. Kepemimpinan Adalah (Pengertian, Unsur-Unsur, Tugas, Dan Ciri Kepemimpinan Dalam Islam. Manajemen Pendidikan. Dalam https://www.rikaariyani.com/2021/12/kepemimpinan-adalah-pengertian-unsur.html

Hafulyon. 2012. Keberagaman Konsep Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jurnal Ilmiah Syari’ah. Vol 11, No. 2 Desember 2012. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Dalam http://dx.doi.org/10.31958/juris.v11i2.1120

Kang Atep Afia Channel. 2022. Urgensi Kepemimpinan Dalam Kewirausahaan. (KEWIRAUSAHAANSATU004A). Dalam https://youtu.be/ePceHG79Q_8

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.