Monday, May 15, 2023

KUIS 8: KOMITMEN ORGANISASI DALAM PERUSAHAAN

 Oleh Waskito Sandy Utomo (@AA09-waskito)


    Komitmen adalah sesuatu yang membuat seseorang membulatkan hati, bertekad berjerih payah, berkorban dan bertanggung jawab demi mencapai tujuan dirinya dan tujuan organisasi atau perusahaan yang telah disepakati atau ditentukan sebelumnya. Komitmen memiliki peranan penting terutama pada kinerja seseorang ketika bekerja,hal ini disebabkan oleh adanya komitmen yang menjadi acuan serta dorongan yang membuat mereka lebih bertanggung jawab terhadap kewajibannya.

    Komitmen Organisasi memiliki konsep yang berbeda dengan komitmen karier, seseorang bisa saja berkomitmen terhadap kariernya tetapi tidak berkomitmen dengan Organisasi begitu pula dengan sebaliknya.

    Schein (As’ad,2004) organisasi adalah kordinasi kegiatan manusia yang direncanakan untuk mencapai suatu maksud atau tujuan bersama melalui pembagian tugas dan fungsi, serangkaian wewenang dan tanggung jawab. Sedangkan komitmen sangat berperan penting dalam kemajuan organisasi.

    Reber dan Reber (2010) menyatakan bahwa komitmen adalah sebuah proses antar pribadi yang menyatukan kepentingan masing-masing untuk mencapai kemajuan bersama, yang konsekuennya adalah sejumlah pengorbanan pribadi harus diberikan dan suatu konsensus yang harus diterima meski kemungkinan tidak bersesuaian dengan keinginan pribadi pelakunya.

    Komitmen organisasi didefinisikan sebagai dorongan dalam diri individu untuk melekukan sesuatu agar dapat menunjang keberhasilan organisasi sesuai dengan tujuan yang ditetapkan dan lebih mengutamakan kepentingan organisasi (Venusita,2006)

    Dalam dunia kerja, komitmen seseorang terhadap organisasi/perusahaan seringkali menjadi isu tang sangat penting. Beberapa organisasi berani memasukkan unsur komitmen sebagai salah satu syarat untuk memegang suatu jabatan/posisi yang ditawarkan. Sayangnya meskipun hal ini sudah sangat umum namun tidak jarang pengusaha maupun pegawai masih belum memahami arti komitmen secara sungguh-sungguh, padahal pemahaman tersebut sangatlah penting agar tercipta kondisi kerja yang kondusif sehingga perusahaan dapat berjalan secara efisien dan efektif

 Daftar Pustaka

Rahmat Azis Ma’rufi, Choirul Anam. 2019. Faktor yang mempengaruhi komitmen organisasi. Banten: Universitas Ahmad Dahlan. Dalam http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/viewFile/3458/788 (Di akses Pada 12 Mei 2023)


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.