Friday, May 19, 2023

Kuis Ke 10 : Menelaah Pentingnya Kepemimpinan Dalam Organisasi Dan Manajemen Industri, Serta Dalam Dunia Kewirausahaan

Oleh : Winda Setyo Rini (@AA20-Winda)

Gambar : Mind Mapping Kepemimpinan

Abstrak

Dalam artikel ini menjelaskan mengenai kepemimpinan yang kaitannya dengan organisasi, manajemen industri perusahaan dan kweirausahaan. Artikel ini menguraikan tentang Definisi Pemimpin dan Kepemimpinan (Leadership), Unsur-unsur Kepemimpinan (Leadership), Fungsi dan Peran Kepemimpinan (Leadership), Sifat – Sifat Pemimpin yang Baik, Hubungan Manajemen dan Kepemimpinan, serta Peran Penting Pemimpin Dalam Organisasi dan Manajemen Kewirausahaan. Penulisan artikel ini merujuk pada jurnal-jurnal yang ditulis oleh orang-orang yang ahli. Diharapkan artikel ini nantinya dapat menjadi rujukan juga dalam mendapatkan informasi mengenai kepemimpinan.

Kata Kunci : Pemimpin, Kepemimpinan, Organisasi, Manajemen Perusahaan

Abstract

In this article, we explain about leadership in relation to organization, company industry management and entrepreneurship. This article describes the Definition of Leaders and Leadership (Leadership), Elements of Leadership (Leadership), Functions and Roles of Leadership (Leadership), Traits - Traits of Good Leaders, Management and Leadership Relationships, and the Important Role of Leaders in Organizational and Entrepreneurial Management. The writing of this article refers to journals written by experts. It is hoped that this article will later become a reference in obtaining information about leadership.

Keywords : Leader, Leadership, Organization, Company Management

Pendahuluan

Kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dibalik kesuksesan suatu organisasi atau perusahaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa kualitas kepemimpinan yang baik menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan suatu organisasi atau perusahaan. Dalam struktur kepemimpinan organisasi atau perusahaan terdapat pemimpin dan pengikut.

Menurut Daswati (2012), dalam organisasi atau perusahaan seorang pimpinan baik secara individual maupun sebagai kelompok, tidak mungkin dapat bekerja sendirian akan tetapi membutuhkan sekelompok orang lain yang biasa disebut sebagai bawahan, yang digerakkan sedemikian rupa sehingga para bawahan itu memberikan pengabdian dan sumbangsinya kepada organisasi atau perusahaan, terutama dalam cara bekerja yang efektif, efisien, ekonomis dan produktif.

Menurut Siska (2019), sebagai seorang pemimpin yang baik harus mampu untuk mengantisipasi perubahan dan sekuat tenaga memanfaatkan kesempatan memotivasi pengikut untuk mencapai tingkat produktivitas yang tinggi, mengoreksi kinerja yang buruk, dan mendorong organisasi kearah sasarannya. Sosok pemimpin yang baik akan menghasilkan pola kepemimpinan yang tepat dan efektif. Dan kepemimpinan yang efektif akan dapat membawa organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Oleh sebab itu, berdasarkan pemaparan diatas penulis tertarik untuk membuat artikel yang berjudul “Menelaah Pentingnya Kepemimpinan Dalam Organisasi Dan Manajemen Industri, Serta Dalam Dunia Kewirausahaan” bertujuan untuk memberikan informasi terkait dengan kepemimpinan dalam organisasi dan manajemen industri serta lingkup kewirausahaan.

Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian pendahuluan di atas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut :

  1. Apa yang dimaksud dengan pemimpin dan kepemimpinan (leadership)?
  2. Apa unsur-unsur kepemimpinan (leadership)?
  3. Apa fungsi dan peran kepemimpinan (leadership)?
  4. Bagaimana sifat – sifat yang harus dimiliki sebagai seorang pemimpin?
  5. Apa hubungan antara manajemen dengan kepemimpinan ?
  6. Bagaimana peran penting pemimpin dalam organisasi dan manajemen kewirausahaan?

Tujuan

Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan yang ingin dicapai yaitu :

  1. Untuk mengetahui maksud dari pemimpin dan kepemimpinan (leadership).
  2. Untuk mengetahui unsur-unsur kepemimpinan (leadership).
  3. Untuk mengetahui fungsi dan peran kepemimpinan (leadership).
  4. Untuk mengetahui sifat – sifat yang harus dimiliki sebagai seorang pemimpin.
  5. Untuk mengetahui hubungan antara manajemen dengan kepemimpinan.
  6. Untuk mengetahui peran penting pemimpin dalam organisasi dan manajemen kewirausahaan.

Pembahasan

Definisi Pemimpin dan Kepemimpinan (Leadership)

Menurut Solikin, dkk (2017), Para ahli memaknai konsep pemimpin sebagai seseorang yang dengan wewenang kepemimpinannya mengarahkan bawahannya untuk mengerjakan sebagian dari pekerjaannya dalam mencapai tujuan. Dalam menggunakan wewenang formal pemimpin dimaknai pada upaya mengorganisasikan, mengarahkan, mengontrol para bawahan yang bertanggung jawab, supaya semua bagian pekerjaan dapat terkoordinasi dengan baik demi mencapai tujuan. Sedangkan, Kepemimpinan dimaknai sebagai suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai tujuan bersama. Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya.

Kepemimpinan erat kaitannya dengan kepribadian yang dimiliki seseorang. Kepribadian merupakan suatu ciri khas diri yang dimiliki seseorang yang membedakannya dengan orang lain. kepribadian ini memiliki peranan penting dalam rangka pemenuhan persyaratan pengangkatan menjadi seorang pimpinan. Tanpa adanya seorang pemimpin yang baik maka suatu organisasi tidak dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya, karena tidak ada yang memimpin dan mengarahkan organisasi tersebut.

Menurut Kadarusman (dalam jurnal Yudiaatmaja, 2013) kepemimpinan (Leadership) dibagi tiga, yaitu :

  1. Self Leadership, diartikan sebagai kemampuan memimpin diri sendiri agar jangan sampai gagal menjalani hidup.
  2. Team Leadership, diartikan sebagai kemampuan memimpin orang lain. Pemimpinnya dikenal dengan istilah team leader (pemimpin kelompok) yang memahami apa yang menjadi tanggung jawab kepemimpinannya, menyelami kondisi bawahannya, kesediaannya untuk meleburkan diri dengan tuntutan dan konsekuensi dari tanggung jawab yang dipikulnya, serta memiliki komitmen untuk membawa setiap bawahannya mengeksplorasi kapasitas dirinya hingga menghasilkan prestasi tertinggi.
  3. Organizational leadership, diartikan sebagai kemampuan memimpin suatu organisasi.

Unsur-unsur Kepemimpinan (Leadership)

Menurut Nawawi dan Hadari (dalam jurnal Siska, 2019) unsur-unsur dalam kepemimpinan antara lain :

  • Adanya seseorang yang berfungsi memimpin, yang disebut pemimpin (leader)
  • Adanya orang lain yang dipimpin
  • Adanya kegiatan menggerakkan orang lain yang dilakukan dengan mempengaruhi dan mengarahkan perasaan, pikiran, dan tingkah lakunya.
  • Adanya tujuan yang hendak dicapai, baik yang dirumuskan secara sistematis maupun secara seketika.
  • Berlangsung berupa proses di dalam kelompok/organisasi, baik besar dengan banyak maupun kecil dengan sedikit orang-orang yang dipimpin.

Fungsi dan Peran Kepemimpinan (Leadership)

Menurut Nanus dkk (dalam junal Daswati, 2012) menjelaskan bahwa ada 4 (empat) fungsi dan peran penting terbentuknya suatu kepemimpinan yang efektif yaitu:

  1. Penentu arah, pemimpin harus mampu melakukan seleksi dan menetapkan sasaran dengan mempertimbangkan lingkungan eksternal masa depan yang menjadi tujuan pengerahan seluruh sumber daya organisasi dalam mencapai visi, pemimpin yang dapat berperan sebagai penentu arah adalah pemimpin visioner.
  2. Agen perubahan, pemimpin harus mampu mengantisipasi berbagai perubahan dan perkembangan lingkungan global dan membuat prediksi tentang implikasinya terhadap organisasi, mampu membuat skala prioritas bagi perubahan yang diisyaratkan visinya, serta mampu mempromosikan eksperimentasi dengan partisipasi orang- orang untuk menghasilkan perubahan yang diinginkan.
  3. Juru bicara, pemimpin harus mampu menjadi negosiator dan pembentuk jaringan hubungan eksternal, menyusun visi dan mengkomunikasikannya melakukan pemberdayaan serta melakukan perubahan.
  4. Pelatih, pemimpin harus memberitahu orang lain tentang realita saat ini, apa visinya atau ke mana tujuan, bagaimana merealisasikannya . Selalu member semangat untuk maju dan menuntun bagaimana mengaktualisasikan potensi mencapai visi.

Sifat – Sifat Pemimpin yang Baik

Untuk mewujudkan kepemimpinan yang efektif maka harus dipilih seorang pemimpin yang tepat. Terdapat beberapa sifat yang dimiliki seorang pemimpin yang baik, antara lain yaitu :

  • Energic, yaitu menjadi seorang pemimpin harus mempunyai sisi energi yang baik dari sisi jasmani maupun Rohani agar dapat membawa organisasi nya dengan baik.
  • Memiliki stabilitas emosi, yaitu tidak mudah mencurigai bawahannya.
  • Memiliki motivasi pribadi, yaitu menjadi pemimpin harus muncul karena dorongan diri sendiri bukan karena paksaan dari luar.
  • Kecakapan mengajar, yaitu seorang pemimpin harus dapat menjadi guru yang baik bagi bawahannya.
  • Kemahiran mengadakan komunikasi, yaitu pemimpin harus memiliki kemampuan yang baik dalam menyampaikan berbagai gagasannya.
  • Kemampuan teknis, yaitu semakin tinggi tingkat kepemimpinan seseorang semakin tinggi kemampuan Teknik yang harus dimiliki
  • Kecakapan sosial, yaitu seorang pemimpin harus mengetahui persis kondisi bawahannya.

Hubungan Manajemen dan Kepemimpinan

Terdapat keterkaitan antara manajemen dan kepemimpinan, karena aktivitas manajemen yang mencakup aktivitas perencanaan (planning), pengarahan (leading), pengorganisasian (organizing), dan pengendalian (controlling), dianggap tidak berbeda dengan aktivitas kepemimpinan. Menurut John Kotter, (dalam jurnal Yudiaatmaja, 2013) mengemukakan pendapatnya bahwa manajemen berkenaan dengan mengatasi kerumitan, sedangkan kepemimpinan berkenaan dengan mengatasi perubahan. Hal tersebut dapat dipertegas lagi bahwa kepemimpinan berkaitan dengan visi terhadap masa depan, sedangkan manajemen berkaitan dengan mengimplementasikan visi dan strategi yang disajikan oleh para pemimpin.

Peran Penting Pemimpin Dalam Organisasi dan Manajemen Kewirausahaan

Dalam sebuah organisasi keberadaan seorang pemimpin yang baik dinilai sangat penting, karena pemimpin menjadi salah satu ujung tombak dari kesuksesan pada organisasi. Tanpa adanya seorang pemimpin yang baik maka suatu organisasi tidak dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya, karena tidak ada yang memimpin dan mengarahkan organisasi tersebut. Sama halnya dalam berwirausaha, dibutuhkan sosok yang dapat memimpin dan bertanggung jawab dalam mengurus dan mengelola suatu usaha seperti pengambil keputusan, penanggung jawab tindakan yang dilakukan oleh bawahan, memberikan wewenang, dan lain sebagainya agar dalam pelaksanaan berwirausaha dapat terorganisir dengan baik.

Pemimpin dengan keahlian kepemimpinan yang baik sangat diperlukan dalam memimpin suatu organisasi maupun usaha. Apabila dalam suatu organisasi atau perusahaan tidak ada pemimpin, maka akan terjadi kekacauan dan karancuan dalam pembagian tugas yang mengakibatkan kegagalan ataupun kebangkrutan yang berujung pada tidak tercapainya tujuan yang diinginkan.  

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa pemimpin adalah seseorang yang berperan untuk mengarahkan bawahannya. Sedangkan, kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk mengarahkan bawahannya agar dapat mencapai tujuan yang ditetapkan. Kepemimpinan dapat dibagi menjadi tiga yaitu self leadership, team leadership, dan organizational leadership. Kepemimpinan yang tepat dan efektif terdiri dari beberapa unsur. Kepemimpinan yang baik ditentukan dari sifat-sifat yang dimiliki oleh pemimpin tersebut. Selain itu, kepemimpinan juga memiliki fungsi dan peran yang dibagi menjadi 4 yaitu penentu arah, agen perubahan, juru bicara, dan sebagai pelatih bawahannya. Kepemimpinan ini merupakan salah satu komponen yang penting karena erat kaitannya dengan organisasi, manajemen dan kewirausahaan.

Daftar Pustaka

Daswati. 2012. Implementasi Peran Kepemimpinan Dengan Gaya Kepemimpinan Menuju Kesuksesan Organisasi. Jurnal Academica Fisip Untad Vol .04, No. 01, Hal. 783 – 798. Palu : Universitas Tadulako. Dalam Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/28515-Id-Implementasi-Peran-Kepemimpinan-Dengan-Gaya-Kepemimpinan-Menuju-Kesuksesan-Organ.Pdf (Diakses Pada 18 Mei 2023).

Siska, Ela Firda. 2019. Kepemimpinan. Artikel Psikologi Manajemen. Dalam Https://Osf.Io/Preprints/Inarxiv/Smxdv/ (Diakses Pada 18 Mei 2023).

Solikin, Asep Dkk. 2017. Pemimpin Yang Melayani Dalam Membangun Bangsa Yang Mandiri. Jurnal Anterior Vol. 16, No. 2, Hal. 90 – 103. Palangkaraya : Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Dalam Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/258565-Pemimpin-Yang-Melayani-Dalam-Membangun-B-E1d3abc2.Pdf (Diakses Pada 18 Mei 2023).

Yudiaatmaja, Fridayana. 2013. Kepemimpinan: Konsep, Teori Dan Karakternya. Tangerang : Universitas Pendidikan Ganesha. Dalam Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/%20mkfis/Article/Viewfile/1681/1469 (Diakses Pada 18 Mei 2023).

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.