Monday, May 8, 2023

KUIS 8 : PERANAN BUDAYA ORGANISASI DALAM MEWUJUDKAN KINERJA SUATU ORGANISASI

 


OLEH : AHMAD HARYADI 41619010016

Budaya organisasi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam organisasi yang sedang menghadapi hypercompetitive seperti saat ini. Budaya organisasi menjadi salah satu pendekatan yang bisa ditawarkan agar organisasi menjadi lebih berkinerja baik dibandingkan dengan pesaingnya. Perubahan paradigma dalam dunia bisnis membuat budaya organisasi menjadi semakin relevan untuk membawa kinerja karyawan menjadi lebih baik dan produktif.

Budaya organisasi adalah nilai-nilai, asumsi-asumsi serta norma-norma yang telah ditentukan oleh sekelompok orang yang biasanya adalah pendiri organisasi, yang telah lama diyakini sebagai pedoman perilaku sehari-hari, untuk memecahkan masalah serta kemudian harus diajarkan oleh anggota organisasi yang baru agar nilai-nilai tersebut dapat dilaksanakan semua anggota. Budaya organisasi mempunyai 2 pendekatan yang dapat menjadikan budaya organisasi lebih “mudah terlihat”, yaitu pendekatan simbolik-interpretif dan pendekatan fungsionalis.

Budaya organisasi ditandai dengan adanya iklim organisasi, yaitu terjadi interaksi yang saling mempengaruhi antara individu dengan lingkungannya baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial. Lingkungan ini akan dipersepsikan dan dirasakan oleh individu tersebut sehingga menimbulkan kesan dan perasaan tertentu. Kebiasaan, tradisi, dan cara umum dalam melakukan segala sesuatu yang ada di sebuah organisasi saat ini merupakan hasil atau akibat dari yang telah dilakukan sebelumnya. Hal ini mengarah pada sumber tertinggi budaya sebuah organisasi yaitu para pendirinya.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.