Friday, December 30, 2016

Manajemen Talenta

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset yang terpenting bagi perusahaan . SDM yang handal dan berkualitas berguna untuk dapat meningkatkan kemajuan dan pembangunan suatu perusahaan. Untuk mendapatkan SDM yang handal dan berkualitas diperlukan manajemen SDM yang terbaik guna meningkatkan serta mengembangkan kemampuan dan kinerja karyawan dalam suatu perusahaan. Manajemen SDM dapat dilakukan sejak awal perekrutan perusahaan melalui bagian departemen SDM biasanya melakukan seleksi dan penjaringan yang lebih bercermin pada latar belakang pendidikan serta pengalaman dari para pelamar.
Ketika para karyawan baru tersebut sudah diterima dan mendapatkan jabatan dan tugas seringkali mereka mengalami beberapa kesulitan dan kemampuan yang kurang terhadap tugas yang diemban. Padahal kemajuan dan pembangunan perusahaan tentu sangat dipengaruhi oleh kualitas dari SDM yang dalam hal ini adalah karyawannya. Untuk itu department SDM berperan aktif untuk melakukan manajemen talenta pada SDM yang dimiliki perusahan tersebut. Adapun manajemen talenta yakni serangkaian proses SDM organisasi terpadu yang dirancang untuk mengembangkan, memotivasi, dan mempertahankan produktif, terhadap karyawan yang terlibat. Tujuan dari manajemen bakat adalah untuk menciptakan kinerja tinggi, organisasi berkelanjutan yang memenuhi tujuannya strategis dan operasional dan tujuan. Tanggung jawab pertama manajemen talenta adalah untuk menarik dan mempertahankan karyawan yang memenuhi syarat. Tanpa fungsi utama ini, perusahaan tidak dapat mencapai potensi penuh.
Manajemen talenta dalam konteks ini tidak mengacu pada pengelolaan entertainer. Perusahaan terlibat dalam strategi manajemen talenta mengalihkan tanggung jawab karyawan dari departemen sumber daya manusia untuk semua manajer di seluruh organisasi
Manajemen Talenta meliputi:
  • Talent Acquisition – Sebagai awal, talent acquisition sangatlah penting karena menentukan seberapa besar usaha dan waktu yang kita harus investasikan untuk mengembangkan karyawan yang baru kita rekrut menjadi talenta yang baik untuk organisasi.
  • Talent On-Boarding/Activation – Proses ini tidak hanya terfokus pada kegiatan-kegiatan orientasi/induksi yang memberikan pengetahuan mengenai visi, misi, nilai dan aturan perusahaan, namun juga memastikan Integrasi karyawan baru ke lingkungan kerja, agar karyawan baru segera dapat diterima di lingkungan kerja baru dan dengan efektif membangun relasi kerja yang mendukung produktivitas.
  • Talent Development – seperti layaknya organisasi yang terus berkembang untuk terus kompetitif, maka talenta juga perlu dikembangkan untuk senantiasa memiliki kapabilitas yang dibutuhkan untuk mengeksekusi strategi organisasi. Mengembangkan talenta internal sebenarnya jauh lebih rendah risiko-nya dibanding merekrut karyawan baru. Asesmen terhadap talenta internal dapat jauh lebih akurat dilakukan dibanding melakukan seleksi kepada calon karyawan. Namun sering kali karena alasan sulitnya melakukan manajemen perubahan sering kali pengembangan talenta internal dilupakan.
  • Talent Retention – talenta yang baik adalah sebuah asset yang sangat penting untuk organisasi namun sulit sekali ditemukan dan mengembangkan talenta untuk menjadi talenta yang optimal buat organisasi telah menghabiskan banyak waktu dan usaha, sehingga perlu dijaga dan dihargai secara baik pula. Komitmen dan kepuasan berkarir dan bekerja talenta dalam organisasi perlu diperhatikan, terutama talenta yang terbaik. Perlu dingat juga, semakin baik talenta yang kita miliki semakin banyak pula kompetitor yang ingin merebutnya.
Dari ke-empat proses tersebut, biasanya implementasi manajemen talenta berfokus pada implementasu perencanaan karir, perencanaan suksesi dan pemetaan talenta yang sebenarnya hanya mewakili satu proses dari empat proses yang ada. Padahal integrasi dari ke-empat proses ini merupakan kunci dari implementasi manajemen talenta yang baik. Tanpa ada keterkaitan dan kesinambungan proses dan kebijakan, impllentasi manajemen talenta pasti tidak akan terlaksana dengan baik. Tanpa implementasi talent acquisition dan activation yang baik, maka komitmen waktu dan usaha untuk talent development menjadi jauh lebih besar dan membutuhkan investasi yang juga semakin mahal. Lebh parah lagi, jika tanpa implementasi talent retention yang baik, talenta yang sudah dikembangkan bisa jadi dengan cepat keluar dari organisasi dan pindah ke competitor, sehingga semakin sia-sia usaha yang kita lakukan untuk mengembangkan mereka.
Sehingga dapat disimpulkan manajemen talenta sangat berguna baik dari perusahaan maupun karyawan. Adapun manfaat manajemen talenta sebagai berikut :
Manfaat Sistem Manajemen Talenta Bagi Perusahaan :
·         Meningkatkan penerimaan kepada pemegang saham (return on investment) dan  kapitalisasi pasar
·         Meningkatkan kepuasan pelanggan
·         Meningkatkan penerimaan dan profitabilitas
·         Meningkatkan efisiensi biaya melalui reduksi pemborosan terus-menerus
·         Meningkatkan kualitas, produktivitas dan kapabilitas
·         Menurunkan waktu siklus (cycle time)
·         Mengaitkan usaha-usaha individual dengan sasaran bisnis
·         Meningkatkan komitmen terhadap karyawan bernilai tinggi 
·         Menurunkan tingkat keluar-masuk karyawan (employees turnover ratio)
·         Memadankan pekerjaan dan keterampilan karyawan
·         Mengidentifikasi dan menangani : pengembangan karir pegawai, keanekaragaman
Manfaat Sistem Manajemen Talenta Bagi Karyawan:
·         Meningkatkan motivasi dan komitmen; mengembangkan dan mengkomunikasikan jalur karir.
·         Meningkatkan pengetahuan tentang kontribusi kepada sasaran perusahaan
·         Meningkatkan kepuasan kerja, dll.
Manfaat ini dapat dirasakan apabila perusahaan dapat mengimplementasikan manajemen talenta yang berkomitmen tinggi dan dapat merubah mindset dalam mengelola SDM didalam perusahaan. Sehingga kelak nantinya perusahaan memiliki SDM yang siap untuk mengeksekusi strategi dan terus menumbuhkan organisasi yang lebih baik.

Daftar Pustaka :
Anonim. Manajemen Talenta. Dalam : http://viavitae.co.id/manajemen-talenta-talent-management/ yang diakses tanggal : 30 Desember 2016
Anonim. Strategi Paling Tepat Untuk Mengembangkan Manajemen Talenta. Dalam :  http://dvdpelatihansdm.com/strategi-paling-tepat-untuk-mengembangkan-manajemen-talenta-atau-talent-management-system/ yang diakses tanggal : 30 Desember 2016
Anonim. Mengimplementasi Manajemen Talenta Dengan Baik Dalam: http://gmlperformance.com/gmlnew/index.php/Articles/read/29-mengimplementasi-manajemen-talenta-dengan-baik yang diakses tanggal : 30 Desember 2016
Anonim. 2015. Manajemen Talenta. Dalam: http://allboutmystudy.blogspot.co.id/2015/06/manajemen-talenta.html yang diakses tanggal : 30 Desember 2016
Yahya, Hyacintha Susanti. 2009. Tinjauan Pustaka Manajemen Talenta. Dalam: http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/130458-T%2027207-Tinjauan%20terhadap-Tinjauan%20literatur.pdf yang diakses tanggal : 30 Desember 2016


No comments:

Post a Comment