Friday, December 2, 2016

Motivasi Kerja


Karyawan adalah bagian penting dalam perjalanan usaha kita. Tanpa andil dari karyawan mustahil perjalanan sukses kita bisa berjalan dengan lancar. Mereka membantu kita dalam banyak hal, baik dalam bidang produksi, keuangan hingga marketing. Dalam bahasan kali ini kita tidak hanya menyampaikan mengenai pentingnya karyawan untuk perusahaan yang sedang dijalankan, namun juga akan membahas pentingnya motivasi kerja karyawan.

Apa itu motivasi kerja karyawan ? Motivasi kerja karyawan adalah sebuah bentuk dorongan positif yang ditujukan kepada karyawan agar mereka terdorong dan memiliki semangat lagi dalam menjalankan pekerjaannya. Hal ini sangat berkaitan erat dengan kinerja karyawan dan hasil pekerjaan mereka. Bila mereka memiliki motivasi yang cukup kuat untuk terus melakukan pekerjaan di perusahaan dengan baik, maka hasil yang diperoleh juga akan baik. Pasti hal ini juga berdampak pada keberhasilan usaha yang sedang Anda jalankan. Inilah poin terakhir yang diharapkan mampu membuat Anda, karyawan dan lingkungan perusahaan menjadi lebih baik.
Apa yang harus dilakukan agar mereka termotivasi ? Sebagai pemimpin perusahaan, Anda bisa melakukan banyak hal, mulai mengundang para motivator untuk membuat hidup karyawan Anda semakin bersemangat dan mereka sadar bahwa mereka juga berharga untuk usaha. Selain itu Anda juga bisa mengadakan rapat bulanan khusus untuk memberikan motivasi kerja karyawansehingga mereka merasa dihargai.
Dengan begitu mereka merasa diharga dan keberadaan mereka sangat penting. Oleh karena itu sebagai pemimpin usaha yang bijak sudah sepantasnya kita mengharga kinerja karyawan kita. Jangan hanya bisa menyalahkan mereka ketika mereka tidak bisa melakukan pekerjaan dengan baik, bisa jadi hal ini dikarenakan mereka kurag memahami petunjuk yang diarahkan. Jadi sekarang ini yang harus Anda lakukan adalah, berusaha untuk memotivasi karyawan sebaik mungkin, kemudian Anda evaluasi kerja Anda bersama karyawan, buat mereka senang bekerja dengan Anda dan yang terakhir adalah beri penghargaan kepada mereka yang memang memiliki prestasi dalam bekerja.
Jika anda menginginkan untuk bisa memiliki motivasi kerja karyawan yang tinggi dan selalu terjaga dan tertata, maka anda dapat mengikuti program kami, Program yang kami berikan ini dapat membuat motivasi kerja anda selalu terjaga dalam kondisi yang optimal dan akan dapat menatanya sehingga anda akan bisa berdamai dengan diri anda sendiri. Selalu dalam kondisi yang RIleks dan Tenang, maka Kedamaian akan datang kepada anda.

Jenis Motivasi

1.      Motivasi finansial, yaitu dorongan yang dilakukan dengan memberikan imbalan finansial kepada karyawan. Imbalan tersebut sering disebut insentif.
2.      Motivasi nonfinansial, yaitu dorongan yang diwujudkan tidak dalam bentuk finansial/ uang, akan tetapi berupa hal-hal seperti pujian, penghargaan, pendekatan manusia dan lain sebagainya (Gitosudarmo dan Mulyono , 1999).

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI KERJA
Tentu saja ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi motivasi kerja karyawan di sebuah perusahaan.
  • Faktor kebijakan perusahaan. Melipui gaji, tunjangan, dan pensiun. Dampaknya terhadap motivasi kerja biasanya hanya sekedar untuk bertahan. Tidak memberikan dampak yang begitu besar dalam peningkatakn kinerja. Jadi, perusahaan tidak cukup hanya mengandalkan masalah gaji, pensiun, dan tunjangan untuk memotivasi karyawan untuk mendapatkan kinerja terbaik. Kecuali, jika perusahaan mampu memberikan gaji selangit, jauh diatas rata-rata gaji, mungkin akan memiliki pengaruh. Saya katakan, mungkin.
  • Faktor imbalan atau reward. Jika dikelola dengan baik, sistem imbalan atau reward terhadap karyawan yang berprestasi akan memberikan dampak yang besar untuk peningkatan motivasi.
  • Faktor kultur perusahaan. Nah, yang ini, jangan dianggap sepele. Meski terlihat sederhana, tetapi masalah kultur perusahaan bisa memberikan dampak yang besar dalam peningkatan motivasi kerja. Kultur-kultur yang mengedepankan rasa hormat, kebersamaan, kejujuran, dan keakraban akan meningkatkan motivasi kerja cukup signifikan.
  • Faktor kondisi mental karyawan itu sendiri. Ini yang terpenting. Jika seorang karyawan yang memiliki mental yang kuat, dia akan tetap memiliki motivasi kerja meski ketiga faktor diatas kurang mendukung. Mereka memiliki pikiran jauh ke depan. Pandangannya tidak sempit hanya saat ini saja. Mereka memiliki jiwa besar untuk tetap memberikan kontribusi sebaik mungkin. Sayangnya, faktor ini kadang terlewatkan baik oleh karyawannya sendiri maupun oleh perusahaan.

  TUJUAN MOTIVASI

Tujuan motivasi antara lain sebagai berikut :

a)   Meningkatkan moral dan kepuasan kerja karyawan
b)   Meningkatkan produktivitas kerja karyawan
c)   Mempertahankan kestabilan karyawan perusahaan
d)   Meningkatkan kedisiplinan karyawan
e)   Mengefektifkan pengadaan karyawan
f)    Menciptakan suasana dan hubungan kerja yang baik
g)   Meningkatkan loyalitas, kreativitas dan partisipasi karyawan.
h)   Meningkatkan tingkat kesejateraan karyawan
i)    Mempertinggi rasa tanggung jawab karyawan terhadap tugas-tugasnya
j)    Meningkatkan efisiensi penggunaan alat-alat dan bahan baku.

Motivasi Kerja Yang Efektif
Seseorang bisa bekerja secara optimal dan efektif ketika sedang memiliki semangat kerja yang tinggi. Mesin motivasi yang anda ciptakan sendiri untuk penambah semangat kerja adalah yang paling efektif, yang bisa melekat pada diri anda.
Diantara motivasi kerja yang efektif adalah memiliki hasrat keinginan yang menggebu-gebu untuk mendapatkan sesuatu, atau hasrat keinginan untuk membahagiakan orang lain dan tujuan hidup lainnya. Hasrat ini seharusnya selalu ditanamkan didalam benak anda setiap hari.


Daftar Pustaka
1.      Yudiono, Herman. 2010. 5 Jenis motivasi Kerja Karyawan yang Harus anda Ketahui. Dalam: http://www.duniakaryawan.com/5-jenis-motivasi-kerja-karyawan-yang-harus-anda-ketahui/

2.      Anonim. 2009. Motivasi kerja. Dalam: http://www.motivasi-islami.com/motivasi-kerja/ 
      
2.    Yudiono, Herman. 2015. Cara Mengukur Motivasi Kerja Karyawan Secara Objektif. Dalam: http://www.duniakaryawan.com/cara-mengukur-motivasi-kerja-karyawan/

4.      Asvi, Erlangga. 2016. Pentingnya Motivasi Kerja Karyawan. Dalam: http://solusisupersukses.com/pentingnya-motivasi-kerja-karyawan/

5.      Anonim. 2016. Cara dan Upaya Meningkatkan Motivasi. Dalam: https://pendaftaran-cpns.blogspot.co.id/2015/01/cara-dan-upaya-meningkatkan-motivasi.html

6.      Ruslani. 2013. Semangat dan Motivasi Kerja Karyawan. Dalam: http://www.ruslani.com/kata-semangat-motivasi-kerja-karyawan.html

3 comments:

  1. @A01_islamia
    Point 3
    Untuk mba sylvana isi materi tentang motivasi kerja yang anda buat sudah cukup baik.. Akan tetapi untuk penulisan daftar pustaka tolong diperbaiki lagi sesuai dengan aturan pembuatan daftar pustaka terimakasih

    ReplyDelete
  2. @A01_islamia
    Point 3
    Untuk mba sylvana isi materi tentang motivasi kerja yang anda buat sudah cukup baik.. Akan tetapi untuk penulisan daftar pustaka tolong diperbaiki lagi sesuai dengan aturan pembuatan daftar pustaka terimakasih

    ReplyDelete
  3. Point 3. Min map bagus . Artikel bagus

    ReplyDelete