Thursday, December 15, 2016

Kuis 3 (15 Desember 2016)

Berikut tayangan dari Leadership Series dengan pembicara Betty Alisjahbana (pendiri Quantum Business International) :

1. Simak dan pahami tayangan tersebut, banyak hal yang dapat Anda aplikasikan secara langsung !

2. Berikan minimal lima  (5) komentar/catatan terhadap tayangan tersebut !, pada kolom komentar yang tersedia (di bawah postingaan ini) !

3. Cantumkan Kode Tugas Anda pada bagian awal kolom komentar !



 

11 comments:

  1. @A13-RANIE
    1. Leader shio adalah proses mempengaruhi dan memotivasi orang lain
    2. Trust adalah pondasi dari kepentingan
    3. Tugas kepentingan adalah sebagai pemegang keberhasilan organisasi
    4. Sukses planning berpengaruh terhadap talent manajemen
    5. Talent manajemen terdiri dari manajemen assement, talent aspiration, talent selection, talent development

    ReplyDelete
  2. @A03-MELINDA
    Setelah melihat video tersebut saya dapat informasi dan menambah mengetahui saya dimana menyimpulkan..

    1. Leadership merupakan energetic proses yang dapat membuat orang melakukkan yang ingin dilakukan...dimana leadership menginspirasi, mempengaruhi, memotivasi sehingga dapat membuat Tim nya sukses

    2. Fondasi kepemimpinan apakah trust dimana trust dipengaruhi oleh competence (orang yang memiliki kompetensi dibidangnya), connection (harus nyambung dengan orang yang disimpennya), dan character

    3. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat membangun pemimpin - pemimpin baru agar organisasi dapat perjalanan

    4. Pemimpin merupakan kunci dalam organisasi dan berpengaruh besar terhadap organisasi. Dimana pemimpin diharapkan memiliki:
    -Visi dimana mengarahkan untuk melakukan yang akan dilakukan
    -Membangun Tim dimana pemimpin harus connected dengan Tim nya sehingga dapat membangun Tim nya
    -Tanggung jawab berdasarkan kekuatan dari Tim
    -Develop people mengembangkan Tim nya
    -Motivasi Karena tinggi atau rendahnya motivasi dari Tim dipengaruhi oleh pemimpin

    5. Style leadership
    -The Commender semua keputusan diambil oleh pemimpin dan bawahannya hanya melaksanakan. Berorientasi pada hasil dan biasanya digunakan ketika ingin sukses jangka pendek
    -The Coach mengambil keputusan Bersama dimana pemimpin membimbing dan membantu Tim nya agar kelak dapat menjalankan sendiri
    -The supporter ketika Tim Sudah berpengalaman dimana pemimpin hanya datang ketika Tim nya ada masalah dan mengatasi masalah tersebut
    -Tim yang Mandiri yaitu Tim yang Sudah dapat melakukan sesuatunya sendiri
    6. Succession Planning merupakan proses mulai dari mengidentifikasi posisi kunci,Kandidat,mengembangkan dan tradisi
    7. Checklist effective success yaitu
    - yakinkan bawa succession planning ada di semua lini
    -lihat potensi tidak hanya kinerja
    -balancing smntara talent dari dalam dan luar
    -develop prose
    -ketika me review tidak hanya member nya saja tetapi leadership nya juga di review..

    Feminism kesimpulan yang saya dapat setelah melihat video tersebut.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  3. @A17-Sri
    Komentar :
    1. Definisi pemimpin adalah energetik yang membuat orang ful lg & willingly commited untuk melakukan hal yang dilakukan untuk mencapai tujuan bersama dengan berpegang pada nilai - nilai yang telah disepakati bersama
    2. Dasar atau pondasi dari kepemimpinan adalah trust atau harus dapat dipercaya, selain itu sebagai pemimpin yang dipercaya dapat dipengaruhi oleh kompetensi, koneksi dan karakter
    3. pemimpin memiliki tugas yaitu membangun pemimpin - pemimpin baru agar organisasi yang dipimpin dapat berjalan dalam jangka panjang.
    4. Aksi tegas pemimpin memegang kunci organisasi, kunci tersebut adalah memiliki visi, membangun team, harus bisa Alokasi tanggung jawab, motivasi
    5. Ada 4 macam gaya kepemimpinan yaitu sang komandan, sang pembimbing, sang pendukung, dan team yang mandiri
    6. Gaya kepemimpinan yang dipakai tergantung apa yang belum dimiliki oleh team, apabila dalam organisasi belum ada komitmen maka kepemimpinan sang komandanlah yang digunakan, apabila blm memiliki pengetahuan & keahlian maka gunakan sang pembimbing, apabila kondisi sang komandan & sang pembimbing telah terpenuhi maka dapat digunakan gaya sang pendukung dan jika seluruhnya telah ada maka dapat menggunakan atau telah menjadi team yang mandiri.
    7. Definisi succession planning adalah suatu proses mulai dari identifikasi posisi kunci, identifikasi kandidat yang potensial lalu mengembangkan dan proses transisi
    8. Untuk menentukan key position hal yang perlu dilihat adalah kritikal atau posisi yang penting bagi organisasi & posisi tertentu yang sulit karena jumlah yang sedikit.
    9. Siapakah yang menduduki key talent adalah yang memiliki kinerja & potensial.
    10. Checklist untuk efektif succession planning yaitu yakinkan bahwa succession planning ada di bisnis leader, melihat potensi, menyeimbangkan talent yang diambil dari dalam serta dari luar organisasi.

    ReplyDelete
  4. @A06-Juliana
    Komentar :
    1.Tanyangan diatas tentang Leadership sangat luar biasa. Dengan adanya tanyangan diatas dapat memberikan tips - tips tentang leadership yang baik dalam suatu organisasi.

    2.Dari tanyangan diatas dapat disimpulkan bahwa Leadership merupakan suatu "Energetic Process" yang sangat mempengaruhi orang - orang dalam suatu team . Dimana team tersebut menjadi sukses dengan adanya pondasi trust yaitu kompeten, koneksi, dan karakter.

    3.Leadership merupakan kunci keberhasilan dalam suatu organisasi. Sehingga dalam suatu organisasi harus memiliki visi, team yang baik, dan tanggung jawab yang dapat dialokasikan .

    4.Tanyangan diatas sangat menarik, bukan hanya dari materi yang unik dan lengkap tetapi disampaikan secara detail oleh orang yang berpengalaman.

    5. Dalam suatu leadership terdapat 4 leadership style yaitu The commander, the coach, the supporter, dan team yang mandiri. 4 leadership style itu sangat membantu dari keberhasilannya suatu organisasi.

    6. Key position itu merupakan posisi yang penting bagi organisasi dan seberapa susah dalam mengembangkan suatu team.

    7. Didalam leadership harus ada success planning. Success planning adalah suatu proses yang dimulai dari mengindentifikasi dan menjadi kunci keberhasilan dari suatu organisasi, yaitu dengan tallent management, tallent aspiration, tallent selection, tallent development.

    8.cheklis effective dalam succestion planning yaitu yakinkan planning succestion yang dimiliki oleh pemimpin, pemimpin harus melihat kedepan dan kebelakang, harus balance tallent yang dapat dibangun.


    ReplyDelete
  5. @A36-Nersi
    Komentar:
    1. Materi yang disampaikan sudah baik dan menarik.
    2. Namun penyampaian terlalu cepat.
    3. Contoh yang diberikan sudah baik.
    4. Topik yang disampaikan yaitu tentang kepemimpinan dan success planning.
    5. Kepemimpinan bukan memgancam orang lain, namun dapat mempengaruhi orang lain dan kepemimpinan seharusnya tidak hanya satu tapi harus lebih dari satu dalam setiap lini agar organisasi cepat bergerak.
    6. Kunci kepemimpinan yaitu : membuat visi yaitu mengarahkan apa yang akan dilakukan, membangun tim, mengalokasikan tanggung jawab, development people, memotivasi orang/ pengikut/ tim.
    7. Pondasi dari kepemimpinan yaitu kepercayaan.
    8. Kepercayaan dipengaruhi tiga hal yaitu kompeten, koneksi, karakter.
    9. Empat terbesar terbaik dari kepemimpinan yaitu vision, coutage, beauty, dan ethict.
    10. Identifikasi key position yaitu posisi mana yang penting bagi organisasi dan seberapa susah mengembangkan diri.
    11. Identifikasi key talent yaitu kinerja(diliat dari kebelakang) dan potensi(diliat dari kedepan). Dimana keduanya harus baik dari kinerja maupun potensinya.
    12. Assesment of potensial yaitu proses performa, melihat potensi juga tidak hanya melihat performa. Line manajer nomination yaitu pemimpin yang sering berinteraksi yang tahu potensi didalamnya. Assesment centre.
    13. Untuk grooming dan development dapat dilihat dari presentasinya, dimana 70% pengalaman, 20% nilai performa, 10% program perkembangan.
    14. Untuk checklist effectibe succestion plannibg yaitu yakinkan planning succestion dimiliki oleh pemimpin setiap lini, lihat ke belakang dan ke depan, harus balance talent yang dibangun didalam dan diambil dari luar.
    15. Tipe kepemimpinan yaitu sang komandan (membuat dan mempengaruhi semua orang dan hanya melihat hasil), sang pembimbing (membimbing tim agar mandiri, tidak hanya memikirkan hasil namun proses juga diliat), sang pendukung (dipakai apabila tim sudah dapat menguasai, hanya mengatur, mengkoordinasi tim), tim mandiri (tim yang bermotivasi tinggi dan percaya diri tidak membutuhkan pemimpin normal).
    16. Management talent yaitu talent aspirasi, talent seleksi, talent development, talent assesment.

    ReplyDelete
  6. @A19-Ramlan

    1) Pondasi yang paling penting dalam kempemimpinan itu ialah "Trush", saya sangat setuju sekali dengan statement ini, bahwa untuk mencapai 'trush' tersebut diperlukan 3 hal, yakni yang pertama kompeten : bahwa seorang pemimpin harus memiliki pengalaman yang dapat meningkatkan kompetensi nya, smakin tinggi kompetensi maka tingkat kepercayaan pun akan semakin besar, kemudian yang kedua adalah connection, maksud connection disini ialah bahwa seorang pemimpin harus nyambung dengan team yang lainnya dan yang terakhir ialah karakter, bahwasanya neorang pemimpin itu harus memiliki wibawa dan dapat membangun karakter anak buah yang bagus.
    2) untuk memenuhi aksi/tugas pemimpin maka harus memmiliki kunci pemimpin, apa itu kunci pemimpin? berdasarkan apa yang saya tangkap dari video itu terdapat 5 kunci pemimpin yakni pertama Harus punya visi, setiap pemimpin harus memilki rencana untuk melangkah kedepan nya, maka harus memilki visi yang jelas dan di share ke team yang lain nya agar berupaya untuk mewujudkan visi pemimpin nya tersebut, kemidian yang kedua itu ialah Building team, dimana seorang pemimpin harus mampu membangun sebuah team yang kuat yakni berhubungan dengan yang tadi dengan cara meningkatkan 'trust' dan yang ketiga galah alokasi tangoing jawab, jadi pemimpin itu harus bertanggung jawab dan dapat mengalokasikan tanggung jawab yang lain kepada team nya, dan memastikan bahwa team nya mampu menjalankan kewajibannya masing-masing yang ke empat ialah pengembangan team, yakni pemimpin harus menyiapkan anak buah nya dengan knowlage yang up to date dan selalu berkembang sehingga team nya akan mampu menjalankan visi yang diharapkan dan yang terakhir galah motivasi bahwa seorang pemimpin harus dapat memotivasi team yang lain nya untuk bergerak maju ke depan.
    3) menurut presentasi bu betti, terdapat 4 type kempemimpinan, yakni yang pertama the commander, maksud the commander di sini ialah keputusan semua diambil oleh pemimpin, namun type kepemimpinan ini umumnya merupakan kepemimpinan yang sukses jangka pendek, karena hanya berorientasi pada hasil tidak ada power, namun kepemimpinan commander ini kadang diperlukan pada saat-saat tertentu misalkan ketika anak buah kita masi tidak memiliki knowlage dan pengalaman maka type kepemimpinan ini diperlukan, kemudian yang kedua ialah the coach (Sang Pembimbing), type kepemimpinan ini tidak hanya berorientasi pada hasil saja melainkan turut membimbing bawahannya agar dapat berdiri sendiri dan yang ketiga adalah The supporter, dimana type kepemimpinan ini terjadi ketika team sudah lebih berpengalaman, pemimpin hanya terlibat sedikit saja, jika ada masalah baru muncul untuk memberikan dukungan serta yang terakhir ialah type kepemimpinan yang tim mandiri, jadi team sudah dapat berdiri sendiri meskipun pemimpin tidak ada, pemimpin sudah mempercayai kinerja team nya.
    4) succession planning menurut video tersebut ada 4 yakni yang pertama mengidentifikasi posisi, jadi untuk mencapai kesuksesan kita harus mampu melihat peluang, dimana skil kita dan dimana posisi yang akan membuat sukses diri kita, kemudian yang kedua ialah mengidentifikasi kandidat yang potensial, maksudnya untuk mencapai kesuksesan tentunya memerlukan bantuan team, di sana kita harus bisa memilih kandidat-kandidat yang potensial, yang ketiga ialah pengembangan, jadi setelah mendapatkan kandidat atau team yang potensial maka tugas selanjutnya ialah dilakukan pengembangan dan yang terakhir ialah transisi maksudnya mungkin setelah dilakukan pelatihan maka team tersebut juga bisa beralih ke tahap pemimpin untuk mengembangkan area kesuksesan.
    5) checklist efektif success yang saya tangkap itu ada 2 point, yakni yang pertama kita harms yakinkan bahwa kesuksesan itu ada pada setiap pemimpin, baik pada diri kita ataupun orang yang kita pilih sebagai leader dan point yang satu lagi ialah kita dapat memanage kesuksesan data dari individu, jadi data kesuksesan setiap team harus dapat terkontrol.

    ReplyDelete
  7. @A20-Alfin
    1. Dalam leadership style khususnya the commander (sang komandan) mempunyai sifat yang sama pada Gaya Kepemimpinan Otoriter / Authoritarian

    Adalah gaya pemimpin yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh. Segala pembagian tugas dan tanggung jawab dipegang oleh si pemimpin yang otoriter tersebut, sedangkan para bawahan hanya melaksanakan tugas yang telah diberikan. kelemahan pemimpin dengan kepribadian merah ini. Mereka sangat mementingkan tujuan sehingga tidak pernah peduli dengan cara. Makan atau dimakan adalah prinsip hidupnya.
    2. Menurut saya yang sering terjadi dari konflik di dalam organisasi seperti suasana kerja yang tidak kondusif yang membuat semua anggota di dalam organisasi tidak nyaman dalam bekerja, kurangnya kreativitas dalam bekerja, saling menjatuhkan antar anggota atau antar divisi yang berkonflik, menghambat kerja sama, dan rendahnya motivasi biasanya terjadi pada konflik antara atasan dan bawahan.
    3. konflik yang terbaik di dalam organisiasi, yaitu tingginya motivasi untuk menjadikan diri atau divisinya lebih baik dari anggota lain atau divisi lain. Produktivitas meningkat karena secara tidak langsung konflik akan memicu setiap anggota atau divisi bisa menunjukkan diri lebih baik dari anggota atau divisi lainnya.Hal tersebut menguntungkan bagi organisasi karena membuat produktivitas organisasi tersebut meningkat, konflik sebagai pengembang sumber daya dalam organisasi, dan kreativitas karena konflik bisa membuat anggota berpikir kritis, sehingga bisa memicu anggota berpikir lebih kreatif dalam menghadapi setiap permasalahan yang ada.
    4. Saya setuju dengan Ibu Betty dalam gaya kepemimpinan the commander. Sebagian besar mereka sangat bingung jika umurnya sudah melampaui batas. Mereka bingung siapa yang sanggup menggantikan. Karena sebelumnya belum dipersiapkan sumber daya manusianya yang berpengalaman dalam menjalankan bisnisnya. Karena keputusan yang diambil hanya seorang pemimpin tanpa mendiskusi dan dipertimbangkan bagaimana kedepannya
    5. Tidak lupa bahwa aspek komunikasi menjadi kunci sukses seorang pimpinan dalam mengendalikan bawahannya. Mampu berkomunikasi dan membangun komunikasi yang efektif dengan tim kerja akan berdampak pada kinerja tim. Bila komunikasi sudah tidak bagus, ide apapun yang dibutuhkan oleh tim tidak akan terpenuhi dengan baik, hasil buruknya adalah hasilnya omsetnya pun menurun dan profit ikut menurun.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  8. @A01-islamia
    Setelah menyaksikan video tersebut sangat luar biasa.. Video tersebut memberikan informasi dan pengetahuan yang luar biasa.. Sehingga saya dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut:
    1. Leadership merupakan energetic yang dapat membuat seseorang melakukan yang ingin dilakukan. Leadership seharusnya menginspirasi, mempengaruhi, memotivasi, hingga tim menjadi sukses
    2. Dalam tim kepemimpinan harus memiliki fondasi yang kuat yaitu Trust. Trust dapat dipengaruhi oleh competece, connection, character sehingga pemimpin tersebut dapat membangun pemimpin-pemimpin yang baru agar organisasi dapat berjalan baik.
    3. Pemimpin merupakan kunci keberhasilan organisasi. Pemimpin harus memiliki visi, tanggungjawab, membangun tim, develope people dan motivasi
    4. Berbagai macam style leadership yakni:
    - the commender : keputusab diambil oleh pemimpin dan bawahan sebagai pelaksana
    - the coach : keputusan diambil bersama sama, pada style ini pemimpin membimbing dan membantu tim
    - the supporter : tim yang sudah berpengalaman sehingga kelak pemimpin hanya datang ketika ada masalah
    - tim mandiri : tim yang sudah melakukan apapun sendiri.
    Sekian kesimpulan yang dapat saya ambil..
    Terimakasih

    ReplyDelete
  9. @05-Tito

    Terimakasih pak Atep atas arahannya untuk menyaksikan video tersebut dan dijadikan sebagai kuis, mohon maaf atas keterlambatan posting saya. Video tersebut sangat menginspirasi sekaligus memotivasi saya terutama dalam memperkuat kembali sifat leadership saya. BEberapa hal yang saya dapat simpulkan yakni :

    1. Building Trust, hal yang paling utama dan pertama yang harus dilakukan pemimpin dalam memimpin suatu kelompok untuk dapat mencapai Visi suatu tim, yakni Building Trust. Hal ini yang saya alami cukup menantang, akan tetapi bukan mustahil, pemimpin harus bisa menginspirasi dan mempengaruhi anggotanya dalam mencapai visi, saya dalam hal ini akan mencoba menanamkan kepada anggota bahwa Visi yang akan dicapai merupakan tantangan yang menjadi tanggung jawab kita bersama untuk tujuan bersama, kita semua adalah penopangnya, jika salah satu dari kita tidak dapat bekerja sama dengan salah satu lainnya, maka kemenangan dari sebuah pencapaian hanyalah seperti air laut tanpa garam. Kemudian pemimping juga harus dapat memotivasi anggotanya untuk dapat mengeluarkan effort terbaik dalam mencapai visi kelompoknya. Diantara semua itu, justru yang paling sulit yakni konsistensi pemimpin mempertahankan kepercayaan tersebut, maka dari itu saya berkesimpulan bahwa kepemimpinan harus dibangun sebagai karakter yang menjunjung tinggi integritas, bukan reputasi, karena karakter akan melekat erat terhadap diri seseorang.

    2. Relasi/Koneksi, Jika hal yang pertama sudah dilakukan, dalam kelancaran untuk mencapai suatu visi dari tim yakni membangun hubungan / relasi / koneksi yang baik terhadap Stakeholder, atau dalam hal ini orang-orang yang terlibat / berperan serta dalam tercapainya visi dan misi suatu kelompok. Hal ini saya ibaratkan seperti halnya perusahaan besar yang menggaet para investor dan membangun hubungan kerjasama dengan organisasi maupun perusahaan-perusahaan lainnya, untuk mempertahankan maupun meningkatkan eksistensi dari perusahaan tersebut.

    ReplyDelete
    Replies

    1. 3. Kunci kesuksesan, dalam hal ini untuk mencapai kesuksesan, seorang pemimpin yang baik haruslah mengetahui Kekuatan maupun kelemahan dari Tim yang dipimpinnya. Dalam hal ini yang saya lakukan ialah Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dengan hal tersebut pemimpin dapat mengetahui dengan baik hal-hal yang masih dapat dikembangkan dari anggotanya, peluang-peluang apa saja yang dapat digunakan untuk mencapai visi dan misi, serta kekuatan apa yang menjadi keunggulan dari tim yang dipimpinnya. Tentunya ini merupakan dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, visioner.

      4. Beberapa gaya kepemimpinan yang disampaikan oleh Ibu Betty ini merupakan hal baru untuk saya dan sangat membantu saya, terutama dalam mengenali tipe kepemimpinan saya. Adapun 4 tipe kepemimpinan yang disampaikan oleh Ibu Betty yakni sbb:
      - the commander : keputusan diambil oleh pemimpin dan bawahan sebagai pelaksana
      - the coach : keputusan diambil bersama sama, pada style ini pemimpin membimbing dan membantu tim
      - the supporter : tim yang sudah berpengalaman sehingga kelak pemimpin hanya datang ketika ada masalah
      - independent : tim yang sudah melakukan apapun sendiri

      5. Manajemen Konflik, dalam bahasan video tersebut sedikit disinggung mengenai konflik dan kenyamanan kerja. Menurut saya konflik merupakan bumbu penyedap dalam suatu tim, sekaligus merupakan tantangan bagi seorang pemimpin, dan yang paling penting, hal ini pasti terjadi. Untuk menghadapinya selain dengan membuat suasana kerja yang nyaman dan kondusif, seperti penjelasan pada point 1, pemimpin dari sebuah tim harus menginspirasi bahwa semua orang pada dasarnya ialah pemimpin, minimal untuk dirinya sendiri, jika seorang Team Leader sudah menanamkan hal tersebut maka kedewasaan anggota akan muncul dan di suatu point, Team Leader hanya perlu menengahi dan mengingatkan, bahkan beberapa yang saya temui menjadikan Konflik permasalahan tersebut sebagai Trigger untuk dapat menyatukan dan menginspirasi anggota lainnya, ini semua merupakan manajemen konflik yang baik.

      Demikian yang dapat saya sampaikan berdasarkan apa yang saya tangkap dan saya pahami dari Video tersebut.
      Terimakasih Pak Atep dan Ibu Betty.

      Best Regards,

      Tito Aldila Putra
      41616110015

      Delete
  10. @A38-Khaerul

    Leadership itu adalah suatu energetic process yang membuat orang fully and willingly committed untuk melakukan hal yang sudah disepakati bersama dengan aturan-aturan yang sudah di sepakati.

    2.Leadership tujuanya untuk membuat tim sekses bukan untuk mementingkan sendiri.

    3. Pondasi dari leadership adalah trust,dan dasar dari trust ada 3 yaitu commited,connection and carachter.

    4. Pemimpin itu harus membangun pemimpin - pemimpin, karena keberlangsungan organisasi karena pengaruhnya sangat besar.

    5. kunci jadi pemimpin yang baik diantaranya visi, mambangun tim,mengalokasikan tanggung jawab,develope people, motivate

    6. untuk emnjadi great leader di perlukan hal-hal berikut yaitu visi, thu realitas sekarang dan encourage.

    7. type leadership itu ada 4 yaitu the commander, the couch, the supporter dan self organitation.

    8. kepemimpinan dengan gaya the commander semua keputusan diambil oleh pemimpin, type kepemimpinan ini cocok untuk jangka pendek saja.

    9. type kepemimpinan the commander dibutuhkan ketika dalam emergency case dan untuk new organitation dimana belum ada kepemimpinan.

    10. kepemimpinan the couch tidak hanya ingin berhasil untuk dirinya sendiri namun untuk timnya atau member yang di pimpinnya.

    11. the supported tipe kepemimpinan yang egoless artinya dia ingin member atau tim nya yang ingin lebih meninjol dari pemipin itu sendiri.

    12.memilih gaya yang tepat untuk kepemimpinan sangatlah penting, type the commander dibutuhkan untuk new organitation dimana belum ada pemimpin dan masih baru. setelah organisasi tersebut sudah ada kemudian type the couch dibutuhkan setelah hal tersebut adaknowlegde and experience. Type supporter diterapkan ketika type te couch telah terpenuhi yaitu koordinasi. dan yang terakhir yaitu self-reader di terapkan ketika semuanya sudah ada pengetahuan, pengalaman dan koordinasi.

    13. Succession planning itu proses dari mulai mengidentifikasi planning, gromming development, atracting talent dan talent development.

    14. succession planning erat kaitanya dengan talent. dalam sebuah organaisasi talent seperti apa yang di butuhkan untuk organisasi sekarang.

    15. untuk menetukan key potition yaitu ada dua yaitu pertama critically posisi-posisi mana yang kritikal dalam perusahaan. yang kedua adalah retention.

    16. Success Planning itu di pegang oleh bisnis leader, Bisnis Leader bukan HR manager melainkan si semua karyawan itu sendiri.

    Sekian Kesimpulan yang dapat saya ambil dari tayngan tersebut.

    Terima Kasih.

    ReplyDelete