Friday, December 2, 2016

Motivasi Kerja




Setiap manusia ingin memiliki rasa nyaman dalam bekerja. Kenyamanan antara satu karyawan dengan yang lain pasti berbeda. Banyak cara agar para karyawan memperoleh kenyamanan dalam bekerja.
Kenyamanan bekerja bisa diperoleh dari diri sendiri maupun dari pihak perusahaan. Kenyamanan yang yang dapat diperoleh dari diri sendiri dengan melakukan hubungan baik antar karyawan. Kenyamanan yang dapat diberikan oleh perusahaan yaitu selalu memberikan motivasi dalam bekerja. Motivasi itu sendiri yaitu suatu perangsang keinginan daya gerak kemauan bekerja seseorang, setiap motif mempunyai tujuan tertentu yang ingin dicapai. Tujuan umum perusahaan dapat dicapai jika ada motivasi kerja pada setiap perusahaan. Motivasi kerja memiliki tujuan yaitu :
1.      Mendorong gairah dan semangat kerja karyawan
2.      Meningkatkan moral dan kepuasan kerja karyawan
3.      Meningkatkan produktivitas kerja karyawan
4.      Mempertahankan loyalitas dan kestabilan karyawan perusahaan
5.      Menciptakan suasana dan hubungan kerja yang baik.
6.      Meningkatkan kreativitas dan partisipasi karyawan.
Dilihat dari tujuan motivasi kerja, benar menyatakan jika motivasi kerja sangat berpengaruh dalam mencapai tujuan bersama perusahaan. Dalam memotivasi karyawan setiap perusahaan pasti memiliki teori tersendiri untuk membuat motivasi tersebut. Menurut Husein Umar dalam Sunyoto Danang (2012:192) teori motivasi pada dasarnya dibedakan menjadi dua, yaitu teori motivasi kepuasan dan teori motivasi proses. Dimana:
1.      Teori Kepuasan (Content Theory)
Teori ini berdasarkan faktor kebutuhan dan kepuasan individu sehingga mereka mau melakukan aktivitasnya. Teori ini mencoba mencari tahu tentang kebutuhan apa yang dapat memuaskan dan yang dapat mendorong semangat kerja seseorang.
2.      Teori Motivasi Proses ( Process Theory Of Motivation)
Teori ini berusaha agar setiap karyawan mau bekerja giat sesuai dengan harapan. Daya penggerak yang memotivasi semangat kerja terkandung dari harapan yang akan diperolehnya. Jika harapan menjadi kenyataan maka karyawan cenderung akan meningkatkan kualitas kerjanya. Ada 3 macam teori proses utama yaitu :
a)      Teori Harapan
Teori ini mengatakana bahwa pekerja dituntut merealisasikan haraapan-harapan dari pekerjaan itu. Untuk merealisasikan harapan itu dibutuhkan peraturan yang digunakan untuk mengarahkan ke hasil-hasil yang menguntungkan.
b)      Teori Keadilan
Keadilan merupakan daya penggerak yang memotivasi semaangat kerja sesorang. Jadi atasan harus bertindak adil terhadap semua bwahannya secara obyektif.
c)      Teori Penguatan
Teori jenis ini dapat dipergunakan manajer untuk memodifikasi motivasi karyawan, yaitu penguatan positif, dan penguatan negatif.
Teori-teori ini dapat dilakukan oleh perusahaan jika perusahaan siap dan mau dalam memotivasi kerja karyawannya. Setiap perusahaan harus memiliki langkah-langkah dalam memotivasi karyawan. Langkah-langkah yang perlu diperhatikan oleh setiap pemimpin yaitu :
1.      Pemimpin harus tahu apa yang harus dilakukan oleh bawahan.
2.      Pemimpin harus berorientasi kepada kerangka acuan orang.
3.      Tiap orang berbeda-beda di dalam memuaskan kebutuhan.
4.      Setiap pemimpin harus memberikan contoh yang baik bagi karyawan.
5.      Pemimpin mampu mempergunakan keahlian dalam berbagai bentuk.
6.      Pemimpin harus berbuat dan berlaku realistis.
Langkah motivasi kerja ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: faktor intern dan ekstern dimana, faktor eksteren berasal dari luar diri karyawan yaitu: kepemimpinan, lingkungan kerja yang menyenangkan, komposisi yang memadai, adanya penghargaan akan prestasi, status dan tanggung jawab. Sedangkan dari Faktor intern yaitu yang berasal dari diri karyawan itu sendiri yaitu kematangan pribadi, tingkat pendidikan, keinginan dan harapan pribadi,   kebutuhan terpenuhi, kelemahan dan keborosan dan kepuasan kerja. Faktor-faktor ini sangat berpengaruh terciptanya motivasi kerja yang terdapat di perusahaan. Untuk itu perusahaan dituntut untuk menciptakan motivasi kerja agar tujuan bersama perusahaan dapat terwujud.

Anonim. 2010. Definisi Motivasi Kerja dalam https://teorionline.wordpress.com/2010/01/25/definisi-motivasi-kerja/  yang diakses : 02 Desember 2016

Anonim. 2016. Pengertian Motivasi Kerja dalam http://117house.blogspot.co.id/2016/01/pengertian-motivasi-kerja.html      yang diakses : 02 Desember 2016

Ruslani. Semangat dan Motivasi Kerja dalam http://www.ruslani.com/kata-semangat-motivasi-kerja-karyawan.html yang diakses : 02 Desember 2016


4 comments:

  1. @A17_Sri
    Point 3
    Selamat siang mba Mia, setelah saya membaca artikel yang mba buat, secara materi pembahasan sudah cukup jelas hanya saja dalam pembuatan mind map sebaiknya tidak terlalu full sehingga hanya point - point yang akan dijls kan saja.

    ReplyDelete
  2. @A02-Sylvana

    Poin: 3

    Selamat siang mba nur
    Untuk artikelnya sudah cukup baik. Karena jelas dan lumayan lengkap. Tetapi sebaikny untuk daftar pustaka lebih diperbanyak dan diambil dari jurnal-jurnal ilmiah. Terimakasih

    ReplyDelete
  3. @A11-Ari

    Point:3

    Smuanya oke

    Trimakasih

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.