Wednesday, December 28, 2016

Peranan Manajemen Talenta Dalam Perusahaan


Oleh
Melinda Cahya
41616110013 
I.            Pendahuluan
Setiap perusahaan, manusia merupakan sumber daya yang paling penting dalam sebuah perusahaan. Dimana perusahaan harus selalu mampu mempertahankan SDM terbaik dan berbakat yang mereka miliki, yang dapat berkerja keras, yang mampu mengembangkan keahliannya, dan mampu bersaing dalam kemajuan teknologi yang semakin pesat.

Dalam era globalisasi adaptasi perusahaan melalui manajemen talenta sangat diperlukan mengingat arus informasi dan perubahan yang cepat dan terus menerus. SDM dengan talenta baru bagi organisasi diperlukan untuk mencapai keberhasilan/kinerja organisasi. Organisasi harus menambah waktu dan tenaga untuk memperbaiki kinerja dari talenta baru tersebut. Para talent akan berlomba-lomba untuk melakukan yang terbaik bagi organisasi apabila organisasi menghargai pekerjaannya

II.         Permasalahan
Bagaimana melaksanakan manajemen talenta di dalam sebuah perusahaan?

III.       Pembahasan
Sebelum kita membahas bagaimana cara melaksanakan manajemen talenta dalam sebuah perusahaan, kita bahas terlebih dahulu pengertian manajemen talenta.
Manajemen talenta (atau manajemen suksesi) adalah proses analisis , pengembangkan, dan pemanfaatan talenta yang berkelanjutan dan efektif untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Hal ini melibatkan proses tertentu yang membandingkan talenta saat ini di suatu departemen dengan kebutuhan strategi bisnisnya. Hasil ini mengarah pada pengembangan dan implementasi strategi yang sesuai untuk mengatasi kesenjangan atau surplus talenta. (Linda, 2014)
Talent management atau manajemen bakat adalah suatu proses manajemen SDM terkait tiga proses. Pertama, mengembangkan dan memperkuat karyawan baru pada proses pertama kali masuk perusahaan (onboarding). Kedua, memelihara dan mengembangkan pegawai yang sudah ada di perusahaan. Ketiga, menarik sebanyak mungkn pegawai yang memiliki kompetensi, komitmen dan karakter bekerja pada perusahaan.
Manfaat melakukan manajemen talenta  Bagi Perusahaan :
  • Meningkatkan penerimaan kepada pemegang saham (return on investment) dan kapitalisasi pasar
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Meningkatkan penerimaan dan profitabilitas
  • Meningkatkan efisiensi biaya melalui reduksi pemborosan terus-menerus
  • Meningkatkan kualitas, produktivitas dan kapabilitas
  • Menurunkan waktu siklus (cycle time)
  • Mengaitkan usaha-usaha individual dengan sasaran bisnis
  • Meningkatkan komitmen terhadap karyawan bernilai tinggi
  • Menurunkan tingkat keluar-masuk karyawan (employees turnover ratio)
  • Memadankan pekerjaan dan keterampilan karyawan
  • Mengidentifikasi dan menangani : pengembangan karir pegawai, keanekaragaman
Manfaat Sistem Manajemen Talenta Bagi Karyawan:
  • Meningkatkan motivasi dan komitmen; mengembangkan dan mengkomunikasikan jalur karir.
  • Meningkatkan pengetahuan tentang kontribusi kepada sasaran perusahaan
  • Meningkatkan kepuasan kerja, dll.
Aspek manajemen talenta
1.   Talent Assessment
Merupakan talent yang dibutuhkan oleh organisasi baik untuk sekarang dan masa yang akan datang dengan melatih dan menyiapkan talent yang ada untuk menduduki sebuah posisi. Dimana kita akan melihat talent apa yang sedang dan akan dibutuhkan oleh organisasi agar mencapai tujuan organisasi.
2.   Talent Aspiration
Dengan melihat serta mendengarkan Aspirasi dari talent sehingga talent tetap tinggal dalam organisasi tersebut dan memberikan karir yang terbaik dikarenakan talent merasa apa yang diingikan dan dibutuhkan oleh talent telah terpenuhi.
3.   Talent Selection
Sebelum menyeleksi terlebih dahulu ada baiknya melihat kondisi di perusahaan apakah perusahaan membuat talent – talent yang berpotensial tertarik untuk masuk dalam perusahaan tersebut. Oleh karena itu diperlukan correction dan action ( dicari apa yang salah dan melakukan perbaikkan ) apabila perusahaan sulit untuk menarik talent – talent.
4.   Talent Development
Terkadang talent melihat peluang pekerjaan untuk lebih baik lagi dalam mengembangkan talenta yang dimiliki. Oleh karena itu perusahaan juga harus dapat mengembangkan talenta yang dimiliki oleh talent tidak hanya pada awalnya saja mencari talent terbaik tetapi tidak dikembangkan.
          Manajemen Talenta (Succession Planning) adalah suatu proses mulai dari mengidentifikasi posisi-posisi kunci dalam sebuah perusahaan, mengidentifikasi kandidat – kandidat yang potensial, lalu mengembangkan dan proses transisi.
Langkah-langkah
  1. Mendidentifikasi kemampuan apa? yang penting untuk mendukung keberhasilan organisasi secara jangka panjang
  2. Melihat posisi-posisi apa yang kritikal dalam organisasi yang dituntut untuk memiliki kemampuan atau kompetensi
  3. Mengidentifikasi orang-orang yang potensial untuk dikembangkan mengemban peran dan tanggung jawab posisi kritikal tadi
  4. Menyusun dan menyiapkan program pengembangan khusus bagi calon pemimpin masa depan yang ada dalam talent pool tersebut

IV.        Kesimpulan
              Dengan program talent management diharapkan perusahaan dapat menemukan dan meningkatkan bakatbakat dan keterampilan tenaga kerja sebagai salah satu sarana utama agar mereka tetap kompetitif. Dimana dengan menerapkan talent manajemen yang effective maka sebuah perusahaan dapat mempertahankan talent-talent yang sudah ada bahkan dapat mencari aau menemukan talent – talent baru yang dapat menggantikan talent yang terbaik tersebut.

Daftar Pustaka
Ahmad Pella, Darmin & Inayati, Afifah. 2011. Talent Management, Mengembangkan SDM Untuk Mencapai Pertumbuhan Dan Kinerja Prima, PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Kusumawijaya, Ida Ketut. 2011. Peran Mitra Strategis Dan Agen Perubahan Dalam Manajemen Talenta Dan Kinerja Manajer. Jurnal Siasat Bisnis. Volume 15. Nomer 1. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=161128&val=584&title=Peran%20Mitra%20Strategis%20dan%20Agen%20Perubahan%20dalam%20Manajemen%20Talenta%20dan%20Kinerja%20Manajer. Diakses pada tanggal 28 Desember 2016

Lumbantobing, Linda Ria. 2014. Sekilas tentang Manajemen Talenta. http://www.bppk.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel/418-artikel-soft-competency/20196-sekilas-tentang-manajemen-talenta. Diakses pada tanggal 28 Desember 2016

Fuad, Alex. 2016. Manajemen Talenta Kekinian. http://sdmberkualitas.blogspot.co.id/2016/06/manajemen-talenta-kekinian.html. Diakses pada tanggal 28 Desember 2016

No comments:

Post a Comment