Friday, December 2, 2016

PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN



I.PENDAHULUAN

Suatu perusahaan dalam melaksanakan kegiatannya, baik perusahaan yang bergerak di bidang industry, perdagangan maupun jasa akan berusaha untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Satu hal yang penting yaitu bahwa keberhasilan berbagai aktivitas didalam perusahaan dalam mencapai tujuan bukan hanya tergantung pada pada keunggulan teknologi, dana operasi yang tersedia, sarana ataupun prasarana yang dimiliki, melainkan juga tergantung pada aspek sumber daya manusia. Faktor sumber daya manusia ini merupakan elemen yang harus diperhatikan oleh perusahaan, terutama bila mengingat bahwa era perdagangan bebas akan segera dimulai, dimana iklim kompetisi yang dihadapi akan sangat berbeda. Hal ini memaksa setiap perusahaan harus dapat bekerja dengan lebih efisien, efektif dan produktif.Tingkat kompetisi yang tinggi akan memacu tiap perusahaan untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan memberikan perhatian pada aspek sumber daya manusia. Jadi manusia dapat dipandang sebagai faktor penentu karena ditangan manusialah segala inovasi akan direalisir dalam upaya mewujudkan tujuan perusahaan.

II.PEMBAHASAN

Menurut Handoko ( 2003 : 74 ) motivasi adalah sebagai keadaan dalam pribaadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan – kegiatan tertentu guna mencapai tujuan. Sedangkan menurut Sopiah ( 2008 : 179 ) motivasi adalah keadaan dimana usaha dan kemauan keras seseorang diarahkan kepada pencapaian hasil – hasil atau tujuan tertentu.
Motivasi erat kaitannya dengan timbulnya suatu kecenderungan untk berbuat sesuatu guna mencapai tujuan. Ada hubungan yang kuat antara kebutuhan motivasi, perbuatan atau tingkah laku, tujuan dan kepuasan serja kinerja. Karena setiap perubahan senantiasa berkat adanya dorongan motivasi. Motivasi timbul karena adanya suatu kebutuhan dan karenanya perbuatan tersebut terarah pencapaian tujuan tertentu yang pada akhirnya disebut sebagai kinerja karyawan.
Semakin termotivasi karyawan dalam melakukan pekerjaan maka produktivitas kerja karyawan tersebut tinggi. Sebaliknya jika karyawan tidak termotivasi dalam suatu pekerjaan maka produktivitas kinerja karyawan rendah.

E. J. Donal (Komaruddin, 1983:100) membagi motivasi dalam dua jenis :
  • Motivasi intrinsik yaitu motivasi yang timbul dari dalam diri seseorang. Motivasi ini sering disebut “motivasi murni” misalnya, kebutuhan untuk berprestasi, kebutuhan akan perasaan diterima
  • Motivasi ekstrinsik yaitu motivasi yang datang dari luar diri seseorang. misalnya, kenaikan pangkat, pujian, hadiah dan sebagainya.
Berdasarkan beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja adalah kondisi fisiologis dan psikologis yang terdapat di dalam pribadi seseorang yang mendorongnya untuk melakukan aktivitas tertentu guna mencapai suatu tujuan.
Berikut beberapa tujuan motivasi menurut Malayu ( 2006 : 146 ):
  • Meningkatkan moral dan kepuasan kerja karyawan
  • Meningkatkan produktivitas kerja karyawan
  • Mempertahankan kestabilan karyawan perusahaan
  • Meningkatkan kedisiplinan karyawan
  • Mengefektifkan pengadaan karyawan
  • Menciptakan suasana dan hubungan kerja yang baik
  • Meningkatkan loyalitas, kreativitas dan partisipasi karyawan.
  • Meningkatkan tingkat kesejahteraan karyawan
  • Mempertinggi rasa tanggung jawab karyawan terhadap tugas-tugasnya
  • Meningkatkan efisiensi penggunaan alat-alat dan bahan baku.
Ada 2 metode motivasi yaitu :
  • Motivasi langsung ( direct motivation )
Adalah motivasi yang langsung diberikan pada karyawan untuk memenuhi kebutuhan serta kepuasannya. Motivasi ini bisa berupa pujian, penghargaan, tunjangan khusus, dan bonus

  • Motivasi tidak langsung ( indirect motivation )
Adalah motivasi yang diberikan untuk mendukung serta menunjang gairah kerja atau kelancaran tugas sehingga karyawan betah dan bersemangat dalam melakukan kerjanya. Motivasi ini bisa berupa fasilitas-fasilitas.

Motivasi kerja melibatkan faktor-faktor yang mempengaruhi. Menurut A.A Anwar Prabu Mangkunegara (2002:456), faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi diantaranya :
  • Perbedaan karakteristik individu meliputi kebutuhan, minat, sikap, dan nilai.
  • Perbedaan karakteristik pekerjaan. Hal ini berhubungan dengan persyaratan jabatan untuk setiap pekerjaan yang menuntut penempatan pekerjaan sesuai bidang keahliannya.
  • Perbedaan karakteristik organisasi yang meliputi peraturan kerja, iklim kerja, dan budaya kerja yang disepakati.

III. KESIMPULAN

Motivasi merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh pihak manajemen bila mereka menginginkan setiap karyawan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pencapaian tujuan perusahaan. Karena dengan motivasi, seorang karyawan akan memiliki semangat yang tinggi dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya. Tanpa motivasi, seorang karyawan tidak dapat memenuhi tugasnya sesuai standar atau bahkan melampaui standar karena apa yang menjadi motif dan motivasinya dalam bekerja tidak terpenuhi. Sekalipun seorang karyawan memiliki kemampuan operasional yang baik bila tidak memiliki motivasi dalam bekerja, hasil akhir dari pekerjaannya tidak akan memuaskan.

IV DAFTAR PUSTAKA

Hasibuan, H. Malayu S.P.2002.Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi Kedua, Penerbit BPFE-UGM, Yogyakarta.
Mangkunegara Anwar Prabu 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.
Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sopiah, 2008. Perilaku Organisasional, Andi, Yogyakarta.

Handoko, T. Hani. 2003. Manajemen. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

5 comments:

  1. @A08-priyagung
    Point 3
    Artikel cukup lengkap dan bagus mungkin lebih di perhatikan dalam menulis daftar pustaka , lanjutkan terus berkarya bro

    ReplyDelete
  2. Cukuo bagus. Dan perlu diperhatikan untuk penulisan daftar pustaka.
    Tetap semangat.

    Point:3

    ReplyDelete
  3. @A20-Alfin
    Poin 3
    Artikelnya sangat membantu,tetapi perlu ditingkatkan lagi penulisannya
    Terima kasih

    ReplyDelete
  4. @A19-RAMLAN
    Point=3
    Isi artikelnya sangat bagus, mindmapnya juga kreatif, dan daftar pustaka juga banyak refrensinya.
    Thanks

    ReplyDelete