Pengertian
Perencanaan dan Penyediaan SDM
Perencanaan dan proses penyediaan
SDM dengan jumlah,kualifikasi ,
dan waktu yang sesuai dengan
kebutuhan, agar organisasi mampu mencapai tujuannya dengan cara menjamin
kontinuitas ketersediaan tenaga kerja dengan keterampilan, kemampuan dan pengalaman
yang sesuai dengan kebutuhan organisasi
Tujuan
Perencanaan dan Penyediaan SDM adalah:
·
Untuk
menjamin tersedianya tenaga kerja masa kini maupun masa depan sehingga setiap
pekerjaan ada yang mengerjakannya
·
Untuk
menghindari terjadinya mismanajemen dan tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas
·
Untuk
mempermudah koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi, sehingga produktivitas
kerja meningkat
·
Untuk
menjadi pedoman dalam menetapkan program rekrut, seleksi, pengembangan,
kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, kedisiplinan, dan pemberhentian
karyawan, juga dalam penilaian karyawan
SYARAT
– SYARAT PERENCANAAN SDM
a. Harus mengetahui secara jelas masalah yang akan direncanakannya.
b. Harus mampu mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang SDM.
c. Harus mempunyai pengalaman luas tentang job analysis, organisasi dan situasi persediaan
a. Harus mengetahui secara jelas masalah yang akan direncanakannya.
b. Harus mampu mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang SDM.
c. Harus mempunyai pengalaman luas tentang job analysis, organisasi dan situasi persediaan
SDM.
d. Harus mampu membaca situasi SDM masa kini dan masa mendatang.
e. Mampu memperkirakan peningkatan SDM dan teknologi masa depan.
f. Mengetahui secara luas peraturan dan kebijaksanaan perburuhan pemerintah.
d. Harus mampu membaca situasi SDM masa kini dan masa mendatang.
e. Mampu memperkirakan peningkatan SDM dan teknologi masa depan.
f. Mengetahui secara luas peraturan dan kebijaksanaan perburuhan pemerintah.
Tantangan
Perencanaan dan penyediaan SDM dikategorikan
menjadi 3, yaitu:
1. Tantangan bersifat Eksternal (berbagai
hal yang pertumbuhan
ataupun perkembangannya berada di
luar kemampuan perusahaan
untuk mengendalikannya),
misalnya:
- Aspek Peluang
- Aspek Ancaman
- Aspek Ekonomi (inflasi,
krismon, dll)
- Aspek Sosial (perubahan pola
hidup
- Aspek Politik
- Aspek Deregulasi Perundangan
- Aspek Teknologi
- Aspek Pesaing
2. Tantangan bersifat Internal
(suatu kondisi/ rintangan/ halangan yang
bersumber dari dalam perusahaan
dan dalam jangkauan manajemen
untuk mengatasinya),
- Kekuatan
- Kelemahan
- Rencana kerja dan Anggaran
- Pengembangan Usaha
- Pengembangan Perusahaan
- Rencana strategis
3. Keadaan ketenagakerjaan pada
perusahaan itu sendiri
Sumber :
Asmiran, Yuni
Pita. 2015. Materi Kuliah MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA. Karawang
https://im3unismuh.wordpress.com/2011/02/23/ringkasan-materi-sdm/
(diakses pada 1 April 2016,pukul 23.00)
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.