Lima area kunci Manajemen
Kinerja adalah perencanaan, pemantuan, pengembangan, penilaian, dan penghargaan
karyawan .
1.
Merencanakan Beban Bisnis
Perencanaan adalah: tidak
hanya merencanakan tugas apa yang harus dikerjakan, cara yang harus dilakukan
untuk menyelesaikan. Melibatkan karyawan dalam proses ini adalah hal penting ,
karena dengan melibatkan karyawan, mereka akan merasa sebagai bagian dari
proses.
Dengan kata lain, melibatkan
karyawan dalam proses perencanaan meningkatkan moral. Juga membantu untuk memastikan
tidak adanya gap dalam komunikasi dalam penyampaian rencana. Setelah tahap
perencanaan, seluruh karyawan harus memiliki ide yang jelas terhadap apa yang
diharapkan dari mereka.
2.
Memantau Bisnis dan Kinerja Individu
Pemantauan adalah penjelasan
pribadi. Pemanatauan melibatkaan pemantauan karyawan oleh manajernya untuk
memastikan tugas mereka terselesaikan secara efisien dan mempertimbangkan
kemampuan karyawan dalam melakukan fungsinya. .
Pemantauan memastikan bahwa
harapan yang tidak realistis tidak ditentukan oleh manajemen atau karyawan dan
menyimpan jejak rekam tidak hanya untuk apa yang sudah mereka selesaikan tapi
juga yang sedang mereka kerjakan.
3.
Mengembangkan Kinerja Individu dan Tim
Pengembangan mengacu pada
menjaga keterlibatan karyawan untuk memenuhi meningkatnya standard di tempat
kerja. Meliputi pengajaran ketrampilan baru, menerapkan prosedur baru agar
proses kerja lebih bisa diakses.
Terkadang berarti memberikan
tanggung jawab baru pada karyawan. Pengembangan memastikan pertumbuhan karyawan
dan bisnis.
4.
Menilai Kinerja Individu
Penilaian adalah cara dimana
kinerja karyawan dievaluasi. Karyawan diberikan “kartu laporan” secara teratur.
Penilaian bisa memberikan gambaran area dimana karyawan perlu tumbuh serta area
yang menjadi keahliannya.
Ini memberikan peta yang
jelas dimana karyawan mengacu pada tanggal dan waktu yang penting untuk
memastikan bahwa karywan menjaga nilai pengembangan yang baik didalam bisnis.
5.
Menghargai Kinerja yang Bagus
Penghargaan Karyawan mungkin
adalah bagian penting dalam Manajemen Kinerja. Seorang karyawan yang bahagia
adalah karyawan yang produktif dan memberikan penghargaan pada karyawan yang
pekerjaannya luar biasa adalah faktor kunci untuk memastikan tingkat kerja
mereka tidak keropos.
Setiap orang ingin memastikan
bahwa dirinya dihargai. Studi menunjukkan bahwa karyawan yang dihargai atas
pekerjaan yang diselesaikan dengan baik jauh lebih termotivasi untuk melakukan
pekerjaannya dengan level yang lebih tinggi daripada mereka yang kinerjanya
kurang atau “dihukum” karena hasil yang diberikan kurang memuaskan.
Manajemen
Kinerja adalah metode dimana seorang pengusaha bisa memastikan bisnisnya tumbuh
secara konstan dan mencapai level yang diinginkan .
Ini
merupakan sistem yang mudah diterapkan dan paling efektif untuk memastikan
tercapainya tujuan bisnis.
Sumber:
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteNama: Adetha Muhammad Dzulfaqar
ReplyDeleteNIM: 41619010038
Terima kasih kepada penulis yang telah memberikan pembahasan mengenai 5 Langkah Mudah Untuk Sukses dalam Manajemen Kinerja. Dengan memberikan penjelasan yang simple tetapi sangat berguna untuk kita memahami tahap perancanaan, pemantauan, pengembangan, penilaian, dan penghargaan yang diberikan. Sebelum terjun dalam dunia kerja atau perusahaanpun langkah tersebut dapat diterapkan kepada diri masing-masing agar terus dapat memiliki kemajuan dan dapat mengukur kinerja dalam mencapai suatu tujuan atau target kita nantinya.