ANALISIS PEKERJAAN
Analisis pekerjaan merupakan studi yang sistematis untuk
mengumpulkan semua informasi yang menyangkut suatu jabatan dalam suatu
perusahaan dengan cara mencatat, mempelajari, dan menyimpulkan keterangan-keterangan
atau fakta-fakta yang berhubungan dengan masing-masing jabatan secara
sistematis dan teratur
Definisi Teknis Analisis
Pekerjaan
Suatu proses dimana sejumlah pekerjaan dibagi-bagi untuk
menentukan pekerjaan, tugas,dan tanggung jawab apa saja yang terlibat,
hubungannya dengan pekerjaan lain, syarat-syarat yang harus dipenuhi dimana
pekerjaan dilakukan, dan kapabilitas personal yang disyaratkan untuk mencapai
kinerja maksimal. Informasi yang akan diperoleh dari analisis pekerjaan adalah:
- Apa
yang dilakukan pekerja pada jabatan tersebut
- Apa
wewenang dan tanggung jawabnya
- Mengapa
pekerjaan tersebut harus dilakukan
- Bagaimana
cara melakukannya
- Alat/bahan
yang digunakan dalam melaksanakan pekerjaannya
- Besarnya
upah dan lamanya jam kerja
- Pendidikan,
pengalaman, dan pelatihan yang dibutuhkan
- Keterampilan,
sikap, dan kemampuan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan tersebut
- Kondisi
kerja
Tujuan Analisis Pekerjaan
Jabatan penting dilakukan sebelum
diadakan perekrutan tenaga kerja. Menciptakan SDM yang handal
dalam menghadapi tantangan teknologi modern, merasakan kenyamanan dalam
bekerja, bermartabat, dan berkeadilan di dalam suatu perusahaan. Analisis pekerjaan penting dilakukan sebelum diadakan perekrutan
tenaga kerja. Ada beberapa manfaat yang diperoleh dengan mengadakan analisis
pekerjaan, yang juga merupakan tujuan dari dilakukannya analisis jabatan. Adapun
tujuan analisis pekerjaan yaitu,
·
Memperoleh
tenaga kerja pada posisi yang tepat,
·
Memberikan
kepuasan pada diri tenaga kerja
·
Menciptakan
iklim dan kondisi kerja yang kondusif
Sumber Informasi Analisis
Pekerjaan
Informasi
yang berkaitan dengan Analisa Jabatan tadi dapat diperoleh dari
beberapa
sumber, yaitu :
1.
Pekerjaan itu sendiri dan buku catatan harian
2.
Pekerja yang bersangkutan
3.
Orang yang pernah melaksanakan pekerjaan tersebut
4.
Atasan langsung dari pekerja yang bersangkutan.
Berdasarkan
sumber-sumber tersebut, maka pengumpulan informasi untuk Analisis Pekerjaan ini
dapat dilakukan dengan cara :
ü Menyebarkan
kuesioner kepada para pemegang jabatan
ü Melakukan
wawancara langsung dengan pekerja yang bersangkutan,orang yang pernah
melaksanakan pekerjaan itu, atau atasanlangsungnya
ü Melakukan
pengamatan langsung pada pelaksanaan pekerjaan, atau
ü mempelajari
buku catatan harian
Sumber Informasi :
Sastrohadiwirgo,B.Siswanto.2002.Manajemen Tenaga Kerja:Indonesia Pendekatan
Administratif dan Operasional.Jakarta:Bumi Aksara
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.