Monday, April 11, 2016

Analisis Pekerjaan

ANALISIS PEKERJAAN
Analisis pekerjaan merupakan studi yang sistematis untuk mengumpulkan semua informasi yang menyangkut suatu jabatan dalam suatu perusahaan dengan cara mencatat, mempelajari, dan menyimpulkan keterangan-keterangan atau fakta-fakta yang berhubungan dengan masing-masing jabatan secara sistematis dan teratur

Definisi Teknis Analisis Pekerjaan
Suatu proses dimana sejumlah pekerjaan dibagi-bagi untuk menentukan pekerjaan, tugas,dan tanggung jawab apa saja yang terlibat, hubungannya dengan pekerjaan lain, syarat-syarat yang harus dipenuhi dimana pekerjaan dilakukan, dan kapabilitas personal yang disyaratkan untuk mencapai kinerja maksimal. Informasi yang akan diperoleh dari  analisis pekerjaan adalah:
- Apa yang dilakukan pekerja pada jabatan tersebut
- Apa wewenang dan tanggung jawabnya
- Mengapa pekerjaan tersebut harus dilakukan
- Bagaimana cara melakukannya
- Alat/bahan yang digunakan dalam melaksanakan pekerjaannya
- Besarnya upah dan lamanya jam kerja
- Pendidikan, pengalaman, dan pelatihan yang dibutuhkan
- Keterampilan, sikap, dan kemampuan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan tersebut
- Kondisi kerja


Tujuan Analisis Pekerjaan
Jabatan penting dilakukan sebelum diadakan perekrutan tenaga kerja. Menciptakan SDM yang handal dalam menghadapi tantangan teknologi modern, merasakan kenyamanan dalam bekerja, bermartabat, dan berkeadilan di dalam suatu perusahaan. Analisis pekerjaan  penting dilakukan sebelum diadakan perekrutan tenaga kerja. Ada beberapa manfaat yang diperoleh dengan mengadakan analisis pekerjaan, yang juga merupakan tujuan dari dilakukannya analisis jabatan. Adapun tujuan analisis pekerjaan yaitu,
·         Memperoleh tenaga kerja pada posisi yang tepat,
·         Memberikan kepuasan pada diri tenaga kerja
·         Menciptakan iklim dan kondisi kerja yang kondusif

Sumber Informasi Analisis Pekerjaan
Informasi yang berkaitan dengan Analisa Jabatan tadi dapat diperoleh dari
beberapa sumber, yaitu :
1. Pekerjaan itu sendiri dan buku catatan harian
2. Pekerja yang bersangkutan
3. Orang yang pernah melaksanakan pekerjaan tersebut
4. Atasan langsung dari pekerja yang bersangkutan.
Berdasarkan sumber-sumber tersebut, maka pengumpulan informasi untuk Analisis Pekerjaan ini dapat dilakukan dengan cara :
ü  Menyebarkan kuesioner kepada para pemegang jabatan
ü  Melakukan wawancara langsung dengan pekerja yang bersangkutan,orang yang pernah melaksanakan pekerjaan itu, atau atasanlangsungnya
ü  Melakukan pengamatan langsung pada pelaksanaan pekerjaan, atau
ü  mempelajari buku catatan harian


Sumber Informasi :
Sastrohadiwirgo,B.Siswanto.2002.Manajemen Tenaga Kerja:Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional.Jakarta:Bumi Aksara

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.