Artikel Ilmiah Desain Pekerjaan
DESAIN PEKERJAAN
MANAJEMEN DESAIN TERHADAP KEGIATAN KERJA KARYAWAN
Oleh:
Adrina Wita Hilderia S
ABSTRAK
Desain pekerjaan atau job design
merupakan faktor penting dalam manajemen terutama manajemen operasi karena
selain berhubungan dengan produktifitas juga menyangkut tenaga kerja yang akan
melaksanakan kegiatan operasi perusahaan. Desain pekerjaan adalah suatu alat untuk memotivasi dan memberi tantangan
pada karyawan. Oleh karena itu perusahaan perlu memiliki suatu sistem kerja yang dapat menunjang
tercapainya tujuan perusahaan secara efektif dan efisien yang dapat merangsang
karyawan untuk bekerja secara produktif, mengurangi timbulnya rasa bosan dan
dapat meningkatkan kepuasan kerja, desain pekerjaan terkadang digunakan untuk
menghadapi stress kerja yang dihadapi karyawan (Sulipan, 2000 ).
PENDAHULUAN
Perancangan pekerjaan (Job Design) adalah proses dimana manajer memutuskan
tugas pekerjaan individu dan otoritas atau suatu proses penentuan tugas-tugas
yang harus dilaksanakan pemegang jabatan, hak-hak untuk mengatur pekerjaan
tersebut dan tanggung jawab dari satu paket pekerjaan. Pengertian lainnya
adalah suatu pendekatan di dalam pekerjaan, yang dilakukan sedemikian rupa
untuk memetik minat pekerja dengan mengadakan job enlargement dan job
enrichment.
Desain pekerjaan berisi sekumpulan tugas yang digolongkan berdasarkan :
* Tugas apa yang dikerjakan,
* Bagaimana tugas tersebut dikerjakan,
* Berapa banyak tugas tersebut dikerjakan.
Misalnya dalam proses membuat sebuah meja dalam sebuah perusahaan mebel.
Untuk dapat menghasilkan meja yang siap dipasarkan, membutuhkan serangkaian
tugas yang harus dilakukan, seperti pemotongan kayu, penghalusan, perakitan,
pengecatan, pengeringan, penyimpanan, dan lain-lain. Dalam hal ini, harus
ditentukan tugas-tugas yang ditentukan kepada seseorang, apakah keseluruhan
tugas diberikan kepada satu orang atau dibagi-bagi kepada beberapa orang,
misalnya pemotongan diberikan ke satu orang, penghalusan ke satu orang lainnya,
dan seterusnya. Selanjutnya ditentukan sampai sejauh mana wewenang yang
dimiliki seseorang dalam penentuan jadwal kerja, penentuan bahan yang dipakai,
penentuan tahap-tahap pelaksanaan pekerjaan, dll. Untuk mengatasi kelemahan,
dimana pekerja menjadi bosan, hendaknya diberikan reward berdasarkan apa yang
dikerjakan, dan dalam pelaksanaan pekerjaan harus dicari cara yang paling
efektif dengan peralatan tertentu atau metode pelaksanaannya melalui proses
studi gerak atau waktu (time and motion study).
PEMBAHASAN
Desain pekerjaan adalah rincian tugas dan cara pelaksanaan tugas atau
kegiatan yang mencakup siapa yang mengerjakan tugas, bagaimana tugas itu
dilaksanakan, dimana tugas dikerjakan dan hasil apa yang diharapkan.
menambahkan desain pekerjaan adalah fungsi penetapan kegiatan kerja seorang atau
sekelompok karyawan secara organisasional. Tujuannya untuk mengatur penugasan
kerja supaya dapat memenuhi kebutuhan
organisasi. Definisi diatas
menjelaskan bahwa desain pekerjaan dibuat oleh perusahaan untuk mengatur tugas- tugas yang tepat
sasaran , memberikan tugas kepada orang dengan kemampuan dan keterampilan
yang harus dimiliki untuk mengerjakan
tugas tersebut demi mencapai sasaran dari perusahaan. Sejalan dengan Dessler (2004) desain pekerjaan merupakan pernyataan tertulis tentang apa yang harus dilakukan oleh
pekerja, bagaimana orang itu melakukannya, dan bagaimana kondisi kerjanya.
Desain pekerjaan meliputi identifikasi pekerjaan, hubungan tugas dan tanggung
jawab, standar wewenang dan pekerjaan, syarat kerja harus diuraikan dengan
jelas, penjelasan tentang
jabatan dibawah dan diatasnya. Desain pekerjaan menguraikan cakupan,
kedalaman, dan tujuan dari setiap
pekerjaan yang membedakan antara pekerjaan yang satu dengan pekerjaan yang
lainnya. Tujuan pekerjaan dilaksanakan melalui analisis kerja, dimana para
menejer menguraiakan pekerjaan sesuai dengan aktifitas yang dituntut agar
membuahkan hasil. Desain pekerjaan merupakan keputusan dan tindakan manajerial
yang mengkhususkan kedalam cakupan dan hubungan pekerjaan yang objektif untuk
memenuhi kebutuhan orgranisasi serta kebutuhan sosial dan pribadi pemegang
pekerjaan.
Strategi desain pekerjaan dikembangkan dengan menekankan pentingnya
karakteristik pekerjaan inti. Strategi berdasarkan teori motivasi Herzberg yang
mencakup peningkatan kedalam pekerjaan melalui pendelegasian wewenang yang
lebih besar kepada pemegang pekerjaan. Tetapi pemerkayaan tidak dapat
diterapkan secara universal karena tidak mempertimbangkan perbedaan individu. Ukuran
perbedaan individu mendorong untuk mengkaji cara meningkatkan persepsi positif
terhadap keragaman. Identitas, arti, otonomi dan balikan akan meningkatkan
prestasi kerja dan kepuasan kerja seandainya para pemegang pekerjaan memiliki
kebutuhan pertumbuhan yang relatif tinggi. Peningkatan dimensi inti pekerjaan. Mengkombinasikan
unsur tugas yakni menugaskanseluruh pekerjaan(modulkerja). Kebijaksanaan
memilih metode kerja. Kendali atas kecepatan kerja sendiri. Masalah desain
ulang pekerjaan. Program ini makan waktu dan biaya yang mahal. Ditujukan untuk
memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi di tempat kerja. Ditolak serikat
pekerja karena lebih banyak hasil kerja dengan upah yang sama.
KESIMPULAN
Inti dalam membuat desain pekerjaan adalah bagaimana membuat semua
pekerjaan yang ada disusun secara sistematis. Desain pekerjaan membantu dalam
menjelaskan pekerjaan apa yang harus dikerjakan, bagaimana mengerjakan
pekerjaan tersebut, berapa banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan bagaimana
ketentuan yang harus dijalankan sehingga pekerjaan dapat diselesaikan (Sunarto,
2005). Para penyusun desain pekerjaan harus mempertimbangkan hal-hal berikut (
Herjanto, 2000) :
1. Job Enlargement (meningkatkan
cakupan pekerjaan. Sama dengan meningkatkan job variety, job identity,
dan job significance)
2. Job Encrichment (Meningkatkan otonomi. sama dengan meningkatkan job
significance)
3. Job Rotation (Meningkatkan job variety, dan job significance)
DAFTAR PUSTAKA
- http://manajemena2011.blogspot.co.id/2013/04/desain-pekerjaan.html
- http://muhammad25b055.blogspot.co.id/2014/10/desain-pekerjaan.html
- http://hiddengrazz.blogspot.co.id/2012/04/pengertian-desain-pekerjaan-pendahuluan.html
- https://herdi73.wordpress.com/2014/01/20/analisa-pekerjaan-dan-desain-pekerjaan/
- http://www.academia.edu/5165031/Pertemuan-4-Desain-Pekerjaan-dan-Analisis-Pekerjaan
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.