Monday, June 14, 2021

PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MENETAPKAN STRATEGI PERSAINGAN PADA PERUSAHAAN PT.654 SURABAYA

Nama : Firsta Fauzyah (fauzyahfirsta@gmail.com)

Nim : 41619010026

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang akan di pakai dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat pada Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia PT.654 Surabaya. Metode yang dipakai adalah metode survey, sedangkan jenis penelitiannya yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data yang diperoleh dengan data primer yang berupa interview terpola, dan juga observasi serta pengumpulan data sekunder. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Peningkatan kualitas pada Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia PT. 654 sangatlah berperah penting dalam meningkatkan jumlah calon tenaga kerja yang mendaftar. Terutama peningkatan fasilitas dalam pelatihan dan pelayanan karyawan pelatih atau pembimbing di tempat pelatihan. Karena dengan ditingkatkannya dua faktor tersebut para calon tenaga kerja akan merasa nyaman dan puas ketika berada di tempat pelatihan PT. 654. Sehingga ketika mereka merasa puas dan merasa di layani dengan baik nanti nya ketika mereka finish contract dari Luar Negeri mereka akan kembali lagi ke PT. 654, bahkan bisa juga karena mereka puas mereka akan merekomendasikan teman atau saudaranya untuk menggunakan jasa PT. 654. Untuk bekerja ke Luar Negeri.

Keyword : Persaingan, peningkatan, kualitas, Perusahaan Jasa, Tenaga Kerja.

PENDAHULUAN

Dunia usaha dalam bidang jasa penyaluran tenaga kerja terus berkembang sampai saat ini. Para pelaku usaha dalam bidang jasa ini dipaksa untuk berhadapan dengan persaingan yang begitu ketat karena semakin banyak nya perusahaan-perusahaan baru yang berdiri. Perencanaan, strategi yang benar dan pengambilan keputusan yang sesuai akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan usaha tersebut. Salah satu usaha dalam bidang jasa yang saat ini mengalami persaingan yang begitu ketat adalah Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia. Menurut data dari BNP2TKI pada tahun 2015 saja sudah terdapat kurang lebih 78 PJTKI resmi yang tercatat di BNP2TKI, itu pun dari 78 PJTKI masing-masing mempunyai kantor cabang di berbagai daerah. Dan ini belum termasuk PJTKI-PJTKI lain yang tetap beroprasi akan tetapi nama nya tidak terjatan dalam laporan BNP2TKI. Masalah tersebut yang mengharuskan para pimpinan Perusahaan untuk berfikir lebih jeli terhadap ketatnya persaingan tersebut, berfikir bagaimana tetap exsis, bagaimana tetap berkembang dengan terus adanya pesaing-pesaing baru. Pimpinan perusahaan harus mulai memikirkan inovasi-inovasi atau perubahan –perubahan apa yang akan dilakukan. Hal ini berguna agar perusahaan tetap di percaya dan perusahaan tetap mendapatakan keuntungan yang terus berkembang atau paling tidak dalam posisi stabil, tidak mengalami penurunan atau kurugian. Selain factor-faktor persaingan di atas faktor Regulasi juga sangat berpengaruh penting terhadap kelangsungan usaha ini. Masalahnya regulasiregulasi yang terus berubah-ubah setiap saat yang tidak terduga juga akan menghambat berjalannya suatu usaha karena suulitnya untuk menyesuaikan regulasi yang ada. Oleh karena hal-hal tersebut diatas para pimpinan perusahaan harus benar-benar berfikir keras bagaimana tetap mendapatkan konsumen (Calon Tenaga Kerja) sebanyak mungkin dengan tingka kepuasan yang tinggi, dan memenuhi permintaan para pengguna( Pihak Luar Negeri) dengan kendala-kendala yang ada.

RUMUSAN MASALAH

1.      Mengapa PT. 654 menetapkan strategi bersaing dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan dari berbagai sisi? 2.

2.      Bagaimana langkah-langkah yang dilakukan dalam proses pengambilan keputusan untuk meningkatkan pelayanan pada PT. 654?

3.      Apasaja yang akan diperbaiki dari PT. 654 untuk meningkatkan kualitas pelayanan?

METODE PENELITIAN

Jenis Penelitian Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, sedangkan jenis penelitiannya yang digunakan adalah kualitatif(Somantri, 2005). Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik perusahaan, karyawan perusahaan dan beberapa customer yang sudah pernah berada atau memakai PJTKI tersebut. Sumber data yang dilakukan dengan data primer yang berupa interview terpola, dan juga observasi serta pengumpulan data sekunder. Jenis dan Sumber Data Untuk membantu penulis dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis dan sumber data sebagai berikut:

a. Data Primer, merupakan data yang diperoleh secara langsung dari objek penelitian melalui wawancara langsung kepada pimpinan perusahaan.

b. Data sekunder, merupakan data-data yang diperoleh dari sumber lain yang mempunyai keterkaitan dengan penelitian ini. Data sekunder dari penelitian ini adalah data yang kami peroleh melalui para customer yang pernah memakai PJTKI ini. Selain kami mendapatkan dari interview secara langusung kami juga memperoleh data dari ulasan dari para customer melalui website dan facebook perusahaan.

Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: Wawancara, observasi dimana peneliti mengadakan tanya jawab langsung dengan pimpinan perusahaan, para karyawan dan memperoleh keterangan dari beberapa customer untuk memperoleh keterangan-keterangan yang berhubungan dengan masalah penelitian.

Analisis Data

Analisis data kualitatif adalah proses analisis kualitatif yang mendasarkan pada ada nya hubungan semantis antar variabel yang sedang diteliti. Tujuan analisis data kualitatif yaitu agar peneliti mendapatkan makna hubungan variabel-variabel sehingga dapat digunakan untuk menjawab masalah yang dirumuskan dalam penelitian. Hubungan antar semantis sangat penting karena dalam analisis kualitatif, peneliti tidak menggunakan angka-angka seperti analisis kuantitatif. Prinsip pokok teknik analisis data kualitatif ialah mengolah dan menganalisis data-data yang terkumpul menjadi data yang sistematik, teratur, terstruktur dan mempunyai makna.

PEMBAHASAN

Dalam perusahaan jasa memang yang paling penting adalah pelayanan yang diberikan kepada para customer, dengan kulitas yang baik maka perusahaan akan tetap eksis walaupun dalam persaingan yang ketat. Disini penulis akan melakukan beberapa langkah untuk  survey memperoleh informasi lengkap mengenai PJTKI 654 ini diantaranya :

1.      Interview kepada para pimpinan perusahaan untuk memperoleh informasi persaingan apa saja yang berpengaruh signifikan terhadap kelancaran usaha.

2.      Interview kepada para karyawan langkahlangkah apa yang paling baik yang bias dilakukan, dan permasalahan-permasalahan apa saja yang selama ini pernah menyebabkan kemunduran pada perusahaan berdasarkan pengalamanpengalaman sebelumnya.

3.      Interview kepada beberapa customer yaitu calon tenaga kerja Indonesia (CTKI) bagaimana pendapat mereka mengenai perusahaan ini.

Dari langkah-langkah tersebut penulis memperoleh informasi bahwa menurut pimpinan perusahaan ada banyak faktor penting dalam persaingan antar PJTKI, beliau menyebutkan faktor utama nya adalah faktor fee, yaitu berapa fee yang kita berikan kepada para sponsor ketika mereka mengarahkan satu CKTI ke perusahaan tersebut, jika fee yang ditawarkan lebih besar maka kemungkinan besar para sponsor lebih memilih perusahaan tersebut, akan tetapi faktor fee ini tidak berkaitan langsung dengan CTKI. Dan faktor kedua nya adalah kualitas pelayanan, kualitas pelayanan disini juga terdiri dari beberapa bagian, antara lain kualitas pelayanan dari para karyawan, kulitas kecepatan pelayanan dan pemberangkatan ke Negara tujuan, kualitas kelengkapan fasilitas di tempat pelatihan dan kulaitas guru pengajar atau pembimbing di tempat pelatihan.Menurut pimpinan perusahaan tidak akan ada gunanya merecruit calon tenaga kerja dengan jumlah yang banyak jika pelayanan tidak di tingkatkan, Sehingga pimpinan perusahaan memilih untuk memberikan fee kepada sponsor dalam jumlah standart tapi bisa memberikan pelayanan terbaik kepada para calon tenaga kerja, dengan harapan ketika mereka sudah bekerja finish contract di luar Negeri dan ketika mereka ingin bekerja kembali mereka akan tetap dating ke PT. 654 karena mereka merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Kemudian dari wawancara kepada beberapa karyawan di PT. 654 kami memperoleh informasi antara lain mereka menyatakan bahwa bekerja di PJTKI memang harus pintar mengatur sikap karena mereka mengatakan yang mereka proses itu adalah orang dimana sedikit saja kita melakukan kesalahan dan berkata yang menurut mereka tidak menyenangkan maka mereka akan minta mundur atau tidak jadi memakai perusahaan 654 untuk berangkat keluar Negeri. Akhir nya perusahaan akan kehilangan satu calon tenaga kerja. Dan selama ini persoalan yang paling signifikan yang mempengharuhi jumlah pendfatar adalah cari kulaitas pelayanan perusahaan. Mereka mengatakan satu contoh bahwa pada awal tahun 2017 mereke megalami penurunan jumlah pendaftar, dikarenakan pada awal tahun tersebut terjadi turn over karyawan yang tinggi, sehingga posisi-posisi perusahaan banyak yang terisi oleh para karyawan baru, sehingga belum bisa menempatkan diri dengan baik. Dan dari hasil wawancara penulis kepada beberapa TKI purna mereka menyatakan pelayanan di tempat pelatihan yang sangat penting karena disitu calon tenaga kerja akan tinggal satu sampaidua bulan, sehingga sebisa mungkin pelayanan para pembimbing di tempat pelatihan dan fasilitas dari tempat pelatihan harus ditingkatkan. Karena sebelumnya banya dari mereka yang mengeluhkan tetang fasilitas yang ada dalam tempat pelatihan. Sama hal nya dengan peneliatian (Alimudin, Gus, &Sasono, 2015) penelelitian ini juga berpatokan pada keadaan-keadaan sebelumnya yang ada dalam perusahaan sehingga mampu membawa ke sebuah perkembangan. Dari hasil survey tersebut kita ketahui bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi banyak atau sedikitnya calon tenaga kerja yang memilih PT. 654 untuk berangkat bekerja ke Luar Negeri dalam sektor formal maupun informal, antara lain :

1. Fee yang diberikan kepada para sponsor

2. Kualitas pelayanan

a.       Pelayanan dari karyawan

b.      Fasilitas Tempat Pelatihan

c.       Pembimbing yang kompeten

d.      Kecepatan proses pemberangkatan

Menurut pihak-pihak terkait fee sponsor yang tinggi itu berpengaruh sugnifikan terhadap jumlah pendaftar akan tetapi tidak berpengaruh terhadap kepuasan para calon tenaga kerja. Sehingga PT. 654 memilih strategi untuk meningkatkan pelayanan dengan meningkatkan fasilitas di tempat pelatihan dan juga menyediakan dan juga melakukan pengarahan kepada para karyawan untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada para calon tenaga kerja.

KESIMPULAN

Dilihat dari berbagai kesimpulan di atas dapat disimpulkan bahwa : Peningkatan kualitas pada Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia PT. 654 sangatlah berperah penting dalam meningkatkan calon tenaga kerja yang mendaftar. Terutama peningkatan fasilitas dalam pelatihan dan pelayanan karywan pembimbing di tempat pelatihan. Karena dengan ditingkatkannya dua faktor tersebut para calon tenaga kerja akan merasa nyaman dan puas ketika berada di tempat pelatihan PT. 654. Sehingga ketika merasa puas dan merasa di layani dengan baik nanti nya ketika mereka finish contract dari Luar negeri mereka akan kembali lagi ke PT. 654, bahkan bisa juga karena mereka puas mereka akan merekomendasikan teman atau saudaranya untuk mendaftar ke PT. 654.

DAFTAR PUSTAKA

Abstrak, J. R. (2005). ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUIJI KEPUTUSAN PEMILIHAN PASAR SWALAYAN SEBAGAI TEMPAT BERBELANJA (,Studi Kasus Pada Pasar Swalayan Di Kawasan Seputar Simpang Lima Semarang ) EiSTENSI FE UNDil). Studi Manajemen Dan Organisasi, 2, 1–15.

Adiwijaya, M., Ekonomi, F., Kristen, U., &Surabaya, P. (2007). ANALISA STRATEGI REPOSISI MEREK DALAM PERSAINGAN PASAR. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(2), 66–72.

Alimudin, A. (2013). PENGARUH ORIENTASI WIRAUSAHA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN DAN KINERJA PEMASARAN USAHA KECIL SEKTOR PERDAGANGAN (CONSUMER GOODS) DI KOTA SURABAYA. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 3(1).

Alimudin, A., Gus, A., &Sasono, D. (2015). Peningkatan Daya Saing Produk Konveksi Usaha Kecil Berbasis Iptek Di Desa Tri Tunggal Kecamatan Babat Lamongan. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Terapan SV UGM, 64–68.

Gery Gantara, Srikandi Kumadji, E. Y. (2013). ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN ( Studi Empiris pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Pengguna Kartu Seluler IM3 ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol 1(No 1), 40–48.

Hidayat, Z. (2012). Etika Persaingan Dalam Komunikasi Pemasaran. Etika Persaingan Dalam Komunikasi Pemasaran Jurnal Komunikologi, 9(1), 1–12.

Sembiring, I. J., Suharyono, &Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan McDonald’s MT.Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(1), 1–10.

Somantri, G. R. (2005). Memahami metode kualitatif. Makara, Sosial Humaniora, 9(2), 57–65. Retrieved from http://journal.ui.ac.id/index.php/humanities/art icle/view/122/118

Tan, E. R. (2011). Pengaruh Faktor Harga, Promosi dan Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen untuk Belanja di Alfamart Surabaya. 25 Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Universitas Widya Kartika Surabaya, 5, 25–30.




5 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. 33_rajib

    artikel ini sudah sangat baik mulai dari awal hingga akhir ,pembacapun bisa sangat memahaminya ,tetapi menurut saya mindmappnya kurang menarik pembaca,saya menilai artikel ini 79

    terimakasih

    ReplyDelete
  3. 35_Ardy
    Menurut saya artikel yang dibuat sudah bagus dan sesuai dengan materi yang dijelaskan. penulisan artikel rapi dan tersusun dengan baik. sumber penulisan jelas namun mind map yang dibuat kurang lengkap dan kurang jelas.
    Nilai : 80

    ReplyDelete
  4. 26_Oliver
    Teknik Penulisan :
    Artikel ini sangat baik, batang tubuh/unsur – unsurnya sangat lengkap.
    Review Konten Artikel :
    Artikel ini sangat baik. Pembaca dapat memahaminya dengan sebaik mungkin karena poin – poin yang diberikan sangat lengkap. Mind map yang disertakan juga sangat baik dan menarik.
    Nilai : 87

    ReplyDelete
  5. 43_Adrian
    Menurut saya dalam artikel ini pemaparan materinya sudah cukup bagus dan lengkap. pemaparan materi cukup rinci dan detail. untuk mindmap dibuat sangat menarik dan kreatif. jadi pada artikel ini mudah dipahami dan juga lebih tertarik untuk dibaca dibandingkan artikel lain oleh pembaca.
    Nilai : 90

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.