Tuesday, October 13, 2015

Analisis Pekerjaan Cost Efficiency Di PT Panarub Dwikarya Cikupa

Divisi Costing di PT. Panarub Dwikarya Cikupa masuk ke dalam Departement Development secara internal dan mempunyai grup divisi tersendiri dengan Costing Panarub Group yang berpusat di PT. Panarub Industry. Costing team mempunyai fungsi sebagai penentu harga produk suatu perusahaan dan sebagai bagian dari Business Unit PT. Panarub Group.

Divisi Costing sendiri mempunyai beberapa bagian team, yaitu :
  1. CBD’s team
  2. Specsheet team
  3. Standard Costing team
  4. Cost Efficiency
  5. Strategic & supporting system

Dari semua team tersebut yang akan dibahas yaitu tentang analisis pekerjaan dari team COST EFFICIENCY dan STRATEGIC & SUPPORTING SYSTEM, Cost Efficiency mempunyai peran sebagai Cost Analisis dari semua hasil kerja CBDs team dan Standard Costing team. Bertugas untuk membuat project efficiency dan mengoptimalkan tingkat profitabilitas dari suatu produk. Hubungan kerja dari Cost Efficiency team adalah ke seluruh Departemen sebagai fasilitator project efficiency, untuk menjadi Cost Efficiency dibutuhkan pemikiran luas tentang Industrial Engineering karena berhubungan dengan seluruh area kerja Industri. Strategic & Supporting system, adalah orang yang bertugas dan membantu team dalam mengimplementasikan system perusahaan dan bertanggung jawab dalam hal KPI (Key Performance Indicator) di setiap team Costing.

Analisis pekerjaan terdiri atas dua kata, analisis dan pekerjaan. Analisis merupakan aktivitas berpikir untuk menjabarkan pokok persoalan menjadi bagian, komponen atau unsur, serta kemungkinan keterkaitan fungsinya. Sedangkan pekerjaan adalah sekumpulan atau sekelompok tugas dan tanggung jawab yang akan, sedang dan telah dikerjakan oleh tenaga kerja dalam kurun waktu tertentu. Dengan demikian analisis pekerjaan dapat diartikan sebagai suatu aktivitas untuk mengkaji, mempelajari, mengumpulkan, mencatat dan menganalisa ruang lingkup suatu pekerjaan secara sistematis dan sistemik (Sastrohadiwiryo 2002:127).

Sedangkan menurut Flippo (1994), hasil-hasil dari analisis pekerjaaan, seperti uraian dan spesifikasi pekerjaan akan dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
  1. Pengabsahan atas prosedur-prosedur pengangkatan
  2. Pelatihan
  3. Evaluasi pekerjaan
  4. Penilaian prestasi
  5. Pengembangan karir
  6. Organisasi
  7. Perkenalan
  8. Penyuluhan
  9. Hubungan perburuhan
  10. Penataan kembali pekerjaan



Daftar Pustaka
https://yusrizalfirzal.wordpress.com/2011/06/21/analisis-pekerjaan-dalam-manajemen-sumber-daya-manusia/

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.