Thursday, October 15, 2015

Analisis Pekerjan Pada PT. Mizuho Balimor Finance



          Analisis pekerjaan merupakan suatu penelaahan secara mendalam dan sistematis terhadap suatu pekerjaan, untuk memperoleh manfaat dari hasil penelaahan. Analisis pekerjaan, paling sedikit harus dapat memberikan keterangan tentang tugas, tanggung jawab, sifat pekerjaan, serta syarat jabatannya untuk dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik.
          Manfaat analisis pekerjaan akan memberikan informasi tentang aktivitas pekerjaan, standar pekerjaan, konteks pekerjaan, persyaratan personalia (personnal requirement), perilaku manusia, dan alat-alat yang dipergunakan.
          Manfaat analisis pekerjaan mencakup: dapat menggolongkan pekerjaan, untuk menentukan latihan apa yang diperlukan, untuk menetapkan upah/gaji, menetapkan hubungan kerja sehingga mempermudah dalam menggariskan kebijaksanaan kenaikan pangkat, pemindahan dan pemberian tugas, mendapatkan fakta-fakta pekerjaan yang berisiko, penilaian pekerjaan, penetapan alat-alat yang diperlukan, merencanakan penerimaan pegawai.
          Pengertian analisis pekerjaan berbeda dengan studi gerak (motion study). Analisis pekerjaan menganalisis pekerjaan apa saja yang harus dikerjakan dalam suatu perusahaan, agar tujuan tercapai. Adapun studi gerak mempelajari gerak – gerakan yang paling efesien dan efektif untuk melakukan sesuatu pekerjaan.
          Barry (1996) memaparkan empat prinsip yang harus diikuti dalam melakukan analisis pekerjaan, yaitu
a.    Analistis
b.    Obyeknya adalah pekerjaan
c.    Tidak dinilai
d.    Pekerjaan saat ini
           
PT. Mizuho Balimor Finance berlisensi untuk melakukan leasing, pembiayaan konsumen, anjak piutang dan kartu kredit, perusahaan akan terus fokus pada pembiayaan mobil dan seiring dengan pertumbuhan yang kuat dari sektor otomotif Indonesia, perusahaan akan berusaha untuk memperluas pasar dan mengembangkan produk-produk baru yang akan memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia. Dalam hal ini untuk menciptakan sistem pekerjaan yang ada pada perusahaan tersebut, terdapat analisa pekerjaan yang dilakukan dari setiap unit kerja. CMO (Credit Marketing Officer) job desknya adalah sebagai orang yang menjalin hubungan relasi dengan baik terhadap Dealer, serta harus memahami perhitungan kredit dan pendataan terhadap calon debitur. Dalam hal analisa terhadap nasabah dengan melakukan survei lokasi rumah dan kantor, dan lingkungan sekitar. 

Daftar Pustaka :

Dessler, Gary. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Indeks.

Flippo, Edwin B. 1994. Manajemen Personalia: Edisi Keenam, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

http://mizuho-balimor.com/profile-1mizuho-balimor.html


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.