Thursday, October 22, 2015

Manajemen Karir dalam Bidang Pekerjaan Jasa Inspeksi

Pekerjaan inspeksi merupakan pekerjaan dalam bidang pemeriksaan dengan mengaitkan suatu produk atau hasil pekerjaan tertentu dengan standard tertentu demi tercapainya kepuasan baik pelanggan maupun karyawan dan juga tidak menimbulkan dampak buruk terhadap lingkungan.
Seseorang yang betugas melakukan inspeksi lebih dikenal dengan sebutan inspektur. Ada beberapa pekerjaan inspektur yang umum dikenal khususnya dalam pekerjaan migas yaitu; inspektur pesawat angkat angkut, inspektur las-lasan, inspektur dan sebagainya.

Dalam meniti karir dalam bidang pekerjaan inspeksi, ada beberapa aspek yang perlu di tingkatkan dan dikembangkan yaitu; ilmu pengetahuan, pengalaman, dan relasi.

1.       Ilmu Pengetahuan

Seorang inspektur memegang peran besar sebagai penaggung jawab atas berkualitas nya suatu objek yang di periksa. Untuk itu pengetahuan seorang inspektur perlu mendalam mengenai bidang inspeksi yang digeluti. Pengembangan ilmu pengetahuan  seorang inspektur didapati dari berbagai cara yakni dari pendidikan, pelatihan profesi, forum-forum diskusi sesama inspektur, dan ilmu pengetahuan yang didapat melalui media telekomunikasi internet. Dengan memiliki ilmu pengetahuan yang luas yang dimiliki seorang inspektur, akan sangat membantu dalam peningkatan karirnya, karena akan memeberikan hasil maksimal dalam pemerikasaan suatu benda, dan tingkat kepuasan dari atasan maupun pelanggan yang meningkat. Dengan demikian nama inspektur tersebut akan dikenal baik didunia inspeksi.

2.       Pengalaman

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pengalaman memberikan pelajaran cukup banyak bagi seorang inspektur. Dunia pendidikan tidak serta merta selalu memberikan pelajaran secara teknis apa saja kendala yang akan dihadapi secara aktual di lapangan. Sehingga sering kali para inspektur pemula mengalami banyak masalah dalam teknis pelaksanaan inseksi. Dengan banyaknya jam terbang inseksi yang dimliki seorang inspektur akan membuat inspektur tersebut lebih efisien dan efektif dalam bekerja. Hasil dan cara kerja inspektur di lapangan merupakan gamabaran citra seorang inspektur tersebut. Faktor pengalaman memberikan dampak cukup besar dalam membangun karir seorang inspektur menjadi lebih baik lagi melalui peningkatan pengalaman, karena semakin banyak pengalaman yang dimiliki seorang inspektur maka semakin besar pula kesempatannya untuk meningkatkan ruang lingkup pekerjaan inspeksinya.

3.       Relasi

Relasi atau hubungan dengan banyak orang dengan bidang pekerjaan yang sama cukup membantu seorang inspektur berwawasan luas. Dengan adanya relasi yang cukup banyak yang dimiliki maka inspektur tersebut bisa saling share perkembangan dan pengalaman. Disisi lain, dengan adanya relasi, bisa dijadikan tangga untuk menapaki karir yang lebih tinggi lagi melalui info-info posisi pekerjaan yang didapat melalui rekomendasi teman.



http://www.ptsi.co.id/id/profil/profil-kami/12

https://irrineayu.wordpress.com/2015/04/17/manajemen-karir-pengertian-tujuan-manfaat-proses-dan-perencanaan-karir/

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.