Friday, October 16, 2015

Manajemen Karir CS

Manajemen Karir adalah proses untuk membuat karyawan dapat memahami dan mengembangkan dengan lebih baik keahlian dan minat karir mereka dan untuk memanfaatkan keahlian da minat ini dengan cara yang paling efektif.Manajemen karir individu sebagai manajemen karir yang dilakukan secara individu dengan tujuan menetapkan perencanaan da perkembangan karirnya selanjutnya.

Manajemen karir adalah proses dimana organisasi mencoba untuk menyesuaikan minat karir individual dan kemampuan organisasi untuk merekrut karyawan (Gutteridge, 1976)
Tujuan karir adalah Tujuan atau sasaran karir adalah “posisi atau jabatan tertentu yang dapat dicapai oleh seorang pegawai bila yang bersangkutan memenuhi semua persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan jabatan tersebut.

PROSES MANAJEMEN KARIR

TAHAP 1 : Career Exploration
Didasarkan pada tingkat exploration behavior dikembangkan oleh vocational psychologist. Exploraion behavior mental atau fisik aktifitas seseorang. Dalam hal ini diperlukan diperlukan informasi mengenai individu tersebut dalam lingkungan. Informasi digunakan untuk pengembangkan individu dan accupational concept.

TAHAP 2 : Development of Career Goal
Menurut goal setting theory, tujuan aka mempengaruhi perilaku melalui direct attentions, stimulating effort, serta facilitating the development strategies (Loke dan Lartham) kemampuan dan keahlian lewat pengalaman kerja. Jadi kemajuan karir diperoleh dalam pengabdian

TAHAP 3 : Political System
Terutama pada perusahaan yang quasimatrix, seperti perusahaan telekomunikasi, akuntansi dan projek-projek kompleks yang ada dalam organisasi. Oleh James Rosenbaum disebut sebagai metode allokasi turnamen.yakni bersaing untuk memperebutkan kesempatan

Dalam divisi layanan yang menaungi customer service,  divisi layanan khususnya customer service mempunyai pengembangan karir untuk menjadi karyawan tetap melalui berbagai tahapan mulai dari customer service kontrak, customer service tetap, supervisor dan bisa mencapai KA unit atau Kabag.

Dalam meningkatkan karir seorang customer service harus mengikuti berbagai test dan penilaian dari pimpinan divisi layanan serta masa kerja yang mencukupi minimal 1 tahun baru bisa mengikuti tahap seleksi sebagai  karyawan tetap. Setelah menjadi pegawai tetap akan ada berbagai test kembali untuk peningkatan level dari level SPV atau supervisor sampai kepala bagian.

Untuk mencapai tujuan pengembangan karir customer service harus mempunyai perencanaan untuk memilih tujuan dan jalur karir tersebut harus mempunyai kemampuan untuk mengisinya secara sistematis. jadi dalam manajemen karir semua aspek memang sangat penting dari kemampuan diri sendiri hingga pengalaman yang dimiki akan mempunyai nilai tambah dalam pengembangan karir customer service.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.