Thursday, October 8, 2015

Desain Pekerjaan Medical Representative Di Perusahaan Farmasi

Desain pekerjaan adalah proses pengaturan Kerja (atau penataan ulang) yang bertujuan untuk mengurangi atau mengatasi ketidakpuasan kerja dan tingkat stress karyawan yang timbul dari tugas-tugas yang berulang-ulang dan bersifat mekanistik.
Menurut Handoko (1993), desain pekerjaan adalah fungsi penetapan kegiatan-kegiatan kerja seorang individu atau kelompok karyawan secara organisasional. Menurut Schuler (1996), desain pekerjaan adalah proses penentuan dan penciptaan karakteristik serta kualitas pekejaan. Dan menurut Byars dan Rue (2004) desain pekerjaan adalah proses penyusunan pekerjaan dan penetuan aktivitas-aktivitas kerja spesifik bagi individu atau kelompok untuk mencapai tujuan organisasional.
Sejak munculnya teori ilmiah (Fredrick W. Taylor. 1947) pekerjaan- pekerjaan di dalam perusahaan didesain untuk mencapai efisiensi teknikal dan produktivitas. Saat ini desain pekerjaan mencakup juga sebagai sasaran organisasi menarik dan mengakomodasi angkatan kerja yang berbeda-beda dalam usia, gender, gaya hidup, dan kemampuan. Namun demikian tugas desain pekerjaan secara keseluruhan adalah untuk menghasilkan penugasan- penugasan kerja yang sesuai dengan kebutuhan organisasi, kebutuhan teknologi dan yang memuaskan kebutuhan pribadi pelaksana pekerjaan ( job holder ). Kunci sukses desain pekerjaan adalah menghasilkan keseimbangan antara kebutuhan organisasi dan kebutuhan pelaksana pekerjaan.

Menurut (Sunarto, 2005) desain pekerjaan memiliki tujuan agar :

·         Efisiensi operasional, produktifitas dan kualitas pelayanan menjadi optimal.

·         Fleksibilitas dan kemampuan melaksanakan proses kerja secara horizontal dan hirarki.

·         Minat, tantangan, dan prestasi menjadi optimal.
·         Tanggung jawab tim ditetapkan sedemikian rupa, sehingga bisa meningkatkan kerja sama dan efektifitas tim.
·         Integrasi kebutuhan individu karyawan dengan kebutuhan organisasi.
Proses pembuatan desain pekerjaan pada umumnya dapat dibagi dalam tiga tahapan yaitu Spesifikasi tugas-tugas individual, spesifikasi metode untuk melaksanakan setiap tugas, dan mengkombinasikan tugas-tugas ke dalam pekerjaan-pekerjaan spesifik yang akan diberikan kepada individu-individu. Tahap 1 dan 3 menentukan isi pekerjaan sedangkan tahap 2 menunjukkan ketepatan bagaimana pekerjaan itu dilaksanakan. Bertahun-tahun telah diberlakukan praktik dalam mendesain pekerjaan lebih fokus pada penyederhanaan tugas-tugas yang harus dilaksanakan.


Misalnya, pada contoh kasus seorang medical representative di salah satu perusahaan farmasi. Tugas-tugas dari medical representative itu sendiri adalah melakukan kunjungan dokter, menambah user (dokter) baru untuk produk yang ditawarkan, meningkatkan sales bagi perusahaan, dapat memenuhi target penjualan yang ditujukan kepada medical representative, mengontrol ketersediaan produk perusahaan tersebut di apotek tempat dokter praktek, melihat apakah ada produk dari kompetitior di apotek tersebut, mengontrol ketersediaan produk di distributor yang bekerja sama dengan perusahaan farmasi tersebut. Metode untuk melaksanakan tugas-tugas tersebut dengan cara menentukan perjalanan kunjungan dokter setiap harinya minimal sebanyak 10 dokter/hari sehingga medical representative harus mengefisiensikan waktu agar semua dokter dapat tercover, kunjungan ke apotek minimal dilakukan sebanyak 2 kali perhari pada apotek yang berbeda sekaligus untuk melakukan pengecekan apakah produk dari kompetitor ada di apotek tersebut atau tidak dan kunjungan ke distributor tujuannya adalah untuk mengontrol ketersediaan produk di distribur bilamana ada permintaan yang berlebih terhadap produk, mengontrol sales medical representative hingga terciptanya pemenuhan target yang telah ditentukan oleh perusahaan setiap bulannya, bukan hanya melakukan kunjungan tapi juga memenuhi target sales team dan perusahaan.
DAFTAR PUSTAKA :
      9 Oktober 2015.
      pada 9 Oktober 2015


1 comment:

  1. @A10-SAIFUL BAHRI

    isi artikelnya bagus karena bisa membuat saya mengetahui bagaimana desain pekerjaan yang ada dalam dunia farmasi

    Saran
    saya kira perlu adanya penyusunan penulisan yang baik agar bisa menjadi nilai lebih dan menarik bagi pembaca

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.