Friday, October 9, 2015

Desain Pekerjaan Costing Division di PT. Panarub Dwikarya Cikupa

Divisi Costing di PT. Panarub Dwikarya Cikupa masuk ke dalam Departement Development secara internal dan mempunyai grup divisi tersendiri dengan Costing Panarub Group yang berpusat di PT. Panarub Industry. Costing team mempunyai fungsi sebagai penentu harga produk suatu perusahaan dan sebagai bagian dari Business Unit PT. Panarub Group.

Divisi Costing sendiri mempunyai beberapa bagian team, yaitu :
  1. CBD’s team
  2. Specsheet team
  3. Standard Costing team
  4. Cost Efficiency
  5. Strategic & supporting system

Dari semua team tersebut mempunyai peranan dan tugas masing-masing, yaitu :

A. CBD’s team
Cost Breakdown (CBD’s), adalah tim yang mempunyai tugas untuk membuat harga dari semua list spesifikasi produk yang diberikan oleh Buyer agar diketahui berapa biaya pembuatan sepatu tersebut mulai dari Direct Material (DM) Cost, Direct Labour (DL) Cost, Overhead Cost dan Profit produk per pasang. Berhubungan dengan berbagai supplier untuk menentukan harga material per komponen dan negosiasi harga yang ditawarkan oleh Costing CBD’s ke buyer.
B. Specsheet team

Specsheet team mempunyai tugas untuk membuat codes material dari spesifikasi Cost Breakdown dari suatu produk dan memasukkannya kedalam Bill of Material (BoM). Setiap kali adanya Informasi Perubahan Proses (IPP) atau Amandment Sheet, Specsheet team akan selalu meng-update kedalam system.

C. Standard Costing team,
Mempunyai fungsi untuk membuat standard material (sheet material dan penggunaan benang) yang akan diberikan ke team produksi serta pengoptimalan penggunaan material. Penghitungan material dan optimalisasi interlock di submit ke dalam system sehingga mempunyai standard penggunaan material per pasang.

D.  Cost Efficiency

Cost Efficiency mempunyai peran sebagai Cost Analisis dari semua hasil kerja CBDs team dan Standard Costing team. Bertugas untuk membuat project efficiency dan mengoptimalkan tingkat profitabilitas dari suatu produk. Hubungan kerja dari Cost Efficiency team adalah ke seluruh Departemen sebagai fasilitator project efficiency, untuk menjadi Cost Efficiency dibutuhkan pemikiran luas tentang Industrial Engineering karena berhubungan dengan seluruh area kerja Industri.

E. Strategic & Supporting system

Strategic & Supporting system, adalah orang yang bertugas dan membantu team dalam mengimplementasikan system perusahaan dan bertanggung jawab dalam hal KPI (Key Performance Indicator) di setiap team Costing.

Desain pekerjaan atau job design merupakan faktor penting dalam manajemen terutama manajemen operasi, karena selain berhubungan dengan produktivitas juga menyangkut tenaga kerja yang akan melaksanakan kegiatan operasi perusahaan. Deasin pekerjaan adalah suatu alat untuk memotivasi dan memberi tantangan pada karyawan. Oleh karena itu perusahaan perlu memiliki suatu system kerja yang dapat menunjang tercapainya tujuan perusahaan secara efektif dan efisien yang dapat merangsang karyawan untuk bekerja secara produktif, mengurangi timbulnya rasa bosan dan dapat meningkatkan kepuasan kerja. Desain pekerjaan terkadang digunakan untuk menghadapi stress kerja yang dihadapi karyawan.

Daftar Pustaka
http://hiddengrazz.blogspot.co.id/2012/04/pengertian-desain-pekerjaan-pendahuluan.html

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.