Monday, October 5, 2015

Desain Pekerjaan Di CV. Garuda Trisakti



Simamora (2004) mengatakan pengertian desain pekerjaan adalah proses penentuan tugas-tugas yang akan dilaksanakan, metode-metode yang digunakan untuk melaksanakan tugas-tugas ini, dan bagaimana pekerjaan tersebut berkaitan dengan pekerjaan lainnya di dalam organisasi¹. 
        Pekerjaan merupakan penghubung antara karyawan dan perusahaan. Dengan adanya pekerjaan yang didapat oleh karyawan, terwujudnya suatu karyawan/staf atau bagian-bagian yang terkait memiliki interaksi satu sama lain yang bertujuan untuk mengembangkan perusahaan tersebut. Ragam pekerjaan banyak macamnya, ada yang terkait dengan komputer, produksi, maintenance dan lain-lain. Desain pekerjaan pada perusahaan ini meliputi Input-Proses-Output yakni Pre Press (pracetak), Press (cetak) dan Post Press (finishing). Tugas-tugas yang dilakukan oleh karyawan pracetak, cetak dan pasca cetak merupakan tugas yang dilakukan sesuai dengan standar prosedur perusahaan. Dari ketiga tahapan proses cetak ini yakni diutamakan pada proses pracetak. Karena proses pracetak ini sangat berpengaruh pada model, warna, desain, kebersihan desain kebersihan pelat cetak.
        Dijelaskan bahwa tugas merupakan pekerjaan yang tanggungjawab seseorang. Pekerjaan yang dibebankan, sesuatu yang wajib dilakukan atau ditentukan untuk perintah agar melakukan sesuatu dalam jabatan tertentu². Tugas-tugas karyawan pada bidang pra cetak yakni meliputi data/desain (bawaan dari customer maupun dibuat oleh karyawan perusahaan) yang sudah masuk kemudian diproses edit-dijadikan sampeling/review desain cetakan dan selanjutnya proses approve oleh customer.
        Setelah customer meng’approve hasil cetakan yang dijadikan sampel warna pada cetakan, kemudian dibuatkan pelat cetak yang sesuai dengan desain yang sudah dibuat untuk dijadikan acuan pencetakan dengan dibuat di mesin pembuatan pelat dengan langkah-langkah yang sesuai dengan SOP (Standard operational Procedure) dan kemudian dilapisi dengan GOM yang fungsinya untuk menjaga acuan cetak dari kotoran, debu, sinar matahari, dan jamur yang dikhawatirkan terjadinya kotoran/noda pada saat pencetakan dilakukan.
       








No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.