Tuesday, October 6, 2015

Desain Pekerjaan Customer Service Bank



Desain pekerjaan adalah proses pengaturan dan penataan ulang kerja yang bertujuan untuk mengurangi atau mengatasi ketidakpuasan kerja dan tingkat stress karyawan yang timbul dari tugas-tugas yang berulang dan bersifat mekanistik.
Dalam desain pekerjaan perlu adanya pengayaan pekerjaan, rotasi pekerjaan dan penyederhanaan pekerjaan agar lebih efisien dan efektif serta hemat dalam segi biaya serta menghindari atau mengurangi tingkat bosan dan kejenuhan karyawan.

                  Jabatan atau pekerjaan harus dapat meningkatkan produktivitas perusahaan, meningkatkan kepuasan kerja, memotivasi, mengurangi turn over, dan meningkatkan kemampuan. Oleh karena itu, pekerjaan harus didesain dengn baik agar menjadi sumber motivasi, kepuasan kerja dan produktivitas.

                  Dalam Divisi Layanan untuk desain pekerjaan customer service perbankan saat ini memang sudah didesain agar bisa melayani nasabah dengan baik, contohnya berupa rotasi yang sering dilakukan dari Teller menjadi Customer Service begitu juga sebaliknya meskipun intinya tetap melayani nasabah namun dari segi jobdesk pekerjaan berbeda, jadi untuk menghindari kejenuhan/kebosanan yang dapat menurunkan kualitas pelayanan bank terhadap nasabah.

                  Desain pekerjaan sudah dibuat dan dikelola dengan peraturan yang membuat karyawan tetap dapat bekerja dengan baik meskipun dalam tekanan nasabah dan sudah ada SOP yang harus dipatuhi oleh setiap karyawan yang bekerja dalam Divisi Layanan, desain SOP ini mencakup banyak aspek tentang system pelayanan nasabah. Setiap pekerjaan membutuhkan analisis yang bagus agar dapat memenuhi standar kualitas pelayanan yang telah ditetapkan, untuk analisis pekerjaan customer service diantaranya :

1.    Job description : pernyataan tertulis yang menjelaskan tugas-tugas, kondisi kerja, tanggung jawab dan aspek standar pelayanan nasabah

2.    Job specification : karakteristik orang yang dibutuhkan untuk melakukan suatu pekerjaan dalam bidang pelayanan nasabah

3.    Job performance standard : bagaimana kerja diukur (target yang  harus dicapai, sikap dan perilaku kerja)

                  Desain pekerjaan untuk customer service tidak hanya dibuat untuk melayani nasabah melainkan juga untuk melindungi karyawan dari segi kerugian financial yang dapat terjadi akibat kesalahan dalam Standar Operasonal Prosedur. System informasi perbankan didesain dengan baik untuk menghindari kesalahan SOP tersebut.

Dengan desain pekerjaan yang baik akan menciptakan kualitas kerja, lingkungan kerja dan kinerja yang optimal.

Atep Afia Hidayat.2015.Manajemen Sumber Daya Manusia Modul 5

https://herdi73.wordpress.com/2014/01/20/analisa-pekerjaan-dan-desain-pekerjaan/

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.