Desain Pekerjaan
Pengertian Desain Pekerjaan
Desain pekerjaan atau job design merupakan
faktor penting dalam manajemen terutama manajemen operasi karena selain
berhubungan dengan produktifitas juga menyangkut tenaga kerja yang akan melaksanakan
kegiatan operasi perusahaan. Desain pekerjaan adalah suatu alat untuk
memotivasi dan memberi tantangan pada karyawan. Oleh karena itu perusahaan
perlu memiliki suatu sistem kerja yang dapat menunjang tercapainya tujuan
perusahaan secara efektif dan efisien yang dapat merangsang karyawan untuk
bekerja secara produktif, mengurangi timbulnya rasa bosan dan dapat
meningkatkan kepuasan kerja, desain pekerjaan terkadang digunakan untuk
menghadapi stress kerja yang dihadapi karyawan (Sulipan, 2000 ).
Unsur-Unsur Desain Pekerjaan
Handoko (2000) menjelaskan unsur-unsur desain pekerjaan meliputi
unsur organisasi, unsur lingkungan dan unsur perilaku. Unsur organisasi terdiri
dari pendekatan mekanik, aliran kerja dan praktek-praktek kerja. Unsur
lingkungan menyangkut tersedianya tanaga kerja yang potensial. Unsur perilaku
meliputi otonomi, variasi tugas, identitas tugas, dan umpan balik.
1. Unsur
Organisasi Desain pekerjaan harus dapat meningkatkan produktivitas.
Salah satu caranya dapat dilakukan melalui pendekatan mekanistik, procedural,
dan ergonomic. Jika dilakukan terlalu mekanistik maka tidak akan memuaskan dan
tidak akan meningkatkan kemampuan.
2. Unsur
Lingkungan Mempertimbangkan keinginan masyarakat, budaya,
kemampuan, dan ketersediaan pegawai.
3. Unsur
Prilaku Mempertimbangkan keinginan menusia dalam pelaksanaan suatu
pekerjaan yang terdiri dari :
a. Autonomy
(Responsibility for work)
b. Task Variety (use of
different skill and ability)
c. Task Identity
(doing the whole piece of work)
d. Task Siginificance
(meaning of work to other)
e. Feed
Back (information on performance)
Aspek-aspek Prilaku dan eficiency dapat menjadi dua hal
yang bertentangan.
Pedoman Dalam Desain pekerjaan
Dessler (2004) menerangkan bahwa sebuah desain pekerjaan
merupakan pernyataan tertulis tentang apa yang harus dilakukan oleh pekerja,
bagaimana orang itu melakukannya, dan bagaimana kondisi kerjanya. Desain
pekerjaan mencakup hal-hal berikut ini :
1. Identitas
pekerjaan
2. Hubungan
tugas dan tanggung jawab
3. Standar
wewenang dan pekerjaan
4. Syarat
kerja harus diuraikan dengan jelas
5. Ringkasan
pekerjaan atau jabatan
6. Penjelasan
tentang jabatan dibawah dan diatasnya
Pertimbangan dalam Menyusun Desain Pekerjaan
Inti dalam membuat desain pekerjaan adalah bagaimana membuat
semua pekerjaan yang ada disusun secara sistematis. Desain pekerjaan membantu
dalam menjelaskan pekerjaan apa yang harus dikerjakan, bagaimana mengerjakan
pekerjaan tersebut, berapa banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan bagaimana
ketentuan yang harus dijalankan sehingga pekerjaan dapat diselesaikan (Sunarto,
2005). Para penyusun desain pekerjaan harus mempertimbangkan hal-hal berikut (
Herjanto, 2000) :
1. Job
Enlargement (meningkatkan cakupan pekerjaan. Sama dengan meningkatkan job
variety, job identity, dan job significance)
2. Job
Encrichment (Meningkatkan otonomi. sama dengan meningkatkan job significance)
3. Job
Rotation (Meningkatkan job variety, dan job significance)
Manfaat Desain Pekerjaan
Desain pekerjaan merupakan faktor penting dalam manajemen
terutama manajemen operasi karena selain berhubungan dengan produktifitas juga
menyangkut tenaga kerja yang akan melaksanakan kegiatan perusahaan (Sulipan,
2000). Desain pekerjaan mutlak dimiliki oleh setiap perusahaan karena dalam
desain pekerjaan yang dilakukan adalah merakit sejumlah tugas menjadi sebuah
pekerjaan agar pekerjaan yang dilakukan menjadi terarah dan jelas. Menurut
(Sunarto, 2005) desain pekerjaan memiliki tujuan agar :
1. Efisiensi
operasional, produktifitas dan kualitas pelayanan menjadi optimal
2. Fleksibilitas
dan kemampuan melaksanakan proses kerja secara horizontal dan hirarki
3. Minat,
tantangan, dan prestasi menjadi optimal
4. Tanggung
jawab tim ditetapkan sedemikian rupa, sehingga bisa meningkatkan kerja sama dan
efektifitas tim
5. Integrasi
kebutuhan individu karyawan dengan kebutuhan organisasi
Andika,
HAdi. 2014. Desain Pekerjaan. http://muhammad25b055.blogspot.co.id/2014/10/desain-pekerjaan.html
diunduh pada 23 April 2016.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.