MANAJEMEN KARIR
Riyan Yoga Sakti
41614010034
Dasar Pemikiran
Karir merupakan rangkaian kumpulan dari pengalaman
yang berhubungan dengan kerja dan aktivitas, yang dipengaruhi oleh
sikap-sikap serta perilaku individu. Penyusunan sistem pengelolaan karir
merupakan penyusunan sistem pengembangan karir meliputi:
- Manajemen karir, yaitu bagaimana merancang dan menerapkan program karir
- Perencanaan karir, yaitu melakukan supervisi kepada karyawan untuk merencanakan dan menerapkan tujuan karirnya.
Didalam pengembangan karir terdapat perkembangan jabatan yang meliputi jenjang jabatan, mulai dari jabatan awal (yang memerlukan pengalaman kerja awal) sampai dengan jabatan-jabatan yang secara berurutan memerlukan pengetahuan dan ketrampilan
- Manajemen karir, yaitu bagaimana merancang dan menerapkan program karir
- Perencanaan karir, yaitu melakukan supervisi kepada karyawan untuk merencanakan dan menerapkan tujuan karirnya.
Didalam pengembangan karir terdapat perkembangan jabatan yang meliputi jenjang jabatan, mulai dari jabatan awal (yang memerlukan pengalaman kerja awal) sampai dengan jabatan-jabatan yang secara berurutan memerlukan pengetahuan dan ketrampilan
Esensi Program
- Menyusun program pengembangan karir yang mengintegrasikan antara kebutuhan individu dengan kebutuhan organisasi.
- Mengidentifikasi kondisi-kondisi yang mendukung kesuksesan pengembangan karir dan kesempatan kerja
Manfaat
- Bagi perusahaan, dengan pola jalur karir yang jelas, maka perpindahan jabatan (rotasi, mutasi, promosi) dapat berjalan lebih terencana. Dengan adanya antisipasi minat, potensi dan karakteristik pengalaman karyawan, maka kebutuhan organisasi akan sumber daya manusia yang berkompetensi unggul dapat terpenuhi
- Bagi karyawan, dengan pola jalur karir yang jelas, maka karyawan dapat mengidentifikasi dan mengambil langkah-langkah untuk mencapai tujuan karirnya, sehingga tidak terjadi stagnasi dalam karir.
Esensi Materi
1. Pengertian Pengembangan Karir dan Perencanaan
Karir.
Materi ini menjelaskan mengenai perbedaan
pengertian antara pengembangan karir dan perencanaan karir yang seringkali
menimbulkan kebingungan.
Karir merupakan rangkaian kumpulan dari pengalaman
yang berhubungan dengan kerja dan aktivitas, yang dipengaruhi oleh
sikap-sikap serta perilaku individu.
Pengembangan karir meliputi:
- Manajemen karir, yaitu bagaimana merancang dan menerapkan program karir
- Perencanaan karir, yaitu bagaimana karyawan merencanakan dan menerapkan tujuan karirnya
2. Langkah-langkah Penyusunan Jalur Karir.
Dalam materi ini akan dijelaskan mengenai
langkah-langkah dalam penyusunan jalur karir yang terdiri dari:
I. TAHAP PERSIAPAN
- Survey kesiapan untuk penyusunan sistem pengelolaan karir:
- Survey dilakukan dengan menyebarkan kuesioner untuk mengetahui kesiapan dari anggota perusahaan untuk melakukan penataan kembali atau menerima pemberlakuan sistem pengelolaan karir
- Tujuan dari survey ini adalah untuk mengetahui kemungkinan resistensi terhadap implementasi pelaksanaan sistem pengelolaan karir dan merencanakan solusi untuk mengatasi resistensi tersebut
- Sounding rencana penyusunan/ penataan/penyempurnaan sistem pengelolaan karir. Proses ini bertujuan untuk mensosialisasikan awal dari proses penyusunan atau penyempurnaan sistem pengelolaan karir sehingga karyawan tahu dan memahami maksud dari adanya penataan/ penyempurnaan sistem pengelolaan karir.
- Melakukan pengumpulan data-data yang terkait dengan organisasi dan sistem pengelolaan karir yang berlaku saat ini:
- Struktur Organisasi
- Uraian Tugas/ Job description pada masing-masing jabatan
- Arus kerja
- Standard Operating Procedure (SOP)
- Sistem dan data-data yang terkait dengan sistem pengelolaan karir
- Informasi data historis mengenai rekrutmen dan perpindahan internal, informasi mengenai motivasi dan konsep karir dari karyawan (melalui kuesioner)
II. TAHAP PENYUSUNAN
Adapun secara garis besar, tahapan dalam penyusunan
jalur karir adalah sebagai berikut:
- IDENTIFIKASI SPESIFIKASI JABATAN DAN PROSES EVALUASI JABATAN
- Penentuan jenis kelompok spesifikasi jabatan yang telah ada diperusahaan
- Penjenjangan standar spesifikasi jabatan
- Pembobotan jabatan melalui proses evaluasi jabatan
- Penentuan kelompok jabatan berdasarkan bobot jabatannya
Hasil pada
tahap ini berupa daftar jenjang jabatan pada setiap kelompok spesifikasi
jabatan (berdasarkan hasil evaluasi jabatan)
- PENENTUAN POLA JALUR KARIR
- Pola jalur karir yang digunakan ada 2 (dua) tipe yaitu Jalur Karir Tunggal dan Jalur Karir Bercabang, yaitu adanya kelompok tangga karir yang banyak (terdapat kelompok jalur karir). Pada materi dijelaskan bahwa jalur karir bercabang lebih banyak dipilih oleh perusahaan karena memberikan fleksibilitas dalam perpindahan jabatan.
- Pola jalur karir disusun secara sistematis dan obyektif, berdasarkan kriteria pengelompokan jabatan dan data evaluasi jabatan yang telah terkuantifikasi
- Dalam pola jalur karir juga diperinci skala
waktu dalam memegang suatu jabatan yang diperlukan agar diperoleh ukuran
tingkatan pengalaman yang cukup untuk dapat berpindah ke jabatan lain
Hasil pada tahap ini berupa uraian mengenai pola jalur karir berdasarkan pengelompokan jabatan yang diperinci dalam skala waktu - PEMBENTUKAN JALUR KARIR:
- Pembentukan kelompok jabatan
- Penentuan jabatan target karir
- Penentuan jabatan potensial menuju jabatan target karir
- Penentuan kriteria perpindahan jabatan
Hasilnya berupa uraian mengenai jalur karir beserta formulir-formulir yang terkait - TAHAP IMPLEMENTASI
- Pada tahap ini, dijelaskan mengenai penerapan
jalur karir pada data karyawan saat ini, yang meiputi:
- Identifikasi data karyawan saat ini
- Mengaplikasikan data yang ada dengan sistim karir yang telah disusun
- Identifikasi kesenjangan yang ada
- Sosialisasi kepada masing-masing level jabatan
- Pemantauan terhadap hasil sosialisasi - TAHAP PELAPORAN
- Materi yang dijelaskan terkait dengan tahap
pelaporan ini adalah mengenai pelaporan hasil akhir dari proses penyusunan
jalur karir berupa:
- Manual sistem dan prosedur pengelolaan karir
- Laporan implementasi model karir
Metode
Metode Penyampaian materi meliputi metode tutorial, pemecahan kasus, diskusi kelompok, latihan/praktek
Metode Penyampaian materi meliputi metode tutorial, pemecahan kasus, diskusi kelompok, latihan/praktek
References
Hastojn. (2012, Juli 7). Bab 9. Manajemen Karir.
Dipetik Juni 23, 2016, dari Pengembangan SDM: http://hasthojn.blogspot.co.id
Iyandri. (2010, Mei 24). Manajemen Karir. Dipetik
Juni 23, 2016, dari Manajemen Sumber Daya Manusia:
http://belajarmsdm.blogspot.co.id
Pelatihan Mengelola Karir Dengan Tepat: Solusi Untuk
Meningkatan Keikatan Karyawan.
(t.thn.). Dipetik Juni 23, 2016, dari Center for Applied Banking Management: https://pelatihan.perbanas.ac.id
Tambunan, M. (2014, Oktober 25). Managemen Sumber
Daya Manusia. Dipetik Juni 23, 2016, dari Manajemen Karir (Career
Management): http://mercys25b020.blogspot.co.id
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.