Thursday, June 23, 2016

definisi dan urgensi


Definisi dan urgensi manajemen sumber daya manusia
Manajeman sumber daya manusia merupakan sebuah fungsi manajeman yang berhubungan dengan rekruitmen, penempatan, pelatihan, dan pengembangan anggota dari suatu organisasi (Tunggal, 1993).
Manajemen sumber daya manusia mencakup masalah yang berkaitan dengan pembinanaan, penggunanaan, dan perlindungan sumber daya manusia (Barthos, 1990). Berdasarkan beberapa sumber yang saya baca dapat saya simpulkan bahwa manajemen sumber daya manusia merupakan suatu ilmu yang digunakan untuk mengelola SDM sehingga tujuan dari perusahaan, karyawan, dan lingkungan dapat dapat tercapai.
Manajemen sumber daya manusia merupakan faktor penting dan menjadi faktor pusat dalam suatu perusahaan. Oleh karena itu, sistem manajemen SDM sangan berpengaruh terhadap hasil/output yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. MSDM juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan, penyususnan sistem organisasi, pengembangan serta pengelolaan karyawan.
MSDM biasanya digunakan sebagai panduan dalam proses pengaturan karyawan dari proses perekrutan, hingga penggajian. Selain itu MSDM juga penting untuk mengelola hubungan antar individu dalam sebuah organisasi (dikutip dari modul yang ditulis oleh Bapak Ir.  Atep Hidayat, M.Si).
Contoh kasus:
Banyaknya karyawan fresh graduate yang ada di perusahaan X menuntut perusahaan untuk melakuakan manajemen SDM yang baik. Perusahaan tersebut telah melakukan beberapa hal yang berkaitan dengan manajemen SDM diantaranya pengenalan budaya perusahaan, selalau menekankan budaya perusahaan disetiap pekerjaan yang mereka lakukan serta memberikan pelatihan sesuai bidang masing-masing. Sehingga, karyawan fresh graduate tersebut memiliki pengetahuan yang lebih dan dapat menerapkannya. Manajeman SDm yang baik juga diperlukan agar karyawan baru tidak cepat resign.
Kesimpulan
Manajemen SDM memiliki arti penting dalam keberhasilan suatu organisasi. Degan Manajemen SDM yang baik maka tujuan dari perusahaan, karyawan, dan lingkungan akan tercapai serta potensi yang dimiliki setiap individu dapat dioptimalkan sehingga akan menghasilkan output yang bagus.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.