Manajemen karir adalah proses untuk membuat karyawan dapat
memahami dan mengembangkan dengan lebih baik keahlian dan minat karir mereka
dan untuk memanfaatkan keahlian dan minai ini dengan cara yang paling efektif.
Menurut Gutteridge (1976)Manajemen karir adalah proses dimana organisasi
mencoba untuk menyesuaikan minat karir individual dan kemampuan organisasi
untuk merekrut karyawan.
Manajemen karir meliputi seluruh kegiatan yang berkenaan dengan
pekerjaan pegawai. Kegiatan ini dimulai dengan proses rekrutmen, penempatan,
pengembangan dan pemberhentian pegawai. Menurut Walker (1980) manajemen karir
terkait dengan berbagai kegiatan perencanaan ketenagakerjaan.
Manajemen karir Individual
Kesuksesan psikologis merupakan tujuan dari karir seseorang
yaitu bangga atas prestasi seseorang yang didapatkan ketika tujuan terpenting
dalam kehidupannya tercapai. Promosi dan perubahan jabatan dapat menentukan
siapa yang akan maju dan siapa yang tetap. Perubahan jabatan tidak hanya
menyebabkan perbedaan pekerjaan dan reward tetapi juga perbedaan lingkungan dan
dengan siapa orang tersebut berinteraksi. Dengan demikian perubahan jabatan
dapat menyebabkan perubahan kehidupan seseorang.
Manajemen karir organisasional
Manajemen karir organisasional mencakup berbagai kebijakan dan
tindakan organisasi untuk meningkatkan efektivitas karir dari pekerjaannya
(Orpen, 1994). Definis karir organisasi mengacu pada struktur karyawan dan
praktek-praktek yang memberi panduan bagaimana merekrut, mengembangkan dan memberi
tugas kepada karyawan (Gaetner, 1998).
Sistem pengembangan karir
Integrasi dari perencanaan karir individual dan aktivitas manajemen
karir organisasi yang terdiri dari pekerja, manajemen dan organisasi.
Perencanaan karir
Perencanaan yang dilakukan baik oleh individu pegawai maupun
oleh organisasi berkenaan dengan karir pegawai, terutama mengenai persiapan
yang harus dipenuhi seorang pegawai untuk mencapai tujuan karir tertentu. Yang
terpenting yaitu perencanaan pegawai harus dilakukan kedua belah pihak yaitu
pegawai yang bersangkutan dan organisasi. Perencanaan karir di tingkat
organisasi dengan tujuan untuk mengadakan atau mengidentifikasi hal-hal
berikut:
1. Profil kebutuhan pegawai
2. Deskripsi pekerjaan
3. Peta jalur karir
4. Mekanisme penilaian kinerja pegawai
Pengembangan karir
Proses mengidentifikasi potensi karir pegawai dan materi serta
menerapkan cara-cara yang tepat untuk mengembangkan potensi tersebut. Secara
umum, proses pengembangan karir dimulai dengan mengevaluasi kinerja pegawai
atau perfomance appraisal. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan karir
sebagai berikut:
·
Hubungan
pegawai dan organisasi
·
Personalitas
pegawai
·
Faktor-faktor
eksternal
·
Politicking
dalam organisasi
·
Sistem
penghargaan
·
Jumlah
pegawai
·
Ukuran
organisasi
·
Kultur
organisasi
·
Tipe
manajemen
Manfaat manajemen karir
Manajemen karir mempunyai andil besar dalam menentukan
efektifikas dan efisiensi organisasi. Beberapa manfaatnya yaitu:
1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas
produktivitas
2. Membentuk sikap, loyalitas, dan kerja
sama ynang lebih menguntungkan.
3. Memenuhi kebutuhan perencanaan sumber
daya manusia
4. Membantu pegawai dalam peningkatan
dan pengembangan pribadi mereka.
Daftar pustaka
·
Angkawan,
Erwin dan Rahmawati, Fransiska. 2016. Makalah Pelatihan, Pengembangan dan
Manajemen Karir. Universitas Brawijaya
·
Ayu,
Irrine. 2015. Manajemen Karir: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Proses, dan
Perencanaan Karir. Dalam
https://irrineayu.wordpress.com/2015/04/17/manajemen-karir-pengertian-tujuan-manfaat-proses-dan-perencanaan-karir/
·
Hasthojn.
2012. Pengembangan SDM. Dalam http://hasthojn.blogspot.co.id/2012/07/bab-9-manajemen-karir.html
·
Rahmawati,
Annisa. 2012. Makalah “Manajemen Karier”. Dalam http://annisarah28.mhs.narotama.ac.id/2012/05/29/24/
·
Tambunan,
Mercys. 2014. Manajemen karir. Dalam http://mercys25b020.blogspot.co.id/2014/10/manajemen-karir-managemen-career.html
@17-sri
ReplyDeleteSetelah saya membaca artikel ini Manajemen karir adalah proses untuk membuat karyawan dapat memahami dan mengembangkan dengan lebih baik keahlian dan minat karir mereka dan untuk memanfaatkan keahlian dan minat ini dengan cara yang paling efektif.Kegiatan ini dimulai dengan proses rekrutmen, penempatan, pengembangan dan pemberhentian pegawai.
Perencanaan karir di tingkat organisasi dengan tujuan untuk mengadakan atau mengidentifikasi hal-hal berikut:
1. Profil kebutuhan pegawai
2. Deskripsi pekerjaan
3. Peta jalur karir
4. Mekanisme penilaian kinerja pegawai
Manfaat manajemen karir
Meningkatkan kuantitas dan kualitas produktivitas
2. Membentuk sikap, loyalitas, dan kerja sama ynang lebih menguntungkan.
3. Memenuhi kebutuhan perencanaan sumber daya manusia
4. Membantu pegawai dalam peningkatan dan pengembangan pribadi mereka.
Berdasarkan pengembangan karir serta manfaatnya maka diharapkan karyawan dapat memahami dan mengembangkan dengan lebih baik keahlian dan minat karir mereka.
@A17-Sri
DeleteSetelah saya membaca artikel ini Manajemen karir adalah proses untuk membuat karyawan dapat memahami dan mengembangkan dengan lebih baik keahlian dan minat karir mereka dan untuk memanfaatkan keahlian dan minat ini dengan cara yang paling efektif.Kegiatan ini dimulai dengan proses rekrutmen, penempatan, pengembangan dan pemberhentian pegawai.
Perencanaan karir di tingkat organisasi dengan tujuan untuk mengadakan atau mengidentifikasi hal-hal berikut:
1. Profil kebutuhan pegawai
2. Deskripsi pekerjaan
3. Peta jalur karir
4. Mekanisme penilaian kinerja pegawai
Manfaat manajemen karir
Meningkatkan kuantitas dan kualitas produktivitas
2. Membentuk sikap, loyalitas, dan kerja sama ynang lebih menguntungkan.
3. Memenuhi kebutuhan perencanaan sumber daya manusia
4. Membantu pegawai dalam peningkatan dan pengembangan pribadi mereka.
Berdasarkan pengembangan karir serta manfaatnya maka diharapkan karyawan dapat memahami dan mengembangkan dengan lebih baik keahlian dan minat karir mereka.
@A16-Sari
ReplyDeleteSetelah membaca artikel ini.
Manajemen karir adalah proses untuk membuat karyawan dapat memahami dan mengembangkan dengan lebih baik keahlian dan minat karir mereka dan untuk memanfaatkan keahlian dan minai ini dengan cara yang paling efektif.
Perencanaan karir
Perencanaan yang dilakukan baik oleh individu pegawai maupun oleh organisasi berkenaan dengan karir pegawai, terutama mengenai persiapan yang harus dipenuhi seorang pegawai untuk mencapai tujuan karir tertentu.
Manfaat manajemen karir
Manajemen karir mempunyai andil besar dalam menentukan efektifikas dan efisiensi organisasi. Beberapa manfaatnya yaitu:
1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas produktivitas
2. Membentuk sikap, loyalitas, dan kerja sama ynang lebih menguntungkan.
3. Memenuhi kebutuhan perencanaan sumber daya manusia
4. Membantu pegawai dalam peningkatan dan pengembangan pribadi.
sekian dari saya
Terimakasih
@A38-Khaerul Anwar
ReplyDeleteisi dari makalah nya sudah cukup lumayan bagus dan bermanfaat, Bagaimana manaejemn karir di perusahaan anda? apakah ada career path yang jelas dalam tempat anda bekerja?
@j06-Dwi
ReplyDeleteDari segi pembahasan cukup menarik singkat dan jelas.akan lebih menarik peminat pembaca lagi kemungkinan mappingnya dibuat lebih menarik lagi trimakasih
Amanda Afrilla - @J09-amanda
ReplyDeleteMenurut saya artikelnya dibuat ringkas sehingga mudah dibaca dan mudah dipahami. Tetapi mind mapping mungkin dapat dibuat dengan tampilan yang lebih menarik.
Menurut saya artikelnya sangat lengkap pembahasanya dan cukup baik, namun masih banyak penulisan yang harus diperbaiki dan kurang adanya studi kasus untuk melengkapi artikelnya.
ReplyDeleteCaesario Wahyu - 41815110174
ReplyDeleteSaya setuju dengan Kesuksesan psikologis merupakan tujuan dari karir seseorang yaitu bangga atas prestasi seseorang yang didapatkan ketika tujuan terpenting dalam kehidupannya tercapai. Karna ketika kita dapat mencapai apa yang telah kira rencanakan dan kita lakukan untuk mencapai karir tertentu, kita akan merasa bangga atas apa yang kita capai, karna dengam demikiam kita akan terus termotifasi untuk terus berkbang dalam mengembangkan karir.
Wahyu Widianingsih
ReplyDelete41117110170
Dalam artikel ini saya setuju tentang Perubahan jabatan tidak hanya menyebabkan perbedaan pekerjaan dan reward tetapi juga perbedaan lingkungan dan dengan siapa orang tersebut berinteraksi. Dengan demikian perubahan jabatan dapat menyebabkan perubahan kehidupan seseorang. Karena perubahan jabatan sering kali menyebabkan perubahan kehidupan seseorang ada yang berubah menjadi lebih baik lagi ada juga yang berubah menjadi orang yang sombong dan seenaknya sendiri. Maka dari itu kita harus bisa menjaga kinerja kita dengan baik dan lebih baik lagi dari yang sebelumnya. Menjaga hubungan dengan orang di sekitar tempat kerja agar bisa saling berpendapat dan saling tolong menolong.
Muhammad Alamin Imam Utomo-41117110030
ReplyDeleteArtikel yang sangat bagus dan lengkap,satu hal yang saya suka terdapat mind mapping yang bagus.hal lainya terdapat cara pengembangan karir yang menurut saya akan sangat berguna ketika seseorang memulai karir mereka,satu hal yg mengganjal dari artikel ini menurut saya adalah font tulisan yang kurang cocok apabila diaplikasikan di sebuah artikel
Ferdi angga kusuma - 41213120071
ReplyDeleteArtikel ini bermanfaat untuk belajar mengenai perkembangan karir serta cara-cara yang tepat untuk mengembangkan potensi pengembangan karir nelalum evaluasi kinerja pegawai performance appraisal. Hubungan pegawai dan perusahaan, personalitas pegawai, faktor eksternal, politik dalan perusahaan, sistem penghargaan, jumlah pegawai, ukuran, kultur dan type manajemen adalah beberapa faktor yang berpengaruh dalan pengembangan karir.
Dwi Bayu Prasetya 41117110128
ReplyDeleteSaya setuju dengan artikel ini bahwa Manajemen karir meliputi seluruh kegiatan yang berkenaan dengan pekerjaan pegawai. Kegiatan ini dimulai dengan proses rekrutmen, penempatan, pengembangan dan pemberhentian pegawai. Hal ini sangat banyak kita jumpai di lapangan.
Baik dari segi karir individu dengan karir organisasi kita harus baik dan seimbang agar tercipta individu yang hidup mempunyai target berkembang dan mencapai perusahaan yang maju .
Perencanaan karir di tingkat organisasi dengan tujuan untuk mengadakan atau mengidentifikasi hal-hal berikut:
1. Profil kebutuhan pegawai
2. Deskripsi pekerjaan
3. Peta jalur karir
4. Mekanisme penilaian kinerja pegawai
Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan karir sebagai berikut:
· Hubungan pegawai dan organisasi
· Personalitas pegawai
· Faktor-faktor eksternal
· Politicking dalam organisasi
· Sistem penghargaan
· Jumlah pegawai
· Ukuran organisasi
· Kultur organisasi
· Tipe manajemen
Dan Manfaat manajemen karir
Beberapa manfaatnya yaitu:
1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas produktivitas
2. Membentuk sikap, loyalitas, dan kerja sama ynang lebih menguntungkan.
3. Memenuhi kebutuhan perencanaan sumber daya manusia
4. Membantu pegawai dalam peningkatan dan pengembangan pribadi.
Sekian review saya. Terima kasih
41115120005-Naan Supriyatna
ReplyDeleteartikelnya sangat bermanfaat dan menambah wawasan,
Terima kasih
sangat bermanfaat , buat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan di bidang usaha dan pekerjaan
ReplyDeleteMuh. Fajar Pratama - 41217110058
ReplyDeletesangat bermanfaat , buat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan di bidang usaha dan pekerjaan
Hasthi Dasto Fibrianto / 41616110019
ReplyDeleteManajemen karir mempunyai andil yang besar dalam menentukan efektifikas dan efisiensi dalam organisasi tersebut
Bonifasius Bayu PS (41616110035)
ReplyDeleteMenurut saya manajemen karir diperlukan bagi seorang pekerja pada suatu perusahaan untuk mengembangkan kemampuan dan minat untuk berwirausaha sendiri.
Khairul Nil Hakim Sitorus (41616110037)
ReplyDeleteManajemen karier merupakan sebuah kunci suskses seorang pebisnis dan pekerja untuk menaikan level kita sebagai pejabat dari perusshaan tersebut.
-Review artikel
ReplyDeleteMenurut saya untuk manajemen karir individual untuk mencapai tujuan dalam karir dengan kebanggaan atas prestasinya untuk menjadikan sebuah perusahaan berjalan lebih baik dengan meregenerasi pegawai dengan salah satunya promosi jabatan.
sulistianingsih - 43116120091
ReplyDeletemenurut saya Artikel ini bermanfaat untuk belajar mengenai perkembangan karir serta cara-cara yang tepat untuk mengembangkan potensi pengembangan karir nelalum evaluasi kinerja pegawai performance appraisal. Hubungan pegawai dan perusahaan, personalitas pegawai, faktor eksternal, politik dalan perusahaan, sistem penghargaan, jumlah pegawai, ukuran, kultur dan type manajemen adalah beberapa faktor yang berpengaruh dalan pengembangan karir.
pad artikel ini ada perencanaan karir tingkat organisasi yang dibahas karir di tingkat organisasi dengan tujuan untuk mengadakan atau mengidentifikasi hal-hal berikut:
ReplyDelete1. Profil kebutuhan pegawai
2. Deskripsi pekerjaan
3. Peta jalur karir
4. Mekanisme penilaian kinerja pegawai
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteNunung Arifah - 43217110020
ReplyDeleteSeseorang yang memiliki karier yang hebat akan memberikan kontribusi yang optimal bagi organisasi yang diikutinya. Pengembangan karier berkaitan dengan upaya membuat perubahan kearah yang lebih baik. Setiap perusahaan menghasilkan produksi, baik barang atau jasa, di mana tingkat produktivitasnya sangat tergantung pada kualitas individu pegawainya. Kualitas individu pegawai tersebut selain sangat tergantung pada pengetahuan, keterampilan profesional, kemampuan kerjsama tim, kemampuan menumbuhkan gagasan, dan tentu saja kepercayaan diri terhadap karier yang dijalankannya.
Lavenia Hascar Dewi / 41616110044
ReplyDeletePentingnya managemen karir bermanfaat untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produktivitas
Virna Cynthia Putri 41616110025
ReplyDeletePada artikel ini kita dapat mengetahui manfaat manajemen karir mempunyai andil besar dalam menentukan efektifikas dan efisiensi organisasi. Salah satu manfaatnya yaitu Meningkatkan kuantitas dan kualitas produktivitas.
Saran saya adalah buat mind map yang lebih menarik dan mudah dipahami alurnya.
Ardian Adi Saputro / 41216110055
ReplyDeleteMenurut saya dalam artiket ini kita bisa banyak belajar terutama dalam menajemen karir semoga kedepannya artikel ini akan lebih baik lagi.
BAYU CAHYO SAPUTRO / 41216110109
ReplyDeleteManajemen karir meliputi seluruh kegiatan yang berkenaan dengan pekerjaan pegawai. Kegiatan ini dimulai dengan proses rekrutmen, penempatan, pengembangan dan pemberhentian pegawai. Hal ini sangat banyak kita jumpai di lapangan.manfaat manajemen karir mempunyai andil besar dalam menentukan efektifikas dan efisiensi organisasi. Salah satu manfaatnya yaitu Meningkatkan kuantitas dan kualitas produktivitas.
The, Eka Yuliarto 41616110006
ReplyDeleteSecara umum, proses pengembangan karir dimulai dengan mengevaluasi kinerja pegawai atau perfomance appraisal.
Irvan Agus Setiyanto - 41616110104
ReplyDeleteSalah satu manfaat menejemen karir adalah membantu pegawai dalam peningkatan dan pengembangan pribadi mereka, ini penting karena dengan memiliki SDM yang berkualitas dan produktif tentunya organisasi atau perusahaan akan lebih maju. Artikel dan Mind map cukup bagus.
Agus Rahman / 41615120068
ReplyDeleteSaya sangat setuju apabila manajemen karir sangat erat kaitannya dengan salah saru metode yang digunakan untuk mengetahui potensi yang ada pada pegawai tersebut
ariski nugroho / 41615120036
ReplyDeletemenurut pendapat saya dalam artikel ini dalam peryataan Sistem pengembangan karir
Integrasi dari perencanaan karir individual dan aktivitas manajemen karir organisasi yang terdiri dari pekerja, manajemen dan organisasi. nah selama ini syarat2 tersebut belum banyak diketahui oleh seseorang yang akan mencari jati diri dengan apa yang dia punyai sehingga potensi diri tidak dapat berkembang secara maksimal
Rico Pratama - 41516110183
ReplyDeleteManfaat manajemen karir
1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas produktivitas
2. Membentuk sikap, loyalitas, dan kerja sama ynang lebih menguntungkan.
3. Memenuhi kebutuhan perencanaan sumber daya manusia
4. Membantu pegawai dalam peningkatan dan pengembangan pribadi mereka.
Priyo Dwi Wijaksono/41615120035
ReplyDeleteSaya sangat setuju sekali, Perencanaan yang dilakukan baik oleh individu pegawai maupun oleh organisasi berkenaan dengan karir pegawai, terutama mengenai persiapan yang harus dipenuhi seorang pegawai untuk mencapai tujuan karir tertentu. Yang terpenting yaitu perencanaan pegawai harus dilakukan kedua belah pihak yaitu pegawai yang bersangkutan dan organisasi.
May Suci KND-4117110057
ReplyDeleteSaya setuju dengan artikel ini bahwa Manajemen karir meliputi seluruh kegiatan yang berkenaan dengan pekerjaan pegawai. Kegiatan ini dimulai dengan proses rekrutmen, penempatan, pengembangan dan pemberhentian pegawai. Hal ini sangat banyak kita jumpai di lapangan.
Baik dari segi karir individu dengan karir organisasi kita harus baik dan seimbang agar tercipta individu yang hidup mempunyai target berkembang dan mencapai perusahaan yang maju .
Perencanaan karir di tingkat organisasi dengan tujuan untuk mengadakan atau mengidentifikasi hal-hal berikut:
1. Profil kebutuhan pegawai
2. Deskripsi pekerjaan
3. Peta jalur karir
4. Mekanisme penilaian kinerja pegawai
Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan karir sebagai berikut:
· Hubungan pegawai dan organisasi
· Personalitas pegawai
· Faktor-faktor eksternal
· Politicking dalam organisasi
· Sistem penghargaan
· Jumlah pegawai
· Ukuran organisasi
· Kultur organisasi
· Tipe manajemen
Dan Manfaat manajemen karir
Beberapa manfaatnya yaitu:
1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas produktivitas
2. Membentuk sikap, loyalitas, dan kerja sama ynang lebih menguntungkan.
3. Memenuhi kebutuhan perencanaan sumber daya manusia
4. Membantu pegawai dalam peningkatan dan pengembangan pribadi.
Sekian dan Terima kasih
menurut saya artikel sudah dapat menyampaikan dengan cukup jelas mengenai manajemen karir baik dari pengertian, manfaat , dan tujuan manajemen karir untuk apa yang menjadikannya hal terpenting dalam melakukan suatu perencanaan usaha yang baik
ReplyDelete