Definisi
Analisis pekerjaan adalah suatu
analisis sistematis atas pekerjaan dalam suatu organisasi.
Tujuan
Analisis pekerjaan dapat dipakai
untuk berbagai tujuan, baik sektor publik maupun sektor swasta. Analisis pekerjaan
bertujuan mengetahui hal-hal seperti berikut:
1. Deskripsi pekerjaan (job description)
Berisi informasi pengidentifikasian pekerjaan, riwayat
pekerjaan, kewajiban-kewajiban pekerjaan, dan pertanggungjawaban, spesifikasi
pekerjaan atau informasi mengenai standar-standar pekerjaan.
2. Spesifikasi pekerjaan (job
specifiacation)
Penyusunan pekerjaan-pekerjaan ke
dalam kelompok-kelompok atau jenis-jenis berdasarkan rencana sistematika
tertentu
3. Job evaluation
Suatu prosedur pengklasifikasian
pekerjaan berdasarkan kegunaan masing-masing di dalam organisasi dan dalam
pasar tenaga kerja luar yang terkait
4. Job design instructuring
Meliputi usaha-usaha untuk
mengalokasi dan merekstrulisasikan kegiatan-kegiatan pekerjaan ke dalam
berbagai kelompok
5. Personal requirement/specifications
Berupa penyusunan
persyaratan-persyaratan atau spesifikasi-spesifikasi tertentu bagi suatu
pekerjaan, seperti pengetahuan, keterampilan, ketangkasan, sifat-sifat dan
ciri-ciri yang diperlukan bagi keberhasilan pelaksanaan suatu pekerjaan.
6. Performance appraisal
Untuk mempengaruhi para pekerja
melalui keputusan-keputusan administrasi, seperti promosi, pemberhentian
sementara (lay off), pemindahan, kenaikan gaji, memberi informasi kepada para
pekerja tentang kemampuan-kemampuan dan kekurangan-kekurangan yang berkaitan
dengan pekerjaannya masing-masing
7. Worker mobility
Dinamika masuk-keluarnya seseorang
dalam posisi-posisi, pekerjaan-pekerjaan, dan okupasi-okupasi tertentu
8. Efficiency
Mencakup penggabungan proses kerja
yang optimal dan rancangan keamanan dari peralatan dan fasilitas fisik lainnya
dengan referensi tertentu pada kegiatan-kegiatan kerja, termasuk
prosedur-prosedur kerja, susunan kerja dan standar-standar kerja.
9. Safety
Lebih kepada identifikasi dan
peniadaan perilaku-perilaku kerja yang tidak aman, kondisi-kondisi lingkungan
10.
Human
resource planning
Meliputi kegiatan-kegiatan
antisipasif dan reaktif melalui suatu organisasi untuk memastikan organisasi
tersebut memiliki dan akan terus memiliki jumlah dan macam orang pada tempat
yang tepat, waktu yang tepat.
11.
Legal/quasi
legal requirement
Aturan-aturan dan ketentuan-ketentuan
lainnya yang berkaitan dengan organisasi.
Informasi yang dapat diperoleh dari
analisis pekerjaan sebagai berikut:
1. Aktivitas pekerjaan. Mengumpulkan
segala informasi yang berkenaan dengan pekerjaan yang meliputi bagaimana,
mengapa dan kapan pekerja melakukan setiap aktivitasnya.
2. Perilaku manusia. Mengumpulkan segala
informasi yang berkenaan dengan tuntutan pekerjaan yang berkaitan dengan
perilaku manusia mesin, perangkat, peralatan dan bantuan pekerjaan.
3. Mengumpulkan segala informasi yang
berkenaan dengan perangkat yang dipergunakan, bahan-bahan yang diproses,
pengetahuan yang dipakai atau diterapkan, dan pelayanan yang akan diberikan.
4. Standar prestasi. Mengumpulkan segala
informasi yang berkenaan dengan standar prestasi pekerjaan dan menggunakan
informasi tersebut untuk menilai karyawan.
5. Konteks pekerjaan. Mengumpulkan
segala informasi yang berkenaan dengan persyaratan untuk melakukan pekerjaan
seperti pengetahuan, keterampilan yang berhubungan dengan pekerjaan.
Pelaksanaan analisis pekerjaan
Pengumpulan informasi dalam menganalisis
pekerjaan dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti:
1. Membuat kuesioner
2. Interview
3. Mengadakan observasi
4. Panel of expert, dan
5. Employee logs
DAFTAR PUSTAKA
·
Ayu,
Irrine. 2015. Analisis pekerjaan: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Tahapan, Jenis
dan Metode. Dalam: https://irrineayu.wordpress.com/2015/04/17/analisis-pekerjaan-pengertian-tujuan-manfaat-tahapan-jenis-dan-metode/
·
Desseler,
Gary. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Indeks.
·
Griffin,
Ricky W. 2004. Manajemen: Jilid 1. Erlangga
·
Hariandja,
Marihot Tua Efendi. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengadaan,
Pengembangan, Pengkompesasian, dan Peningkatan Produktivitas Pegawai. Grasindo
·
Rozalena,
Agustin dan Dewi, Sri Komala. 2016. Panduan Praktis Menyusun Pengembangan
Karier dan Pelatihan Karyawan. Penebar Swadaya Grup.
@A01-ISLAMIA
ReplyDeleteSetellah membaca artikel ini saya menjadi lebih mengetahui apa itu analisis pekerjaan.Dimana analisis pekerjaan adalah suatu analisis sistematis atas pekerjaan dalam suatu organisasi. Yang memiliki tujuan dalam deskripsi pekerjaan, spesifikasi pekerjaan,Job evaluation, Personal requirement/specifications dll.dari analisis pekerjaan kita dapat mengetahui aktivitas pekerjaan, perilaku manusia. Sebaiknya penjelasan tentang analisis pekerjaannya lebih diperjelas lagi.