Friday, January 13, 2017

MANAJEMEN TALENTA



I.PENDAHULUAN
Setiap organisasi yang baik selalu mengevaluasi nilai dari setiap investasi yang mereka lakukan, termasuk investasi sumber daya manusia lewat manajemen talenta.
Pertanyaannya bukan pada apakah perusahaan harus menerapkan metrik tertentu untuk mengukur dampak dari investasi yang mereka lakukan terhadap performa mereka, tetapi lebih pada memilih metrik yang mana yang akan menguntungkan perusahaan.
Salah satu tantangan terberat yang dihadapi perusahaan di seluruh dunia adalah membangun dan mempertahankan sumber aliran bakat atau talenta. Perusahaan harus merekrut, melatih, mengelola kinerja mereka, memberikan kompensasi dan penghargaan, serta mempertahankan talenta yang paling baik. Belum ada suatu solusi yang pas untuk tantangan ini. Terlebih lagi, penelitian mengenai manajemen talenta yang masih sangat terbatas sehingga pertanyaan mengenai strategi yang tepat dan dampak yang mungkin terjadi dalam performa perusahaan juga belum terjawab (Lawler, 2008). Oleh karena itu, kebanyakan perusahaan masih menggunakan penilaian yang bersifat subyektif dalam mengukur efektifitas strategi HR yang mereka terapkan (Becker, Huselid, dan Ulrich, 2001).
II. PEMBAHASAN
Manajemen talenta adalah serangkaian proses SDM organisasi terpadu yang dirancang untuk mengembangkan, memotivasi, dan mempertahankan produktif, terhadap karyawan yang terlibat.
Tujuan dari manajemen bakat adalah untuk menciptakan kinerja tinggi, organisasi berkelanjutan yang memenuhi tujuannya strategis dan operasional dan tujuan
Terdapat tiga pandangan mengenai manajemen talenta (Collongs dan Mellahi, 2009; Lewis dan Heckman, 2006; dan Silzer dan Dowell, 2010). Pandangan pertama menekankan pada human capital. Pandangan kedua melihat manajemen talenta sebagai  sebuah proses dimana karyawan melakukan antisipasi dan memenuhi kebutuhan mereka akan human capital. Pandangan ketiga melihat manajemen talent sebagai instrument untuk mencapai outcome ekonomi.
Faktor yang mempengaruhi manajemen talenta:
a strategi mempertahankan SDM
b strategi pemilihan SDM
c strategis pelatihan
d keberadaan SDM dalam organisasi
e keinginan SDM untuk tetap bekerja di organisasi
f penerimaan kinerja organisasi.
Manfaat Sistem Manajemen Talenta Bagi Karyawan:
a.Meningkatkan motivasi dan komitmen; mengembangkan dan mengkomunikasikan jalur karir.
b.Meningkatkan pengetahuan tentang kontribusi kepada sasaran perusahaan
c.Meningkatkan kepuasan kerja
Strategi manajemen talenta pada perusahaan seharusnya disesuaikan dengan visi, tujuan, dan strategi perusahaan, agar SDM perusahaan dapat secara dinamis pula menyesuaikan strategi bersaing menghadapi perubahan lingkungan bisnis. (Carol, 2004; Jyotsna, 2007). Manajemen talenta dapat meningkatkan produktivitas dan kepuasan kerja karyawan dalam mecapai business performance yang diharapkan (Taleo, 2006; Michiel and Jan, 2005; Ian, 2007; Rakesh and Jyotsna, 2009).
III. KESIMPULAN
Pelaksanaan manajemen talenta dengan fokus yang kuat pada strategi bisnis memiliki dampak yang secara statistik tinggi dan signifikan terhadap keuntungan perusahaan. Peneliti menemukan bahwa terdapat kecenderungan untuk perusahaan dapat memiliki strategi yang fokus pada menarik dan mempertahankan karyawan yang bertalenta, menekankan pada proses belajar dan memiliki nilai terhadap pengembangan kualitas kerja dan kualifikasi. Perusahaan juga diharapkan dapat mengenali keahlian dan karakter yang dibutuhkan perusahaan sehingga dapat dikembangkan dan ditularkan ke semua karyawan dan meminimalisir biaya training dengan hanya fokus pada area pengembangan penting saja. Perusahaan juga dapat memberikan pelatihan yang dibutuhkan serta sertifikasinya selain gelar yang karyawan miliki.
IV.
DAFTAR PUSTAKA
Rachmawati, Meida. 2014. Strategi Untuk Menerapkan Talent Management (Manajemen Talenta) Dalam Perusahaan. Vol.7, No.14. Salatiga: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi

Kusumawijaya, Ida Ketut. 2011. Peran Mitra Strategis dan Agen Perubahan dalam Manajemen Talenta dan Kinerja Manajer. Jurnal Siasat Bisnis Vol 15, No 1.

6 comments:

  1. Muhamad safeih k13
    Komentar :
    Pembahasan yang kurang menarik karena terlalu simpel untuk di baca, tulisan yang kurang rapih mungkin,
    Dan sedikit ingin menambahkan dari blog inih
    Seharusnya di tambahakan pembahasan tentang tahapan manejemen talenta
    Tentang apa posisi kunci future leader,
    Model jalur karir untuk talenta dan kompetisi utama future leader karena kita harus tau kompetisi apa saja yang saat inih yang sedang berlangsung dan sklill apa saja yang harus kita persiapkan untuk mengikuti manajemen talenta, jadi pembahasan yang di buat dalam blog inih mungkin masih perlu banyak perbaikan lagi
    Thanks

    ReplyDelete
  2. Chris Marenda - 41817110144

    Artikel berikut sudah cukup tapi standar sekali,
    mohon untuk dapat di rapikan, karena masih kurang rapi dari tulisannya sehingga membingungkan yang baca.

    ReplyDelete
  3. Dalam artikel manajemen taleta ini cukup lengkap akan tetapi sulit untuk di pahami karena urutan membaca tidak rapih. Akan tetapi manajemen talenta ini salah satu hal yang menunjang karir

    ReplyDelete
  4. Dewi Manca Indira / 41216110110

    menurut saya artikel ini sudah baik.
    akan tetapi pembahasan materi kurang detail tentang manajemen talenta ini tidak memberikan contoh contoh yang di maksudkan penulis mengenai kesimpulan yang di buat.

    ReplyDelete
  5. Lina Agustina 44314110124

    Ini merupakan proses analisis, pengembangkan, dan pemanfaatan talenta yang berkelanjutan dan efektif untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Hal ini melibatkan proses tertentu yang membandingkan talenta saat ini di suatu departemen dengan kebutuhan strategi bisnisnya. Hasil ini mengarah pada pengembangan dan implementasi strategi yang sesuai untuk mengatasi kesenjangan atau surplus talenta.

    ReplyDelete
  6. Irfan Nasir Alamien. 41216110051

    Ya Me manajemen talenta merupakan kontribusi yang sangat penting, sehingga peranannya menjadikannya sebuah tolak ukur bisnis, untuk kedepannya, dengan fokus yang kuat pada strategi bisnis sehingga memiliki dampak yang secara statistik tinggi dan signifikan terhadap keuntungan perusahaan.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.