Menurut Newstrom (2007), kepuasan kerja
merupakan perasaan mendukung atau tidak mendukung yang di alami pegawai dalam
bekerja. Perasaan mendukung berarti ada kesesuaian atau keharmonisan antara apa
yang dikerjakan dengan gejolak perasaan, sebaliknya perasaan tidak mendukung
dapat diartikan sebagai munculnya ketidak-sesuaian atau ketidak-harmoniasan
antara perasaan yang sedang terjadi dengan pekerjaan yang dilakukan.
Berarti,
kepuasan kerja merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi
produktivitas karyawan. Karyawan yang melibatkan 90% lebih dari dirinya
merupakan karyawan yang memiliki kepuasan kerja yang baik. Terdapat berbagai factor
yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja seperti usia, kondisi kesehatan,
pengetahuan dan tingkat keterampilan, serta faktor eksternal seperti lingkungan
kerja, hubungan dengan pegawai lain, penempatan kerja, pengembangan karier,
bahkan struktur organisasi atau manajemen perusahaan, juga berpengaruh terhadap
kepuasan kerja setiap pegawai.
Interaksi
pegawai dengan perusahaan dipengaruhi oleh bagaimana tingkat kepuasan kerja
yang terjadi. Kepuasan kerja menyangkut kepuasan pegawai (hal yang berkaitan
dengan mental pegawai), merupakan salah
satu variabel yang paling banyak digunakan dalam perilaku organisasi. Korelasi antara kepuasan dan perilaku secara spesifik
akan ditunjukkan dengan prestasi kerja
setiap pegawai.
Di
satu sisi ada pegawai yang mencapai tingkat kepuasan kerja, di sisi lainnya ada
juga yang mencapai ketidakpuasan kerja. Antara kepuasan dan ketidakpuasan kerja
dipengaruh banyak faktor, mulai dari internal pegawai, internal manajemen
perusahaan, dan interaksi pegawai dengan manajemen perusahaan. Setiap pegawai
tentu senantiasa mengevaluasi pengalaman
kerjanya, sehingga muncul simpulan
menyukai (suka) atau tidak menyukai (tidak suka). Kalau pengalaman
kerjanya lebih didominasi oleh “suka”,
dengan sendirinya akan terakumulasi menjadi perasaan puas atau terpuaskan.
Ketika perasaan pegawai cenderung terpuaskan, maka dengan sendirinya produktivitas
kerjanya akan terpelihara dengan baik.
Daftar
Pustaka
·
Newstrom, J.W. 2007. Organization Behavior .12th
edition. Tata MCGraw-Hill Publishing Company Limited. New Delhi.
·
Scmidt, T.C. and W.S. Richard. 2014. Job Satisfaction. The University of
Rhode Island. Kingston. Dalam :
·
Dhermawan,
A.A.N.B., I. Gde, A.S. dan I Wayan, M.U. 2012. Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetsni dan Kompensasi Terhadap
Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai Di Lingkungan Kantor Dinas Pekerjaan Umum
Provinsi Bali. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. Vol. 6.
No. 2. Agustus 2012. Pp. 173 – 184.
Atep
Afia Hidayat, 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia, Kepuasan Kerja.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.