Sunday, December 20, 2015

Definisi dan Urgensi

                                               

Manajemen Sumber daya manusia atau MSDM adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal.
Setiap tahun di negara kita menghasilkan lulusan lulusan sarjana yang siap untuk bersaing dalam dunia kerja, sayangnya indonesia belum menjadikan seutuhnya lulusan sarjana itu pondasi sumber daya manusia yang harus di optimalkan dalam pembangunan negri. Di kutip dari Kompasinia, data yang  dilansir BPS menyatakan, angka pengangguran di Indonesia per Agustus 2013 melonjak 7,39 juta jiwa dari Agustus 2012 sebanyak 7,24 juta jiwa. Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada. Untuk mengurangi angka pengangguran di indonesia, pemerintah mendorong adanya investasi dari luar negri untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru dan mengurangi angka pengaguran di indonesia. Masih banyak cara untuk menekan angka pengangguran, salah satunya lagi dengan mengubah pola pikir lulusan sarjana yang selalu ingin menjadi pekerja/pegawai. Setelah lulus kuliah, kita tidak harus mencari pekerjaan melainkan bisa membuat lapangan pekerjaan sendiri melalui wirausaha. 

*Sumber dan Link :
http://www.kompasiana.com/relawanht/tahun-2013-pengangguran-di-indonesia-melonjak
http://hardika.blog.fisip.uns.ac.id/2012/04/25/meningkatnya-pengangguran-pada-masyarakat-di-indonesia
http://www.antaranews.com/berita/500972/menaker-investasi-tiongkok-untuk-serap-pengangguran
https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_sumber_daya_manusia 

11 comments:

  1. Nama : ezra feroza
    NIM : 41617120059

    MSDM adlah bagaimana mengelola manusia dengan peranan masing-masing sehingga perusahaan menjadi maksimal, dengan dibekali training sehingga SDM yang tinggi perusahaan juga naik.

    ReplyDelete
  2. Nama : Muhamad Arya Dwi Pangga
    Nim : 41617110087

    Manajemen Sumber Daya Manusia adalah perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan dan pengontrolan terhadap sumber daya manusia dalam organisasi untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  3. Nama: Suhardianto Noor
    Nim: 43217120172

    Menurut saya artikel tersebut sudah sangat bagus dan memotifasi, karena manajemen sumber daya manusia dalam proses dan upaya untuk merekrut, mengembangkan, memotivasi, serta melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan perusahaan dalam mencapai tujuan.

    ReplyDelete
  4. Nama : ricco yudistira
    Nim : 41617110077

    Artikelnya bagus tapi mungkin dari penulisa harus lebih diperbaiki

    ReplyDelete
  5. Nama : Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Isi artikelnyan cukup jelas, disampaikan secara singkat dan mudah dipahami. Terdapat pesan bawasannya setelah lulus kuliah, kita sebagai sarjana tidak harus mencari pekerjaan melainkan bisa membuat lapangan pekerjaan sendiri melalui wirausaha.

    ReplyDelete
  6. NAMA : NATAN
    NIM : 43117110110

    MSDM adalah perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan dan pengontrolan terhadap sumber daya manusia dalam organisasi untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  7. Nama : cindy
    NIM : 43218110114

    MSDM sangat dibutuhkan di dalam perusahaan untuk mengatu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengonttolan terhadap SDM agar tercapainya tujuan perusahaan.

    ReplyDelete
  8. Nama: Devi Winata
    NIM : 43217120173

    Manurut saya artikel ini menjelaskan definisi MSDM dengan singkat, berikut kutipannya, Manajemen Sumber daya manusia atau MSDM adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal.

    ReplyDelete
  9. Nama : Anna Deo Rika Sinabutar
    NIM : 44218110104

    MSDM merupakan faktor yang paling penting untuk berkembang atau tidaknya suatu perusahaan atau organisasi karena yang dengan adanya MSDM tiap individu dapat bekerja secara efisien dan efektif. right man in the right place. thanks

    ReplyDelete
  10. 1.Definisi dan Urgensi

    Nama : Fadjar Imaniar
    Nim : 43117010001

    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat.

    Banyak cara untuk menekan angka pengangguran, salah satunya lagi dengan mengubah pola pikir lulusan sarjana yang selalu ingin menjadi pekerja/pegawai. Setelah lulus kuliah, kita tidak harus mencari pekerjaan melainkan bisa membuat lapangan pekerjaan sendiri melalui wirausaha.

    ReplyDelete
  11. ( 1 )Definisi dan Urgensi "MSDM"

    Nama : Saripudin
    Nim : 41617110111


    Cara yang paling benar untuk menekan angka pengagguran memang dengan membuka lapangan usaha sendiri yaitu mendidik putra putri indonesia untuk berwirausaha.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.