Thursday, December 10, 2015

Manajemen Talenta PT. Trakindo Utama

Talenta merupakan bentuk kemampuan khusus, seperti kemampuan musical yang diwarisi oleh orang tua dan memungkinkan seseorang memperoleh keuntungan dari hasil pelatihan sampai satu tingkat yang tinggi. Sedangkan menurut Mangkuprawira (2011), Manajemen talenta merupakan sistem strategis yang terstruktur dan terencana dengan terpadu dimulai dari proses rekrutmen, memelihara sampai mengembangkan karyawan bertalenta.
Atau proses perekrutan, pengembangan dan retensi pada karyawan secara terpadu dalam jangka panjang.

Di PT. Trakindo Utama, perusahaan menerapkan metode manajemen talenta agar setiap posisi yang ada terisi oleh SDM yang memiliki talenta untuk posisi tersebut. Pada saat melakukan rekrutmen, perusahaan telah membagi SDM menjadi dua buah talent pool yaitu, Management Talent Pool dan Technician Talent Pool. Tentu saja kedua talent pool tersebut memiliki kebutuhan skill yang sangat berbeda.

Management talent pool adalah sebuah kumpulan SDM yang dianggap memiliki talenta dalam hal manajemen, baik manajemen SDM maupun manajemen perusahaan. SDM yang tergabung dalam management talent pool tidak membutuhkan talenta dalam hal technical secara mendalam. Mereka cukup mengetahui technical secara garis besarnya.

Technician Talent Pool adalah sebuah kumpulan SDM yang dianggap memiliki talenta dalam bidang technical, khususnya technical alat berat. SDM dalam Technician talent pool tidak membutuhkan talenta dalam bidang manajemen secara mendalam. Mereka hanya mempelajari manajemen secara garis besarnya. Technician talent pool lebih diarahkan kepada skill-skill technical seperti troubleshooting, problem solving, mechanical system dan electrical system.


Trakindo memberikan buku panduan terhadap kedua talent pool tersebut. Hal ini dimaksudkan agar talent pool tersebut memiliki arahan yang jelas terhadap tujuan akhir mereka. Talent pool juga mengetahui skill-skill apa saja yang mereka butuhkan untuk dapat mengembangkan talenta yang mereka miliki dan jalur karir mereka.

Daftar Pustaka

Aldrin, N. 2014. Manajemen Talenta. Dalam

Mangkuprawira, S. 2011. Sistem Manajemen talenta. Dalam

Trakindo Utama. Technical Development. Dalam

Trakindo Utama. Leadership and Management Development. Dalam

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.