Friday, November 25, 2016

MANAJEMEN KOMPENSASI



      
Salah satu fungsi operasional manajemen Sumber Daya Manusia adalah mengelola kompensasi. Sistem kompensasi yang baik akan membantu organisasi untuk mencapai tujuan, mendapatkan, memeihara dan mempertahankan tenaga kerja yang produktif.

Kompensasi mengandung pengertian (Hasibuan:1995) semua pendapatan yang berbentuk uan atau barang langsung atau tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalan atas jasa yang diberikan kepada perusahaan.

Tujuan utama pemberian kompensasi yaitu untuk menarik pegawai yang berkualitas, mempertahankan pegawai, memotivasi kinerja, membangun komitmen karyawan, dan satu hal yang sering kali terlupakan adalah mendorong peningkatan pengetahuan dan keterampilan karyawan dalam upaya meningkatkan kompetensi organisasi secara keseluruhan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian kompensasi adalah:
1.       Kompensasi harus dapat memenuhi kebutuhan minimal
2.       Kompensasi harus dapat mengikat
3.       Kompensasi harus dapat menimbulkan semangat dan gairah kerja
4.       Kompensasi harus adil
5.       Kompensasi tidak boleh bersifat statis
6.       Komposisi dari kompensasi yang diberikan harus diperhatikan

Besarnya kompensasi yang diberikan ditentukan oleh:
1.       Harga/nilai pekerjaan
Penilaian harga pekerja dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melakukan analisis jabatan/pekerjaan dan melakukan survey ‘harga’ pekerjaan sejenis pada organisasi lain.
2.       Sistem kompensasi yang diterapkan
Beberapa sistem kompensasi yang biasa digunakan adalah sistem prestasi, sistem waktu dan sistem kontrak/borongan.
3.       Faktor-faktor yang mempengaruhi kompensasi
Dalam pemberian kompensasi, terdapat sejumlah faktor yang mempengaruhinya seperti faktor intern organisasi, pribadi karyawan yang bersangkutan, dan faktor ekstern pegawai organisasi

Jenis-jenis kompensasi selain upah/gaji adalah
1.       Insentif
Insentif adalah memberikan upah/gaji berdasarkan perbedaan prestasi kerja sehingga bisa jadi dua orang yang memiliki jabatan sama akan menerima upah yang berbeda, karena prestasinya berbeda, meskipun gaji pokoknya/dasarnya sama.
2.       Kompensasi pelengkap
Kompensasi pelengkap merupakan kompensasi tidak langsung berkaitan dengan prestasi kerja seperti penyediaan paket benefit dan program-program pelayanan karyawan.
3.       Keamanan serta kesehatan karyawan
Pembinaan kesehatan karyawan atau anggota organisasi merupakan suatu bentuk kompensasi nonfinansial yang sangat penting dalam organisasi. Keadaan aman dan sehat seorang karyawan/anggota organisasi tercermin dalam sikap individual dan aktivitas organisasi karyawan yang bersangkutan.


Daftar pustaka:
1.       Tanjung, Andri. 2005. Pengaruh Kompensasi Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Bagian Personalia PT. Agronesia Divisi Indutri Makanan dan Minuman Bandung. Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama.
2.       Sirait, Justine T. Memahami Aspek-Aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Grasindo.
3.       Susanto, Ari. 2011. Kompensasi Manajemen Sumber Daya Manusia. http://juniarari.blogspot.co.id/2011/11/kompensasi-manajemen-sumber-daya.html
4.       Hariandja, Marihot. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian, dan Peningkatan Pegawai. Grasindo.
5.       Noviyanto. Sistem Informasi Sumber Daya Manusia: Subsistem Kompensasi.

5 comments:

  1. @A01_islamia
    Point 3
    Teruntuk mas ari untuk isi artikel dan mind map sudah cukup baik.. Akan tetapi untuk penulisan baiknya daftar pustaka sesuai aturan.. Terimakasih

    ReplyDelete
  2. @A01_islamia
    Point 3
    Teruntuk mas ari untuk isi artikel dan mind map sudah cukup baik.. Akan tetapi untuk penulisan baiknya daftar pustaka sesuai aturan.. Terimakasih

    ReplyDelete
  3. @A08-priyagung
    Point 3
    Artikel cukup lengkap dan bagus mindmap kreatif, lanjutkan terus berkarya bro

    ReplyDelete
  4. @A19-Ramlan
    Point : 3
    Mindmap yg ditampilkan cukup menarik, mungkin lebih baik jika artikel nya di tambah dg referensi pendukung lainnya.

    ReplyDelete
  5. @A20-Alfin
    Poin 3
    Sangat membantu, tetap semangat dalam berkarya

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.